Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Astaxanthin bagi Kesehatan Tubuh

Myles Bannister

Astaxanthin adalah zat antioksidan dengan manfaat penting bagi tubuh. Apa saja kegunaan astaxanthin? Berikut informasinya!

Apa Itu Astaxanthin?

Astaxanthin adalah pigmen berwarna kemerahan yang termasuk dalam kelompok karotenoid. Pigmen ini diproduksi secara alami oleh alga seperti Haematococcus. Selain itu, astaxanthin juga ditemukan pada salmon, trout, lobster, udang, dan makanan laut lainnya yang berwarna kemerahan.

Astaxanthin juga tersedia dalam bentuk suplemen oral yang diekstraksi dari produsen alami.

Manfaat Astaxanthin bagi Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi astaxanthin, baik secara alami maupun melalui suplemen, memiliki manfaat penting bagi tubuh. Berikut ini adalah sejumlah manfaat astaxanthin yang perlu diketahui:

1. Penambah Energi

Astaxanthin dapat menambah energi, terutama bagi Anda yang aktif melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Astaxanthin membantu tubuh menggunakan asam lemak, meningkatkan stamina, mengurangi risiko cedera otot dan tulang setelah berolahraga.

2. Melawan Radikal Bebas

Astaxanthin adalah zat antioksidan yang melawan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Mengonsumsi astaxanthin secara rutin membantu mencegah kerusakan sel.

3. Merawat Kesehatan Kulit

Astaxanthin dapat merawat kesehatan kulit, menghaluskan kerutan, menyamarkan bintik hitam, dan melembapkan kulit. Astaxanthin juga digunakan dalam produk krim kulit.

4. Membantu Mencegah Kanker

Astaxanthin dapat membantu mencegah risiko kanker, terutama kanker payudara. Astaxanthin melindungi sel-sel payudara dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Astaxanthin dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat, serta mempertebal dinding pembuluh darah arteri jantung. Ini menjaga kesehatan jantung.

6. Mengatasi Nyeri Sendi

Astaxanthin memiliki potensi mengurangi nyeri sendi akibat arthritis dan carpal tunnel syndrome.

7. Meningkatkan Kesuburan Pria

Astaxanthin meningkatkan kesuburan pria dengan perbaikan dalam parameter sperma, seperti jumlah dan motilitas.

8. Mengatasi Peradangan

Astaxanthin memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengatasi peradangan pada tubuh.

9. Merawat Kesehatan Mata

Astaxanthin merawat kesehatan mata dan membantu pengobatan retinopati diabetik, degenerasi makula, dan mata tegang.

10. Mengatasi Lelah

Astaxanthin mengatasi rasa lelah pada tubuh, meningkatkan energi.

Referensi

  1. Anonim. 7 Potential Benefits of Astaxanthin. https://www.healthline.com/health/health-claims-astaxanthin#skin (accessed on 20 November 2020)
  2. Anonim. Astaxanthin. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1063/astaxanthin (accessed on 20 November 2020)
  3. Cohen, S. 2013. 5 Reasons to Take Astaxanthin Every Day. https://www.huffpost.com/entry/astaxanthin_b_2750910 (accessed on 20 November 2020)

About The Author

Metoclopramide: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Insulin Diabetes: Fungsi, Jenis, Dosis, Cara Pakai, hingga Efek Samping