Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Manfaat Bayam Jepang, Cegah Penuaan Dini hingga Anemia

Myles Bannister

Bayam Jepang atau horenso adalah sayuran yang hanya dapat tumbuh di dataran tinggi. Bentuk daunnya hampir sama dengan bayam lokal, hanya saja ukurannya lebih besar. Apa saja manfaat bayam Jepang bagi kesehatan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Kandungan Nutrisi Bayam Jepang

Seperti jenis bayam lainnya, sayur horenso juga mengandung vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Berikut adalah kandungan nutrisi dalam 100 gram bayam Jepang:

  • Betakaroten: 2,699 mikrogram.
  • Kalsium: 239 miligram.
  • Karbohidrat: 5,8 gram.
  • Tembaga: 0,1 miligram.
  • Serat pangan: 1,2 gram.
  • Lemak: 0,7 gram.
  • Energi: 30 kalori.
  • Zat besi: 5,7 miligram.
  • Niasin: 0,9 miligram.
  • Fosfor: 35 miligram.
  • Potasium: 431 miligram.
  • Protein: 1,3 miligram.
  • Vitamin B2: 0,10 miligram.
  • Sodium: 15 miligram.
  • Natrium: 15 miligram.
  • Thiamin: 0,02 miligram.
  • Vitamin C: 32 miligram.
  • Air: 90 gram.
  • Zinc: 0,3 miligram.

Selain itu, bayam Jepang juga mengandung vitamin K, lutein, dan vitamin A. Menilik nutrisinya yang tinggi, sayur ini menjadi salah satu superfood, sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil, dan menyusui.

Manfaat Bayam Jepang

Manfaat daun bayam Jepang sangat beragam, bisa untuk kesehatan maupun kecantikan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Menghambat penuaan dini

Manfaat sayur horenso dalam menghambat penuaan dini didukung oleh kandungan vitamin C dan vitamin A yang tinggi. Antioksidan ini mampu mendorong produksi kolagen yang melembutkan dan menjaga kekenyalan kulit.

Kandungan vitamin K dalam bayam Jepang juga berfungsi meregenerasi sel-sel kulit. Efeknya bahkan lebih baik dibandingkan dengan vitamin E.

2. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A dan betakaroten di bayam Jepang membantu menyehatkan otot mata. Lutein di dalamnya dapat menangkal radiasi bebas sinar matahari yang dapat menyebabkan kebutaan.

3. Mencegah kanker

Vitamin C, vitamin A, dan vitamin K adalah antioksidan yang mencegah terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan penyakit kanker.

Vitamin K bersifat racun bagi sel-sel kanker dan menghancurkannya dari dalam. Namun vitamin ini tidak merusak sel-sel yang sehat.

4. Mencegah cacat otak

Asam folat tinggi pada bayam Jepang mencegah cacat otak pada bayi. Asam folat juga penting dalam mempertahankan kinerja otak. Cacat tabung saraf adalah kondisi yang rentan terjadi pada trimester pertama kehamilan. Karenanya ibu hamil sangat dianjurkan mengonsumsi bayam demi memenuhi kebutuhan asam folat.

5. Menjaga kekuatan tulang dan gigi

Vitamin K dan kalsium menjaga kekuatan tulang dan gigi. Bayam Jepang mengandung kalsium tinggi dan vitamin K untuk mencegah osteoporosis serta mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi anak.

6. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Asam folat, betakaroten, dan mineral lainnya menjaga kesehatan jantung. Vitamin K bayam Jepang membantu mencegah pengerasan pembuluh darah, membersihkan pembuluh darah, dan menghindari penyumbatan aliran darah. Karenanya, mengonsumsi bayam dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit kardiovaskular.

7. Memperlancar pencernaan

Bayam kaya serat pangan untuk memperlancar pencernaan, membantu penyerapan zat gizi dalam makanan, dan membuat kenyang lebih lama.

8. Mencegah kadar gula darah

Bayam Jepang rendah gula dan karbohidrat sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Serat di dalamnya juga mencegah lonjakan gula darah.

Antioksidan, magnesium, dan beta karoten di dalam bayam mencegah diabetes tipe 2, mengatasi peradangan dan komplikasi diabetes tipe 2, serta mencegah resistensi insulin.

9. Meningkatkan kesehatan janin dan ASI

Kandungan asam folat, vitamin A, kalsium, dan zat besi sangat penting untuk perkembangan janin yang normal. Kekurangan zat besi dapat memengaruhi kesehatan janin dan meningkatkan risiko kelahiran prematur pada ibu hamil. Bayam Jepang juga membantu meningkatkan kualitas dan jumlah ASI pada ibu menyusui.

10. Mencegah anemia

Bayam dikenal sebagai sumber zat besi tinggi yang mencegah anemia dan meningkatkan nutrisi otak. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rendahnya tingkat kognisi pada anak dan gejala lemas, pusing, dan mual pada perempuan selama menstruasi dan nifas.

Bayam Jepang memiliki manfaat yang beragam. Jadi, tidak perlu ragu untuk menambahkan sayuran ini dalam menu harian Anda.

Referensi

  1. Anonim. 2022. 12 Great Health Benefits of Komatsuna The Japanese Spinach. https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/vegetables/health-benefits-of-komatsuna. (Diakses pada 3 Maret 2022).
  2. Anonim. 2022. Horenso Japanese Spinach. https://www.sunria.com/products/horenso-japanese-spinach. (Diakses pada 3 Maret 2022).
  3. Anonim. 2022. Japanese Vegetables. https://www.japan-guide.com/e/e2346.html. (Diakses pada 3 Maret 2022).

About The Author

Proneuron

Manfaat Lendir Bekicot untuk Kesehatan dan Kecantikan, Benarkah Efektif untuk Tubuh?