Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

6 Obat Gatal Selangkangan di Apotek yang Ampuh

Myles Bannister

Obat gatal selangkangan bisa Anda dapatkan di apotek, tetapi sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Ini untuk mendapatkan dosis obat yang tepat dan hasil pengobatan yang efektif. Berikut daftar obat untuk mengatasi gatal selangkangan.

Apa Itu Gatal di Selangkangan?

Gatal di selangkangan adalah infeksi akibat jamur dermatofita, jamur mikroskopis yang hidup di kulit, rambut, dan kuku. Ini adalah bentuk kurap yang suka hidup di tempat hangat dan lembap di tubuh. Kondisi ini juga disebut tinea cruris.

Mereka yang lebih rentan mengalaminya, termasuk orang yang banyak berkeringat, kelebihan berat badan (obesitas), atau orang yang memiliki eksim. Ini merupakan masalah yang sering terjadi pada atlet pria. Tetapi orang yang tidak berolahraga atau wanita juga dapat mengalaminya.

Daftar Obat Gatal Selangkangan

Obat gatal selangkangan bisa diobati di rumah dengan efektif. Namun, jika kondisinya parah dan berulang, Anda dapat menggunakan obat-obatan untuk menghilangkan infeksi.

Berikut ini beberapa obat gatal selangkangan:

1. Obat Antijamur Topikal

Antijamur topikal di apotek dapat menghilangkan infeksi gatal di selangkangan. Obat tersedia dalam bentuk krim, gel, lotion, semprotan, atau bubuk antijamur. Obat ini bekerja dengan membasmi jamur dalam waktu 2-4 minggu.

2 Obat Antijamur Oral

Antijamur oral dalam bentuk pil lebih efektif tetapi memiliki efek samping yang serius. Dokter mungkin meresepkan antijamur oral jika infeksinya luas atau tidak sembuh dengan antijamur topikal.

3. Obat Antibakteri

Selain menggunakan sabun antibakteri untuk mengatasi infeksi ringan akibat eritrasma (infeksi bakteri di kulit), gatal di selangkangan akibat bakteri bisa menggunakan salep yang mengandung neomycin.

4. Obat Antibiotik Topikal

Jika infeksi lebih luas, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik topikal. Obat yang paling efektif termasuk clindamycin 2%, salep Fucidin, dan salep Whitfield. Perawatan biasanya membutuhkan waktu selama 1-2 minggu dengan mengoleskannya dua kali sehari.

5. Salep untuk Kutu Kemaluan (Scabies)

Kutu kemaluan perlu mendapatkan pengobatan. Pengobatan yang paling banyak digunakan adalah krim permethrin dan lotion malathion.

6. Steroid Topikal

Jika ruam sangat merah dan gatal akibat kutu air, steroid topikal seperti hidrokortison juga bisa Anda gunakan.

Cara Mengatasi dan Mencegah Gatal di Selangkangan yang Alami

Selain obat gatal selangkangan, ada beberapa pilihan perawatan alami yang dapat membantu meredakan dan mencegah gatal di selangkangan. Perubahan gaya hidup juga diperlukan untuk mencegah kambuhnya gatal selangkangan.

Berikut ini beberapa cara meredakan dan mencegah gatal di selangkangan:

  • Menjaga kebersihan tubuh dengan baik.
  • Mengeringkan paha bagian dalam dan area selangkangan setelah mandi.
  • Menggunakan bedak setelah berolahraga.
  • Menghindari pakaian dan pakaian dalam yang ketat.
  • Mengganti pakaian dalam setiap hari.
  • Jangan berbagi pakaian dan handuk dengan orang lain.
  • Menggunakan sandal di kamar mandi umum atau kolam renang umum.
  • Membersihkan peralatan olahraga sebelum menggunakannya.

Referensi

  1. Anonim. 2020. Jock Itch Treatments and Medications. https://www.singlecare.com/conditions/jock-itch-treatment-and-medications
  2. Brannon, Heather L. 2020. Jock Itch Symptoms, Causes, and Treatments. https://www.verywellhealth.com/jock-itch-tinea-cruris-fungal-infection-1068772
  3. Brannon, Heather L. 2020. Overview of Erythrasma Skin Infection. https://www.verywellhealth.com/what-is-the-erythrasma-skin-infection-1069432
  4. Cole, Gary W. 2019. Jock Itch. https://www.medicinenet.com/jock_itch/article.htm
  5. Fletcher, Jenna. 2017. What to know about jock itch. https://www.medicalnewstoday.com/articles/315788#Symptoms
  6. Nall, Rachel. 2019. Jock Itch: Causes, Symptoms, and Treatments. https://www.healthline.com/health/jock-itch

About The Author

Maloklusi: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan

Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui