Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Pasca Operasi

Myles Bannister

Dokter sering memberikan saran mengenai makanan yang tepat setelah operasi. Makanan yang tidak boleh dikonsumsi bisa mengganggu proses penyembuhan tubuh. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari setelah operasi.

10 makanan yang dilarang pasca operasi

Setelah operasi, diperlukan penghindaran terhadap beberapa jenis makanan dan minuman agar proses penyembuhan berjalan lancar. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari pasca operasi:

Olahan susu

Konsumsi olahan susu setelah operasi tidak disarankan. Olahan susu dapat menyebabkan sembelit yang dapat memperburuk proses penyembuhan luka pasca operasi. Sebaiknya, konsumsilah banyak sayuran sebagai alternatif.

Makanan atau minuman berkafein

Konsumsi kafein pasca operasi dapat menghambat penyerapan nutrisi dari makanan dan obat. Selain itu, dapat menyebabkan rasa kembung dan sering buang air kecil. Sebaiknya hindari konsumsi kafein pasca operasi.

Minuman beralkohol

Konsumsi minuman beralkohol dapat menghambat penyembuhan luka dan memicu iritasi. Selain itu, alkohol juga dapat menghambat proses regenerasi sel. Hindarilah minuman beralkohol pasca operasi.

Makanan atau minuman terlalu manis

Konsumsi makanan terlalu manis dapat meningkatkan gula darah dan meningkatkan risiko infeksi. Infeksi yang terjadi dapat memperlambat proses penyembuhan luka.

Makanan kering

Makanan kering, terutama buah kering, mengandung banyak pengawet dan gula. Konsumsi makanan ini pasca operasi dapat memperlambat proses penyembuhan. Sebaiknya konsumsi buah segar yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan.

Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi, terlepas dari kandungan gula rendahnya, tidak disarankan pasca operasi karena dapat menghambat proses penyembuhan. Sebaiknya, minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari.

Daging merah dan olahannya

Konsumsi daging merah dan olahannya setelah operasi dapat mengganggu proses penyembuhan luka. Sebaiknya hindarilah konsumsi daging merah pasca operasi.

Makanan berlemak tidak sehat

Makanan yang mengandung lemak yang tinggi dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan dan menghambat proses penyembuhan. Selain itu, dapat menyebabkan sembelit dan memperburuk kondisi luka.

Makanan berpengawet dan instan

Makanan yang mengandung pengawet dan instan tidak disarankan pasca operasi karena dapat menyebabkan perut kembung dan menghambat penyembuhan luka. Sebaiknya, hindarilah atau batasilah konsumsi makanan berpengawet dan instan.

Makanan pedas

Makanan pedas dapat menyebabkan iritasi saluran pencernaan dan mengganggu proses penyembuhan pasca operasi. Sebaiknya hindarilah konsumsi makanan pedas setelah operasi.

Cara menyiasati salah makan pasca operasi

Salah satu penyebab konsumsi makanan yang tidak tepat pasca operasi adalah kurangnya pengetahuan. Berikut beberapa tips untuk menghindari konsumsi makanan yang salah:

  • Sebisa mungkin memasak sendiri atau minta bantuan orang tua atau saudara. Dengan memasak sendiri, kesalahan dalam makanan dapat diminimalisir.
  • Jika membeli makanan di luar, mintalah untuk memasaknya terlebih dahulu atau berikan instruksi khusus.
  • Gunakan gula diet atau hindari penggunaan gula meja saat memasak.
  • Perhatikan tingkat kepedasan makanan. Hindari makanan yang terlalu pedas agar tidak mengganggu penyembuhan luka.
  • Jaga pola tidur dan hindari begadang. Hindari konsumsi kopi atau minuman kafein lainnya saat dalam proses penyembuhan pasca operasi.

Itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari pasca operasi. Manakah yang menurut Anda paling sulit untuk dihindari? Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan kita semua.

About The Author

6 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Sebelum Fitnes

Rahang Bawah Maju: Penyebab dan Cara Mengatasinya