Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

6 Makanan Terburuk Untuk Dimakan Sambil Ngopi

Myles Bannister

Makanan yang Kurang Cocok Saat Ngopi

Mengonsumsi makanan atau camilan saat ngopi bisa membuat pengalaman ini lebih menyenangkan, tetapi memilih makanan yang salah dapat berdampak buruk pada kesehatan kita.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat ngopi.

Gorengan

Banyak orang di Indonesia suka ngopi sambil menikmati gorengan, terutama pada pagi atau malam hari. Memang, gorengan yang renyah meningkatkan nikmatnya ngopi, tetapi mengonsumsi keduanya bersamaan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Gorengan mengandung lemak jahat dan kolesterol tinggi. Jika gorengan digoreng dengan minyak yang sudah digunakan berkali-kali, kadar kolesterol jahat dalam tubuh bisa meningkat. Bahkan, gorengan ini bisa menjadi penyebab kanker. Jika dikombinasikan dengan kafein dalam kopi, kadar kolesterol jahat dalam tubuh bisa meningkat secara drastis!

Daging

Mengonsumsi daging merah dan kemudian minum kopi bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti peningkatan kadar kolesterol jahat, peningkatan tekanan darah, sakit kepala, atau vertigo.

Kandungan tannat dalam kopi dapat mengikat beberapa jenis mineral dalam makanan seperti daging merah atau daging unggas. Ini berarti tubuh tidak dapat menyerap nutrisi seperti seng atau mineral lainnya dari makanan yang dikonsumsi.

Kacang-kacangan

Banyak orang menyantap kacang-kacangan saat ngopi bersama teman atau menonton televisi. Ini bisa menjadi hal yang menyenangkan, tetapi kebiasaan ini dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Kandungan kopi dapat menghambat penyerapan zat besi dalam kacang-kacangan. Akibatnya, risiko anemia dapat meningkat jika asupan zat besi tubuh kurang. Selain itu, mengonsumsi keduanya secara bersamaan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut.

Jamur

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Bone Metabolism pada 2017 menyebutkan bahwa minum kopi secara berlebihan dapat mengurangi kadar vitamin D dalam tubuh. Jika kita mengonsumsi jamur yang kaya akan vitamin D bersama dengan minum kopi, penyerapan vitamin ini akan berkurang. Hal ini dapat mengurangi kesehatan dan kekuatan jantung kita.

Daging ikan

Minum kopi setelah mengonsumsi daging ikan dapat membuat tubuh sulit menyerap vitamin D dan mineral lain dalam daging ikan.

Susu dan produk turunannya

Banyak orang mencampur susu dengan kopi untuk mendapatkan rasa yang nikmat. Hal ini dapat mengganggu penyerapan kalsium dari susu. Meskipun demikian, dampaknya tidak begitu besar karena jumlah kalsium yang terbuang oleh urine biasanya tidak signifikan.

Banyak orang mencampur susu dengan kopi untuk mendapatkan rasa yang nikmat. Hal ini dapat mengganggu penyerapan kalsium dari susu. Meskipun begitu, dampaknya tidak begitu besar karena jumlah kalsium yang terbuang oleh urine biasanya tidak signifikan.

About The Author

Bahaya Penyakit Parkinson: Gejala dan Komplikasi yang Perlu Diwaspadai!

Tanda Melahirkan Pembukaan 1 – 10 yang Harus Bunda Ketahui