Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Pentingnya Family Time untuk Anak dan Orang Tua

Myles Bannister

Family time adalah waktu bersama keluarga untuk bersantai, bermain, dan saling memahami. Mari kita bahas mengapa family time penting!

Luangkan Waktu Bersama Keluarga

Tanpa kita sadari, setiap anggota keluarga memiliki kesibukan yang padat. Anak-anak dengan kegiatan sekolah, ekskul, les, dan bermain dengan teman. Orang tua dengan pekerjaan di kantor, kegiatan sosial, atau komunitas.

Di sinilah pentingnya family time, agar ikatan antar anggota keluarga tetap erat dan hangat. Hubungan orang tua dan anak juga bisa lebih sehat, akrab, dan saling memahami.

Sebelum masuk pada pembahasan tentang bagaimana mengatur waktu keluarga, berikut manfaat family time bagi anak dan orang tua!

1. Mempererat Ikatan Keluarga

Inilah tujuan utama waktu keluarga. Menghabiskan waktu bersama keluarga dapat meningkatkan rasa terikat secara emosional. Bahkan dengan melakukan permainan sederhana atau hal yang dianggap sepele.

Penelitian yang dipublikasikan di National Council on Family Relations tahun 2017 menyatakan bahwa kegiatan bersama keluarga berdampak pada perkembangan emosional dan keterikatan antar anggota keluarga.

2. Meningkatkan Performa di Kantor dan Sekolah

Anak-anak yang orang tuanya menghabiskan waktu serta tertarik dengan kegiatan mereka cenderung lebih berprestasi di sekolah.

Mereka juga akan menyelesaikan pendidikan dengan jenjang yang lebih tinggi. Pentingnya family time ini disebutkan dalam sebuah studi yang dipublikasikan di FamilyFacts.org.

Kegiatan ini memberikan efek positif bagi anak, membantu mereka mengatur emosi negatif, membangun kepercayaan, dan mendorong semangat berprestasi.

Prestasi di sini bukan hanya di bidang akademis. Prestasi dalam bidang apa pun yang disukai anak dan membuatnya bahagia dapat menciptakan keberhasilan bagi mereka.

3. Menciptakan Memori Indah

Memori menyenangkan akan menjadi kenangan jangka panjang. Kenangan indah tentang kebersamaan keluarga akan memberi perasaan diterima dan dicintai kepada anak.

Kenangan tentang keluarga juga memperkuat mereka untuk menjadi orang tua yang baik di masa depan, membangun rasa percaya diri dan perilaku positif saat dewasa.

4. Mencegah Anak dari Pergaulan Negatif

Anak adalah duta besar keluarga di luar rumah. Perilaku dan pergaulan anak di luar rumah adalah cerminan dari pendidikan dalam rumah.

Family time yang dilakukan dengan penuh cinta akan mencegah anak melakukan hal buruk di luar rumah. Mereka juga akan lebih terbuka dan dapat meminta saran tentang pergaulan mereka, membantu orang tua untuk mengontrol pergaulan anak.

5. Mengasah Kemampuan Komunikasi

Family time adalah saat yang tepat untuk berdiskusi, memberikan komentar, mempertahankan pendapat, dan membangun keyakinan. Orang tua dapat menumbuhkan keterampilan komunikasi anak dengan berbincang-bincang dan mendiskusikan hal-hal.

Manfaat family time bagi anak adalah belajar berkomunikasi, berunding, dan mempercayai orang tua melalui gaya komunikasi mereka.

6. Meningkatkan Kesehatan Mental

Berinteraksi, berkegiatan bersama, dan berkomunikasi tatap muka mengurangi risiko tekanan mental pada anggota keluarga. Misalnya, kesepian, kecemasan, dan depresi.

7. Menyehatkan Fisik

Family time melibatkan kegiatan yang mendukung kesehatan fisik. Bercengkrama, tertawa, dan bermain bersama semua menyehatkan. Kegiatan ini juga mendorong pelepasan hormon dopamin dan endorfin sehingga tubuh menjadi lebih rileks.

Itulah beberapa pentingnya family time untuk menciptakan keakraban dan hubungan yang sehat antar anggota keluarga. Terutama bagi orang tua, penting untuk meluangkan waktu bersama untuk lebih memahami anak sambil mendidik mereka dengan kasih sayang.

Cara Menciptakan dan Menikmati Family Time

Berikut ini beberapa saran untuk menikmati waktu bersama keluarga:

Malam Keluarga

Aneka kegiatan indoor seperti board game dan membacakan cerita dapat dilakukan di malam keluarga. Jika ingin lebih menantang, ajak anak berkemah di halaman belakang dan menikmati api unggun atau pesta barbecue biasa di rumah.

Memasak Bersama

Memasak selalu berhasil menciptakan ikatan dan kebahagiaan antara orang tua dan anak. Ajak anak terlibat mulai dari berbelanja hingga menyajikan makanan di meja.

Membersihkan Rumah Bersama

Walaupun melelahkan, kegiatan ini juga menyenangkan. Pilih satu bagian rumah yang akan dibersihkan agar tidak memakan banyak waktu, seperti gudang, sepeda, atau ruang keluarga.

Membuat Proyek Keluarga

Proyek tidak perlu rumit atau mahal. Ajak anak untuk menyusun proyek untuk mengisi waktu liburan akhir pekan mendatang.

Ajukan anak untuk mempresentasikan ide kepada anggota keluarga lainnya untuk meyakinkan mereka bahwa ide tersebut layak dilakukan bersama.

Orang tua dapat bertindak sebagai pengawas, penyedia dana, atau membantu melengkapi peralatan. Beri nama jabatan yang menarik agar kegiatan ini terasa istimewa, misalnya Manajer Keuangan sebagai penyedia dana proyek.

Berbagi Cerita

Berbagi cerita dapat dilakukan di malam keluarga, sebelum tidur, saat makan bersama, atau kapan pun orang tua dan anak memiliki waktu untuk itu.

Ritual Ibadah dan Makan Bersama

Ibadah bersama di rumah atau di tempat ibadah adalah bentuk family time yang sangat berarti. Ritual sarapan atau makan malam bersama dengan semua anggota keluarga juga dapat menjadi kesempatan yang tepat untuk berbagi cerita, bertanya kabar, atau mencoba resep baru.

Mengerjakan PR atau Proyek Sekolah

Orang tua dapat mendampingi anak dalam mengerjakan tugas sekolah mereka. Jika memungkinkan, ajak anak lainnya untuk membantu saudara mereka juga.

Sadarilah bahwa family time sangat penting, jadi mulailah mengatur jadwal dari sekarang untuk meluangkan waktu khusus bersama keluarga. Hubungan hangat antar anggota keluarga akan meningkatkan kebahagiaan saat ini dan di masa depan.

Referensi

  1. Anonim. 2021. 10 Keuntungan Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga. https://familyfocusblog.com/6-benefits-of-spending-time-together-as-a-family/. (Diakses pada 14 Februari 2022).
  2. Anonim. 2017. Spending Time Together – Manfaat Waktu Bersama Keluarga. https://www.pittsburghparent.com/spending-time-together-benefits-of-family-time/. (Diakses pada 14 Februari 2022).
  3. Thatcher, Todd. 2020. The Top Ten Benefits Of Spending Time With Family. https://highlandspringsclinic.org/blog/the-top-ten-benefits-of-spending-time-with-family/. (Diakses pada 14 Februari 2022).

About The Author

Reaksi Janin saat Ibu Tertawa

Rendang, Manfaatnya untuk Kesehatan