Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Body Spa untuk Kecantikan dan Kesehatan Mental

Myles Bannister

Manfaat body spa untuk kesehatan kulit. Ada beberapa cara mengatasi tubuh dan jiwa yang lelah setelah berbagai aktivitas yang melelahkan, salah satunya dengan body spa. Berikut ini penjelasan tentang manfaat body spa dan perawatan spa di rumah yang bisa Anda lakukan sebagai perawatan dan relaksasi.

Manfaat Body Spa untuk Kecantikan dan Kesehatan Mental

Body spa adalah perawatan sederhana untuk kesehatan kulit dan relaksasi tubuh. Perawatan dengan body spa dilakukan dengan teknik pijatan dan eksfoliasi kulit menggunakan produk kecantikan atau bahan alami untuk menjadikan kulit bersih, halus, dan segar.

Berikut adalah manfaat body spa untuk kecantikan kulit dan kesehatan mental:

1. Relaksasi

Body spa digunakan untuk menghilangkan stres, kepenatan, dan kelelahan tubuh. Pijatan yang halus dan lembut di bahu, leher, kaki, dan punggung mampu melepaskan ketegangan dan kelelahan tubuh Anda.

Anda juga dapat meminta pijatan dengan lulur terapi beraroma untuk membuat Anda merasa rileks, tenang, dan nyaman serta melemaskan otot-otot dan tubuh yang kaku. Ini juga membantu melepaskan diri dari tekanan dan membuat pikiran jadi lebih jernih.

Selain itu, Anda juga dapat memilih kombinasi perawatan spa lainnya seperti refleksologi kaki, pijat ala Thai, atau relaksasi ala spa Bali. Body spa adalah alternatif efektif terutama untuk mereka yang memiliki rutinitas yang melelahkan.

2. Merawat Kecantikan Kulit

Body spa dilakukan dengan pijatan menggunakan lulur kulit atau scrub khusus yang mengandung vitamin D, C, E, dan K untuk meningkatkan kesehatan kulit. Manfaat spa juga membersihkan, mencerahkan, melembapkan, dan membuat kulit halus dan lembut.

Pijatan lembut pada suhu hangat membuka pori-pori kulit untuk mengeluarkan racun, bakteri, kulit mati, atau sebum yang terperangkap. Teknik eksfoliasi juga membersihkan kotoran dan racun di kulit dengan perawatan lanjutan yang meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

3. Mengatasi Nyeri dan Pegal

Aktivitas padat sehari-hari bisa membuat tubuh Anda pegal dan nyeri, terutama pada punggung dan kaki. Anda dapat mengatasinya dengan body spa secara rutin seminggu sekali.

Teknik pijatan lembut dengan tekanan agak kuat dan kombinasi dengan sauna uap herbal dapat melepaskan ketegangan dan kekakuan di seluruh tubuh. Manfaat spa juga merelaksasi jaringan otot dan melegakan persendian.

4. Melancarkan Peredaran Darah

Terdapat beberapa jenis dan rangkaian body spa seperti hidroterapi, pijat, sauna uap herbal, dan heat therapy. Semua jenis body spa membantu meningkatkan aliran darah untuk mengedarkan oksigen ke seluruh organ tubuh agar berfungsi dengan baik.

Aliran darah yang cukup penting untuk kesehatan tubuh. Body spa juga menekan risiko berbagai penyakit kronis.

5. Mengatasi Sakit Kepala

Salah satu pemicu sakit kepala adalah stres yang tinggi. Anda dapat mengatasinya dengan body spa yang termasuk pijat kepala, pijat tangan, sauna air hangat, atau perawatan lain dengan aromaterapi herbal.

Manfaat body spa membantu meredakan otot tegang di kepala dan tekanan tubuh lainnya yang memicu sakit kepala. Walaupun belum ada penelitian ilmiah, beberapa orang yang melakukan spa secara rutin meyakini bahwa ini dapat meredakan sakit kepala dan membantu Anda rileks.

7. Mencegah Varises Kaki

Varises adalah pembesaran vena atau pembuluh darah yang membawa darah menuju jantung. Varises dapat dicegah dengan body spa yang melancarkan aliran darah di kaki, melegakan otot-otot, dan menghilangkan rasa pegal dan nyeri kaki, terutama di betis.

8. Mengatasi Gangguan Tidur

Body spa dapat mengatasi gangguan tidur. Pijatan dan perawatan dengan uap air hangat membantu melancarkan aliran darah, menjaga detak jantung, dan melegakan perasaan Anda sehingga secara langsung berkontribusi untuk mengatasi gangguan tidur.

Setelah body spa, tubuh dan pikiran akan terasa lebih ringan sehingga Anda dapat tidur lebih nyenyak dan mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Tidur cukup sangat penting untuk pemeliharaan kesehatan dan mencegah tubuh kelelahan.

9. Membantu Mengatasi Lemak Tubuh

Belum ada penelitian ilmiah tentang hubungan antara perawatan spa dengan penurunan berat badan, namun beberapa teori berkembang bahwa perawatan ini membantu membakar kalori secara tidak langsung. Lalu, spa dengan teknik deep tissue massage dipercaya dapat membantu pemecahan lemak.

Walaupun demikian, cara mengatasi timbunan lemak yang paling efektif adalah dengan mengatur pola makan, konsumsi sayur dan buah, membatasi asupan kalori, dan berolahraga secara teratur.

10. Merelaksasi Pikiran dan Tubuh

Body spa di akhir pekan membantu merelaksasi pikiran dan tubuh Anda. Body spa memberikan sensasi perasaan tenang, nyaman, ringan, dan pikiran jernih. Jika Anda memiliki gejala stres dan depresi, Anda dapat mencoba body spa untuk mengatasi kesehatan mental.

Manfaat body spa tidak hanya untuk kesehatan kulit, namun juga kesehatan mental dan tubuh Anda. Anda dapat pergi ke pusat kecantikan atau melakukannya sendiri di rumah dengan berbagai produk kecantikan dan bahan herbal.

  1. Bkkdayspa. 2016. 7 Benefits Of Body And Skin Care Treatments. https://www.bkkdayspa.com/blog/2017/1/3/7-benefits-of-body-and-skin-care-treatments/downtown-san-diego.
  2. Elite World. 2019. 8 Benefits of Spa for Physical and Mental Health. https://www.eliteworldhotels.com.tr/blog-en/8-benefits-of-spa-for-physical-and-mental-health.3477.aspx.
  3. Lemascandille. 2020. 10 Benefits of A Spa and Its Treatment. https://www.lemascandille.com/10-benefits-of-a-spa-and-its-treatments/.

About The Author

10 Cara Mengurangi Rasa Nyeri Kontraksi Jelang Persalinan

Piramida Makanan: Panduan Makan Sehat Beserta Contohnya