Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Betadine Kumur: Manfaat, Dosis, Efek Samping, Harga dll

Myles Bannister

Betadine kumur adalah obat yang digunakan untuk masalah mulut, termasuk sariawan. Berikut informasi mengenai manfaat, indikasi, kontraindikasi, efek samping, dan harga betadine kumur.

Rangkuman Informasi Betadine Kumur

Berikut adalah informasi umum tentang betadine kumur:

Nama Obat Betadine obat kumur antiseptik
Kandungan Obat Povidone Iodine 1.0%
Kelas Obat Cairan kumur
Kategori Obat bebas terbatas
Manfaat Obat Mengatasi sariawan, sakit tenggorokan, gusi bengkak, gigi berlubang, dan bau mulut
Kontraindikasi Hipersensitif
Sediaan Obat Larutan antiseptik
Harga Rp16.300-Rp23.900 dengan ukuran 100-200 mililiter per botol

Harga obat kumur Betadine bisa berbeda di setiap apotek.

Betadine Kumur Obat Apa?

Betadine kumur adalah obat kumur antiseptik yang mengandung larutan Povidone Iodine 1.0%. Obat ini digunakan untuk membunuh mikroorganisme seperti bakteri, jamur, virus, protozoa, dan spora bakteri. Dengan demikian, obat ini dapat digunakan untuk mengobati infeksi akibat mikroorganisme tersebut.

Obat kumur ini juga digunakan untuk menjaga kebersihan mulut, membunuh mikroorganisme sebelum, selama, dan setelah operasi gigi dan mulut, dan mencegah infeksi.

Merek Dagang Betadine Kumur

Betadine obat kumur antiseptik dijual dengan merek-merek berikut:

  • Betadine obat kumur antiseptik
  • Betadine Mouthwash & Gargle
  • Forinfec Gargle
  • Neo Iodine Gargle
  • Scansepta

Fungsi dan Manfaat Obat Kumur Betadine Gargle

Betadine kumur adalah larutan antiseptik yang memiliki manfaat untuk gangguan pada mulut, gigi, dan gusi. Manfaat Betadine kumur antara lain mengobati bau mulut, sariawan, sakit tenggorokan, gusi bengkak, dan gigi berlubang.

Obat kumur juga digunakan untuk menjaga kesehatan mulut dan mengatasi infeksi mukosa. Meskipun sedikit efektif, obat ini membantu mengatasi necrotizing ulcerative gingivitis akut.

Peringatan Obat

Dalam penggunaannya, ada beberapa peringatan khusus yang perlu diperhatikan:

  • Simpan di tempat kering di bawah 25°C.
  • Simpan di tempat yang terlindungi dari cahaya.
  • Obat ini tidak boleh ditelan.
  • Jangan menggunakan lebih dari 14 hari karena dapat diabsorpsi dalam jumlah signifikan.
  • Perhatikan kontraindikasi penggunaan obat ini.
  • Hati-hati bagi ibu hamil dan menyusui.
  • Hindari menggunakan perhiasan emas putih karena obat kumur ini dapat membuat perhiasan emas putih berwarna hitam.

Interaksi Betadine Kumur dengan Obat Lain

Obat ini tidak boleh berinteraksi dengan jenis obat-obatan tertentu. Zat povidone iodine dapat berinteraksi dengan litium dan menyebabkan efek hipotiroid yang meningkat.

Yodium yang terkandung dalam povidone iodine dapat bereaksi dengan zat-zat dari jenis tes tertentu, seperti tes darah okultisme, dan menghasilkan hasil positif palsu. Oleh karena itu, hindari penggunaan obat betadine bersamaan dengan tes darah okultisme.

Indikasi Betadine Obat Kumur

Obat kumur Betadine dapat digunakan jika Anda memiliki indikasi berikut: bau mulut, sariawan, sakit tenggorokan, gusi bengkak, dan gigi berlubang.

Obat kumur Betadine juga digunakan untuk infeksi mukosa akut pada mulut dan pharynx, serta bisul pada mulut. Anda juga dapat menggunakannya sebelum, selama, dan setelah operasi gigi dan mulut.

