Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Kangkung Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat?

Myles Bannister

Dampak Makan Kangkung bagi Penderita Asam Urat

Sebuah penelitian dilakukan oleh American College of Rheumatology untuk mengetahui dampak dari kebiasaan makan kangkung bagi penderita asam urat. Meskipun sering dianggap sebagai pantangan asam urat, penelitian ini membuktikan bahwa kangkung aman dikonsumsi dan memberikan manfaat bagi kondisi kesehatan mereka.

Di dalam kangkung terdapat kandungan purin yang sedang, namun jika dikonsumsi dengan porsi yang wajar dan tidak terlalu sering, kangkung tidak akan memicu dampak buruk bagi gejala asam urat.

“Bayam dan kangkung bukanlah pemicu asam urat sebagaimana yang dipercaya oleh masyarakat. Hal ini hanyalah mitos,” ungkap dr. Sandra Iangow dari Siloam Hospital.

Makanan lain yang dianggap berbahaya bagi penderita asam urat namun aman untuk dikonsumsi adalah susu rendah lemak atau bebas lemak. Penderita asam urat juga boleh mengonsumsi buah-buahan. Namun, mereka sangat dilarang merokok, termasuk rokok elektronik.

Sayuran yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ada banyak sayuran yang masih bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat karena rendah kandungan purin.

Berikut adalah sayuran-sayuran tersebut.

Wortel

Wortel bisa dikonsumsi langsung, dijadikan sup, jus, atau campuran makanan lainnya. Kandungan purinnya rendah dan mudah dicerna sehingga memberikan banyak manfaat kesehatan.

Brokoli

Brokoli memiliki kadar vitamin C tinggi yang membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh sehingga dapat mencegah gejala penyakit.

Kentang

Kentang dengan kadar karbohidrat tinggi dapat dijadikan campuran sup atau sayuran lainnya. Kandungan purinnya rendah namun kadar vitamin C-nya tinggi, membantu menurunkan kadar asam urat dengan efektif.

Tomat dan Terong

Tomat dan terong sering dikonsumsi di Indonesia sebagai lauk atau sambal. Kandungan purin di kedua sayuran ini rendah sehingga aman untuk penderita asam urat.

Tips Mencegah Serangan Asam Urat

Penderita asam urat sebaiknya rajin berolahraga minimal 30 menit setiap hari, seperti berjalan kaki, berlari, berenang, atau bersepeda. Tambahan air putih dan menghindari minuman yang mengandung gula atau alkohol juga dianjurkan.

Penderita asam urat juga disarankan menjaga berat badan agar tetap ideal karena obesitas meningkatkan risiko serangan asam urat secara signifikan.

About The Author

Manfaat Ikan Kakap bagi Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

9 Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami dan Efektif