Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Berapa Lama Kafein Bisa Bertahan di dalam Tubuh?

Myles Bannister

Kafein memiliki efek yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Namun, beberapa orang sering mengalami efek samping. Efek samping ini biasanya berlangsung selama beberapa jam sebelum akhirnya menghilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Berapa lama kafein bisa bertahan di dalam tubuh?

Durasi efek kafein pada tubuh

Durasi efek negatif kafein pada tubuh tiap orang bisa berbeda. Ada yang berlangsung lama dan ada pula yang pendek. Secara umum, efek samping akan muncul selama 12 sampai 24 jam. Gejalanya akan hilang perlahan-lahan dalam 2-9 hari.

Bagi yang rutin minum kopi, efek samping yang muncul mungkin lebih besar dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsinya. Oleh karena itu, bagi yang sudah kecanduan kopi, sebaiknya menghentikannya secara perlahan agar efek kafein yang terlalu berlebihan dapat dihindari.

Tanda tubuh mengalami efek negatif kafein

Mengonsumsi kopi dalam jumlah yang terlalu banyak tidak baik untuk tubuh. Begitu pula ketika langsung berhenti minum kopi dengan tiba-tiba. Berikut adalah tanda-tanda gangguan yang sering muncul akibat kafein pada tubuh:

Pusing yang terlalu kuat

Saat minum kopi, pembuluh darah di tubuh, terutama di otak, sedikit menyempit. Meski penyempitan ini masih normal dan tidak berbahaya, ketika kopi tiba-tiba dihentikan, pembuluh darah akan melebar kembali dan aliran darah ke otak menjadi lebih deras, sehingga menyebabkan pusing yang cukup kuat.

Kondisi ini membuat seseorang sering merasakan pusing jika tidak minum kopi dalam waktu tertentu. Jika terlalu sering mengonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak, bisa mengganggu kesehatan. Untuk mencegahnya, kurangi konsumsi kopi secara perlahan setiap harinya agar efek negatifnya tidak terlalu parah saat terjadi.

Perubahan mood

Kopi menyebabkan tubuh menghasilkan hormon yang membuat kita merasa nyaman dan bahagia. Itulah mengapa setelah minum kopi, kita bisa lebih fokus saat bekerja atau berolahraga. Ketika kita berhenti minum kopi yang mengandung kafein, kemungkinan besar mood kita akan berubah dengan cepat.

Sering merasa lelah

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat memberikan semangat dan energi yang tinggi. Manfaat ini sering dimanfaatkan oleh atlet atau mereka yang suka angkat beban sebagai minuman “preworkout”. Namun, jika kita tiba-tiba berhenti minum kopi, energi kita akan turun secara drastis.

Cara mengatasi gangguan akibat kafein

Jika anda mengalami gangguan akibat kelebihan kafein, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

  • Coba minum kopi dengan kandungan kafein rendah.
  • Hindari minuman lain yang mengandung kafein seperti teh dan soda.
  • Pastikan selalu minum cukup air setiap hari, setidaknya 6-8 gelas.
  • Jika pusing tidak tertahankan, gunakan obat penurun nyeri. Jika tidak tahu jenis obat yang harus dikonsumsi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.
  • Usahakan tidur yang cukup setiap hari, minimal 6 jam.
  • Meningkatkan energi tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga keseimbangan kalori yang masuk.

Ini beberapa hal tentang efek kafein yang perlu diketahui, terutama bagi pecinta kopi. Boleh minum kopi, asalkan tidak berlebihan. Sesuaikan dengan kebutuhan tubuh agar tidak mengalami efek samping.

Ini beberapa hal tentang efek kafein yang perlu diketahui, terutama bagi pecinta kopi. Boleh minum kopi, asalkan tidak berlebihan. Sesuaikan dengan kebutuhan tubuh agar tidak mengalami efek samping.

About The Author

5 Masker Wajah Aman untuk Ibu Hamil dan Alami

Cara Membuat Wanita Orgasme dengan Stimulasi Klitoris yang Benar