Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Jeruk Nipis dan Kecap Mengobati Batuk, Mitos atau Fakta?

Myles Bannister

Jeruk nipis dan kecap telah dipercaya dapat mengobati batuk oleh sebagian masyarakat Indonesia. Namun, apakah benar-benar efektif? Simak penjelasan berikut ini!

Jeruk Nipis dan Kecap Sembuhkan Batuk?

Batuk adalah refleks yang membersihkan dahak di tenggorokan, menurut Brigham and Women’s Hospital. Penyebab batuk bisa bervariasi, mulai dari iritasi lingkungan hingga kondisi medis seperti demam, flu, alergi, asma, bronkitis, kanker, atau penyakit paru-paru.

Manfaat jeruk nipis dan kecap

Jeruk nipis mengandung zat yang dapat membantu meredakan batuk, seperti limonene sebagai ekspektoran, linalool sebagai antiseptik, flavonoid dan vitamin C sebagai antioksidan. Jeruk nipis juga membantu melemaskan otot-otot di saluran pernapasan.

Penelitian di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya menunjukkan pengaruh campuran jeruk nipis dan kecap pada penyembuhan batuk pada balita.

Kecap tidak memiliki manfaat khusus dalam mengatasi batuk. Fungsinya hanya untuk mengurangi rasa asam pada jeruk nipis agar lebih enak diminum. Madu bisa digunakan sebagai pengganti kecap karena rasa manisnya dapat membantu meredakan batuk.

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi madu sebelum tidur dapat mengurangi keparahan batuk.

Manfaat Jeruk Nipis dan Madu

Air perasan jeruk nipis dan madu telah lama digunakan untuk meredakan batuk. Madu memiliki efek pelembap dan antimikroba yang dapat membantu meredakan gejala batuk.

Penelitian menunjukkan bahwa campuran air jeruk nipis dan madu memiliki efek antimikroba dan mampu menghancurkan bakteri penyebab sakit tenggorokan dan batuk.

Cara Membuat Ramuan Jeruk Nipis dan Madu

Gunakan setengah potong jeruk nipis untuk mendapatkan air perasan. Campur dengan satu sendok teh madu mentah. Tambahkan satu cangkir air hangat, aduk hingga tercampur rata. Minum selagi hangat untuk hasil yang maksimal.

Efek Samping Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki efek samping jika penggunaannya tidak tepat. Cucilah kulitnya sebelum digunakan atau simpan. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan alergi, refluks asam, dan mengikis email gigi.

Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan campuran jeruk nipis, madu, dan kecap untuk pengobatan batuk.

Referensi

  1. Dekawati et al. 2015. Effect Of Mixed Water Lime And Soy Sauce In The Healing Cough Of Toddler.
  2. Lobo, Christabel. 2019. What Are the Benefits of Lime Juice With Honey?.
  3. Macha, Ashley. 2021. Got a Cold? Try a Lemon, Honey and Hot Water Concoction to Help Your Cough.
  4. Raman, Ryan. 2019. Limes: A Citrus Fruit with Powerful Benefits.
  5. Tosh, Pritish K. 2020. Cough.
  6. Ware, Megan. 2018. Everything you need to know about limes.
  7. Yazia, Velga et al. 2020. Penyuluhan Pemberian Kecap Manis Dan Air Jeruk Upaya Meredakan Batuk Dan Melegakan Tenggorokan Pada Anak Di Puskesmas Nanggalo Padang.

About The Author

Herpes Zoster: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Manfaat Kacang Mete bagi Kesehatan (No. 5 dan 8 Tak Disangka)