Kontraindikasi Obat Betadine Gargle

Obat kumur Betadine tidak boleh digunakan pada pasien yang memiliki kelainan tiroid seperti gondok. Kontraindikasi juga berlaku bagi pasien yang sedang menjalani terapi litium, serta pasien yang hipersensitif terhadap iodium, polivinilpirolidon, dan eksipien jenis apapun. Anak-anak di bawah usia 6 tahun juga tidak boleh menggunakan obat ini.

Efek Samping Betadine Gargle

Jika tidak digunakan sesuai petunjuk dan dosis, obat ini dapat menyebabkan beberapa efek samping, termasuk reaksi alergi seperti anafilaksis, luka bakar, iritasi mukosa, dan reaksi hipersensitivitas.

Penggunaan obat ini secara berlebihan atau dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan efek samping seperti gondok, hipotiroidisme, hipertiroidisme, gangguan sistem metabolik, dan gagal ginjal akut.

Dosis Betadine Kumur

Obat ini tersedia dalam larutan dalam botol berukuran 100 mililiter. Dosis obat untuk orang dewasa, lansia, dan anak di atas 6 tahun adalah 10-30 mL selama 30 detik, dengan maksimal 4 kali penggunaan per hari. Dosis tidak boleh melebihi 14 hari berturut-turut karena bahan kimia dalam obat ini dapat diabsorpsi dalam jumlah yang signifikan.

Dosis Terlewatkan

Jika terlewat, berikan dosis begitu diingat. Jika mendekati waktu penggunaan terjadwal, dosis yang terlewat dapat dilewati.

Overdosis

Hubungi dokter jika menggunakan povidone iodine terlalu banyak atau menelan obat secara tidak sengaja. Gejala overdosis dapat meliputi rasa logam di mulut, peningkatan air liur, sensasi terbakar atau sakit di mulut atau tenggorokan, diare, dan lainnya. Overdosis parah memerlukan penanganan medis segera.

Terkait Kehamilan dan Menyusui

Penggunaan betadine kumur yang mengandung povidone iodine tidak dianjurkan selama kehamilan karena yodium dapat disekresikan dalam ASI dan melintasi plasenta. Oleh karena itu, penggunaan obat kumur ini harus diperhatikan dengan baik oleh ibu hamil.

Cara Menggunakan Betadine Obat Kumur

Berikut langkah-langkah penggunaan obat ini:

  1. Tuangkan obat sebanyak 15 mililiter pada tutup botol.
  2. Arahkan wajah ke atas sekitar 45 derajat dan berkumur selama 30-60 detik, hingga mencapai sela-sela gigi dan tenggorokan.
  3. Keluarkan cairan obat kumur dan jangan sampai tertelan.
  4. Obat dapat digunakan 3-5 kali sehari.

Harga Betadine Kumur

Obat ini dapat dibeli di toko obat atau apotek secara online maupun offline. Harga betadine kumur dapat berbeda-beda tergantung toko obat atau apotek. Kisaran harga biasanya Rp16.300-Rp23.900 untuk ukuran 100-200 mililiter per botol.

Referensi

  1. Povidone Iodine. http://pionas.pom.go.id/monografi/povidone-iodine. (Diakses 3 April 2020)
  2. Betadine Gargle and Mouthwash. https://www.drugs.com/uk/betadine-gargle-and-mouthwash-leaflet.html. (Diakses 3 April 2020)
  3. Betadine Mouthwash / Gargle Side Effects. https://www.drugs.com/sfx/betadine-mouthwash-gargle-side-effects.html#moreResources. (Diakses 3 April 2020)
  4. Cairan Kumur. http://pionas.pom.go.id/ioni/bab-12-telinga-hidung-dan-tenggorok/123-obat-yang-bekerja-pada-tenggorok/1234-cairan-kumur. (Diakses 3 April 2020)

About The Author

7 Cara Mengatasi Wasir dengan Mudah dan Cepat

Lidah Geografis: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan