Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

6 Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil dan Janin

Myles Bannister

Buah manggis (Garcinia mangostana) adalah jenis buah tropis yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini memiliki berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi ibu hamil. Berikut adalah beberapa manfaat buah manggis untuk ibu hamil:

Kandungan Nutrisi Buah Manggis

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil tidak hanya terletak pada daging buahnya, tetapi juga pada kulitnya. Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah manggis:

  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Lemak
  • Protein
  • Vitamin C
  • Vitamin B1 (tiamin)
  • Vitamin B9 (folat)
  • Vitamin B2 (riboflavin)
  • Mangan
  • Magnesium
  • Tembaga

Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil

Konsumsi buah manggis memiliki manfaat tersendiri bagi kehamilan. Beberapa manfaatnya antara lain:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh seorang wanita rentan menyusut, membuatnya lebih rentan terhadap penyakit. Mengonsumsi buah manggis meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan.

2. Mengontrol Berat Badan

Mengonsumsi buah manggis kaya serat dapat membantu mengontrol berat badan selama kehamilan dengan membuat perasaan kenyang lebih lama.

3. Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Buah manggis mengandung serat dan xanthone yang dapat menjaga gula darah tetap stabil, penting untuk mengurangi risiko diabetes gestasional.

4. Mendukung Tumbuh Kembang Janin

Konsumsi buah manggis selama kehamilan dapat membantu tumbuh kembang janin, terutama di bagian otak dan tulang belakang karena mengandung asam folat dan mangan.

5. Menurunkan Risiko Cacat Lahir

Buah manggis mengandung folat yang diperlukan selama kehamilan untuk mendukung perkembangan otak janin.

6. Meredakan Sembelit

Konsumsi buah manggis dapat membantu mencegah atau mengatasi sembelit yang sering dialami oleh ibu hamil.

Tips Mengonsumsi Buah Manggis saat Hamil

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil dapat diperoleh melalui konsumsi buahnya langsung atau mengolahnya menjadi makanan lain, seperti jus atau smoothie. Namun, jika ingin mengonsumsi suplemen manggis, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Referensi

  1. Anonim. 2022. Mangosteen: Incredible Health Benefits Of This Delicious Fruit. https://www.netmeds.com/health-library/post/mangosteen-5-incredible-health-benefits-of-this-highly-nutrient-fruit. (Diakses pada 15 Mei 2023).
  2. Hill, Ansley. 2019. 11 Health Benefits of Mangosteen (And How to Eat It). https://www.healthline.com/nutrition/mangosteen. (Diakses pada 15 Mei 2023).
  3. Saha, Ria. 2023. Is Mangosteen Safe During Pregnancy? https://www.momjunction.com/articles/is-mangosteen-safe-during-pregnancy_00379194/. (Diakses pada 15 Mei 2023).
  4. Sapkota, Ganga. 2019. 6 Benefits Of Mangosteen Fruits During Pregnancy. https://www.healthmylives.com/6-benefits-of-mangosteen-fruits-during-pregnancy/. (Diakses pada 15 Mei 2023).

About The Author

11 Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Tubuh (No. 7 Paling Diinginkan)

Mengenal Bahaya LSD dan Cara Mengatasinya