Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Manfaat Daun Sidaguri untuk Kesehatan

Myles Bannister

Daun sidaguri atau sida cordifolia adalah tanaman herbal yang memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan seperti asam urat hingga bikin kulit glowing. Berikut ini daftar khasiat sidaguri untuk kesehatan:

Kandungan Nutrisi Daun Sidaguri

Semua bagian tanaman ini memiliki khasiat untuk berbagai tujuan, terutama kecantikan dan obat. Dalam ekstrak sidaguri terdapat beberapa bahan kimia bio-aktif yang signifikan seperti tanin, polifenol, alkaloid, glikosida, flavonoid, saponin, sterol, steroid, fitosterol, resin, asam resin, musin, kalium nitrat, ephedra, pseudoefedrin, asam sterkulat, asam malvalat, hypaphroine, asam palmitat, dan asam stearat.

Sidaguri juga memiliki sifat anti-inflamasi, analgesik, antimikroba, dan hipoglikemik, serta sifat penyembuhan yang terdapat di dalamnya secara alami.

Manfaat Daun Sidaguri bagi Kesehatan

Sidaguri memiliki berbagai manfaat kesehatan untuk masalah seperti asam urat, hipertensi, asma, disfungsi ereksi, dan lain-lain. Berikut ini daftar manfaat daun sidaguri untuk kesehatan:

  1. Mencegah Asam Urat
  2. Anti-Inflamasi
  3. Mempercepat Penyembuhan Luka
  4. Mengatasi Masalah Pernapasan
  5. Diuretik Alami
  6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
  7. Membuat Kulit Glowing
  8. Menurunkan Berat Badan
  9. Mengobati Disfungsi Ereksi
  10. Meningkatkan Jumlah dan Kualitas Sperma

Dosis Daun Sidaguri untuk Pengobatan

Seberapa banyak dosis yang tepat untuk penggunaan sida cordifolia tergantung pada beberapa faktor, termasuk usia, kesehatan, dan kondisi lainnya. Sampai saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan dosis yang tepat bagi sidaguri. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakannya.

Efek Samping Daun Sidaguri

Sidaguri mungkin tidak aman untuk penggunaan apa pun karena mengandung efedrin. Efek samping yang mungkin terjadi termasuk pusing, gelisah, lekas marah, insomnia, sakit kepala, tidak nafsu makan, mual dan muntah, kemerahan, kesemutan, kesulitan buang air kecil, dan detak jantung berdebar. Penting untuk tidak menggunakan tanaman ini dengan stimulan lain seperti kafein.

Referensi

  1. Anonim. 2021. Sida Cordifolia. https://www.medicinenet.com/sida_cordifolia/supplements-vitamins.htm#Dosing (Diakses pada 23 Juli 2021)
  2. Anonim. 2020. Top 10 Health Benefits and Medicinal Uses of Bala (Sida Cordifolia) for Weight Loss, Hair and Skin. https://www.gyanunlimited.com/health/top-10-health-benefits-and-medicinal-uses-of-bala-sida-cordifolia-for-weight-loss-hair-and-skin/11756/ (Diakses pada 23 Juli 2021)
  3. Anonim. 2021. Sida Cordifolia. https://www.rxlist.com/sida_cordifolia/supplements.htm#SideEffects. (Diakses pada 23 Juli 2021)
  4. Iswantini, Dyah. 2009. Indonesian Sidaguri ( Sida rhombifolia L.) as Antigout and Inhibition Kinetics of Flavonoids Crude Extract on the Activity of Xanthine Oxidase. https://www.researchgate.net/publication/46031555_Indonesian_Sidaguri_Sida_rhombifolia_L_as_Antigout_and_Inhibition_Kinetics_of_Flavonoids_Crude_Extract_on_the_Activity_of_Xanthine_Oxidase (Diakses pada 23 Juli 2021)
  5. Krishan, Sonica. Tanpa Tahun. Sida cordifolia (Bala) – Immense Health Benefits & Natural Usage. https://www.sanat.co.in/health-blog/232/sida-cordifolia-(bala)—immense-health-benefits-&-natural-usage (Diakses pada 23 Juli 2021)
  6. Silalahi, Marina. 2020. Pemanfaatan dan Bioaktivitas Sidaguri (Sida Rhombifolia). https://www.researchgate.net/publication/341419377_PEMANFAATAN_DAN_BIOAKTIVITAS_SIDAGURI_Sida_rhombifolia (Diakses pada 23 Juli 2021)

About The Author

10 Penyebab Sakit Payudara Seperti Tertusuk (No. 7 Waspada)

Fungsi Sel Darah Putih Berdasarkan Jenisnya