Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

6 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak dan Kandungan di Dalamnya

Myles Bannister

Baca lebih lanjut untuk mengetahui informasi seputar pemberian minyak ikan untuk anak. Temukan apa itu minyak ikan, kandungan zat-zat penting dalam minyak ikan, dan manfaat minyak ikan untuk anak melalui penjelasan ini.

Apa Itu Minyak Ikan?

Minyak ikan adalah cairan berwarna kuning keemasan hasil pengolahan ikan dengan cara merebus. Saat ini, banyak produsen yang menjual minyak ikan dalam bentuk suplemen atau vitamin.

Kandungan Minyak Ikan

Minyak ikan mengandung lemak, baik hewani maupun nabati. Minyak ikan kaya akan asam lemak tak jenuh jamak, terutama asam lemak omega 3 dalam bentuk EPA (Eicosapentaenoic Acid) dan DHA (Docosahexaenoic Acid). Minyak ikan juga mengandung vitamin A dan vitamin D yang larut dalam lemak.

Vitamin Minyak Ikan untuk Anak, Perlukah?

Secara umum, minyak ikan penting bagi perkembangan dan pertumbuhan anak. Namun, pemberian vitamin minyak ikan perlu dipertimbangkan kembali karena anak-anak dapat mendapatkan asupan asam lemak tak jenuh, asam lemak omega 3, vitamin A, dan vitamin D yang cukup melalui makanan alami sehari-hari.

Minyak ikan dalam bentuk suplemen atau vitamin tinggi kandungan asam lemak dan vitamin (A dan D) yang berisiko jika dikonsumsi secara berlebihan oleh anak.

Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

Minyak ikan memiliki beberapa manfaat bagi anak, antara lain:

1. Meningkatkan kecerdasan anak

Asam lemak omega 3 dalam minyak ikan membantu proses tumbuh kembang otak sehingga dapat meningkatkan kecerdasan anak.

2. Membantu perkembangan fisik

Asam lemak omega 3 dalam minyak ikan berperan penting dalam perkembangan fisik anak, terutama dalam perkembangan motorik.

3. Meningkatkan berat badan

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa pemberian minyak ikan dapat membantu meningkatkan berat badan anak karena kandungan lemak yang tinggi.

4. Membuat penglihatan lebih sehat

Vitamin A dalam minyak ikan memiliki dampak positif terhadap kesehatan mata anak, sehingga dapat membuat penglihatan anak lebih sehat.

5. Membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang

Vitamin D dalam minyak ikan membantu proses pertumbuhan dan pembentukan tulang anak, sehingga anak-anak yang mengonsumsi minyak ikan cenderung memiliki tulang yang sehat dan kuat.

6. Menyehatkan tubuh anak

Kandungan nutrisi dalam minyak ikan akan memperkaya nilai gizi makanan harian anak sehingga tubuh anak menjadi lebih sehat.

Kelemahan Vitamin Minyak Ikan

Minyak ikan mudah rusak karena tingginya kandungan asam lemak tak jenuh jamak, terutama EPA dan DHA. Kerusakan oksidatif dapat terjadi karena suhu, oksigen, dan cahaya. Oleh karena itu, minyak ikan perlu disimpan pada suhu 18-20 derajat Celcius dalam wadah kedap udara dan dihindari dari paparan cahaya. Minyak ikan yang sudah bau tengik sudah mengalami kerusakan oksidatif dan tidak boleh digunakan.

About The Author

Amonium Klorida: Fungsi, Dosis, dan Efek Samping

Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 23 Minggu