Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Manfaat Daun Selada untuk Kesehatan

Myles Bannister

Sebuah penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi daun selada saja sudah mencukupi 82% kebutuhan harian vitamin A dan 60% kebutuhan harian vitamin K. Selain itu, ada banyak manfaat lain dari daun selada untuk kesehatan Anda!

Manfaat Selada untuk Kesehatan Tubuh

Berikut adalah beberapa manfaat daun selada untuk kesehatan tubuh:

1. Menyehatkan Jantung

Kandungan asam folat pada daun selada dapat mengurangi risiko stroke, penyakit arteri koroner, dan emboli paru-paru. Selain itu, vitamin A dan C dalam selada berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi jantung dari penyakit.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A dan C dalam daun selada dapat meningkatkan kesehatan, kekenyalan, dan kekencangan kulit. Selada yang mengandung banyak air juga menjaga kelembapan alami kulit.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin dalam selada memperkuat sel imun tubuh dan melawan virus serta bakteri penyebab penyakit. Vitamin A juga membantu mengatasi peradangan, infeksi, dan kerusakan sel tubuh.

4. Menyehatkan Mata

Vitamin A dalam daun selada mendukung kesehatan mata dan mencegah penyakit seperti glaukoma, katarak, dan penurunan penglihatan pada usia lanjut.

5. Mencegah Pengeroposan Tulang

Kandungan vitamin K dan kalsium tinggi dalam daun selada mencegah pengeroposan tulang seperti osteoporosis dan osteopenia.

6. Baik untuk Ibu Hamil

Daun selada mengandung asam folat yang dapat mengurangi risiko bayi dengan kelainan. Vitamin K juga mencegah pendarahan setelah persalinan. Maka dari itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi daun selada.

7. Membantu Penurunan Berat Badan

Selada mengandung vitamin, serat, dan selulosa yang dapat melancarkan pencernaan dan mengontrol berat badan dalam jangka panjang. Serat juga membantu mengeluarkan garam empedu dari tubuh dan mengurangi kolesterol.

8. Mengatasi Insomnia

Cairan putih yang keluar dari daun selada, disebut lactucarium, memiliki efek relaksasi yang mirip dengan opium. Mengonsumsi daun selada atau jus selada dapat mengatasi insomnia.

9. Membuang Racun

Mineral dalam selada membantu membuang racun, menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh, dan memberikan energi, pemikiran yang jernih, tidur yang nyenyak, dan kulit yang lebih muda.

10. Mengontrol Gula Darah

Daun selada memiliki indeks glikemik rendah dan sangat sedikit kalori, sehingga baik untuk mengatur gula darah dan berat badan. Selada juga tidak mengandung gula putih atau masalah terkait gula.

Jenis Daun Selada

  1. Butterhead, yang memiliki daun longgar dan bertekstur seperti mentega. Banyak ditemukan di Eropa.
  2. Celtuce, juga dikenal sebagai varietas Cina. Memiliki daun panjang dan meruncing.
  3. Crisphead, berbentuk bulat dan padat seperti kubis. Juga dikenal sebagai selada gunung es. Ada juga selada mentega atau butterhead yang menyerupai kubis. Terdapat juga selada mentega Boston.
  4. Looseleaf, memiliki daun lembut dan halus. Beberapa varian termasuk daun ek hijau dan daun ek merah.
  5. Romaine lettuce, memiliki kepala panjang dengan daun kokoh. Jenis selada ini paling bergizi dan populer di Amerika Serikat. Juga dikenal sebagai selada cos.
  6. Summer crisp, membentuk kepala yang padat dengan tekstur renyah. Kombinasi antara crisphead dan looseleaf.
  7. Lamb lettuce, memiliki daun gelap dan panjang yang berbentuk sendok dengan rasa yang tajam.

Sekarang, mari tambahkan selada pada makanan siang kita secara rutin, Teman Sehat!

About The Author

10 Cara Mendapatkan Anak Laki-Laki, Pasutri Perlu Coba

Normalkah Keputihan Warna Oranye pada Vagina?