Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Manfaat Daging Kelapa untuk Kesehatan

Myles Bannister

Daging kelapa memiliki banyak manfaat yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Kandungan Daging Kelapa

Sebelum menjelaskan manfaat daging kelapa, penting untuk mengetahui kandungan nutrisi di dalamnya. Berikut adalah beberapa kandungannya:

  • Kalori.
  • Protein.
  • Karbohidrat.
  • Lemak.
  • Gula.
  • Serat.
  • Mangan.
  • Selenium.
  • Tembaga.
  • Fosfor.
  • Kalium.
  • Zat besi.
  • Zinc.

Manfaat Daging Kelapa untuk Kesehatan

Daging kelapa tidak hanya bermanfaat untuk airnya, tapi juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Daging kelapa dapat menjaga kesehatan jantung karena mengandung minyak kelapa yang meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daging kelapa dapat meningkatkan perasaan kenyang, pembakaran kalori, dan pembakaran lemak, yang mendukung penurunan berat badan.

Perlu dicatat bahwa penelitian ini dilakukan pada minyak kelapa, jadi belum pasti apakah efeknya sama saat mengonsumsi daging kelapa.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Daging kelapa kaya serat, yang membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi. Selain itu, minyak kelapa di dalamnya juga memperkuat bakteri usus untuk melindungi dari peradangan dan infeksi ragi berbahaya.

4. Menstabilkan Gula Darah

Daging kelapa muda dapat menurunkan gula darah dan membantu mengontrol gula darah.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan mangan dan antioksidan dalam daging kelapa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Minyak kelapa di dalamnya juga memiliki sifat antivirus, antijamur, dan penekan tumor.

6. Memperlambat Pertumbuhan Kanker Lambung

Daging kelapa mengandung mangan, yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak DNA dan menyebabkan kanker.

7. Mencegah Infeksi

Daging kelapa mengandung asam lemak dengan antioksidan kuat yang membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan sistemik.

8. Mengurangi Kerusakan Sel

Kandungan antioksidan dalam daging kelapa dapat mengurangi stres oksidatif, menurunkan risiko penyakit metabolisme, dan penuaan dengan melawan radikal bebas yang merusak sel.

9. Membuat Awet Muda

Daging kelapa dapat melawan efek penuaan pada kulit dan rambut, serta membantu mengatasi masalah kulit dan rambut.

10. Meningkatkan Kesehatan Otak

Minyak kelapa dalam daging kelapa dapat membantu gangguan memori dan fungsi otak seperti Alzheimer.

Adakah Efek Samping dari Mengonsumsi Daging Kelapa?

Walaupun tidak ada efek samping yang signifikan, daging kelapa mengandung lemak tak jenuh ganda, lemak tak jenuh tunggal, dan lemak jenuh.

Untuk meminimalkan konsumsi lemak jenuh, disarankan untuk membatasi konsumsi daging kelapa. Namun, manfaat kesehatan lainnya masih bisa didapatkan dengan mengonsumsi daging kelapa yang segar dan tidak diolah secara berlebihan.

Referensi

  1. Lehman, Shereen. 2020. Coconut Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.verywellfit.com/coconut-nutrition-facts-4135199. (Diakses pada 12 Mei 2020).
  2. Panoff, Lauren. 2019. What Is Coconut Meat, and Does It Have Benefits? https://www.healthline.com/nutrition/coconut-meat#downsides. (Diakses pada 12 Mei 2020).
  3. Robinson, Cat. Dishan Mendis. 2019. Coconut Meat Nutrition, Health Benefits and Side Effects. https://veganuniversal.com/coconut-meat-nutrition-health-benefits-side-effects. (Diakses pada 12 Mei 2020).

About The Author

Ileus Paralitik: Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pengobatan dll.

Mioma Uteri: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan