Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Bermain Drum Bisa Membuat Perubahan Positif bagi Otak

Myles Bannister

Anak muda semakin tertarik belajar bermain alat musik. Selain sebagai ekspresi diri, bermain alat musik juga memberikan manfaat kesehatan. Salah satunya adalah drum.

Manfaat Bermain Drum

Sebuah penelitian di Ruhr-Universitat Bochum, Jerman, menunjukkan bahwa bermain drum secara rutin selama beberapa tahun dapat mengubah struktur dan fungsi otak. Hal ini tidak terjadi pada mereka yang tidak bermain musik.

Penelitian ini melibatkan 20 penabuh drum profesional yang telah bermain selama 17 tahun dengan waktu minimum 10 jam setiap minggunya. Pemindaian MRI dilakukan pada para partisipan untuk melihat struktur dan fungsi otak mereka. Hasilnya dibandingkan dengan 24 partisipan nonmusik.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Brain and Behavior menunjukkan bahwa partisipan penabuh drum memiliki bagian depan atau corpus callosum yang berbeda. Bagian ini bertanggung jawab untuk perencanaan dan menghubungkan dua bagian otak.

Bagian corpus callosum pada penabuh drum memiliki serat otak yang lebih sedikit namun lebih tebal. Hal ini memungkinkan pertukaran informasi di bagian otak terjadi dengan lebih cepat. Semakin tebal serat corpus callosum, semakin tinggi performa bermain drum penabuh.

Penabuh drum juga memiliki motor otak yang lebih efisien.

“Memainkan alat musik dapat merubah otak melalui proses neuroplastisitas. Penelitian ini merupakan yang pertama yang fokus pada penabuh drum,” ujar Sarah Friedrich, salah satu penulis penelitian.

Penelitian juga menunjukkan bahwa penabuh drum memiliki koordinasi motor yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak memainkannya. Kedua tangan mereka dapat bekerja dengan baik, tanpa dominasi pada satu tangan.

Manfaat Lain Bermain Alat Musik

Ada manfaat lain yang bisa didapatkan dari memainkan alat musik, termasuk drum:

Mencegah Alzheimer dan Demensia

Bermain alat musik secara rutin dapat menurunkan risiko terkena demensia dan Alzheimer pada usia tua. Beberapa panti jompo menggunakan musik sebagai terapi untuk mencegah masalah kesehatan ini.

Membuat Tubuh Lebih Bugar

Bermain alat musik seperti drum dapat menjadi bentuk olahraga yang meningkatkan sirkulasi darah dan membuat tubuh lebih bugar.

Mengatasi Stres

Rutin bermain alat musik dapat membantu mengatasi stres, kecemasan, dan memperbaiki kesehatan mental secara signifikan.

Menyehatkan Otak

Bermain alat musik membutuhkan peningkatan fungsi otak yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan energi.

Meningkatkan Refleks

Bermain alat musik, termasuk drum, dapat meningkatkan refleks terhadap suara dan keseimbangan tubuh.

Sumber:

  1. Anonim. 2019. Playing the drums can change the structure of your brain: Study. www.asiaone.com/lifestyle/playing-drums-can-change-structure-your-brain-study (Diakses pada 14 Desember 2019).

About The Author

Cortidex – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Terpapar Asap Vape Orang Lain, Berbahaya atau Tidak?