Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Kalmethasone – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Myles Bannister

Kalmethasone adalah obat kortikosteroid yang dapat mengatasi alergi dan peradangan. Penggunaannya harus atas resep dokter.

Baca terus untuk informasi tentang bentuk sediaan, indikasi, kontraindikasi, manfaat, dosis, dan efek samping Kalmethasone.

  • Nama: Kalmethasone
  • Kelas Terapi: Kortikosteroid » Glukokortikoid
  • Monografi Obat: Deksametason

Bentuk Sediaan Kalmethasone

Kalmethasone tersedia dalam bentuk tablet biru terang dengan kandungan deksametason sebanyak 0,5 mg. Tersedia juga cairan injeksi dengan kekuatan 4 mg atau 5 mg deksametason per 1 mL cairan.

Harga Kalmethasone

Harga kalmethasone per tablet adalah sekitar Rp150. Satu strip kalmethasone berisi 10 tablet dengan harga Rp1.500. Juga tersedia pembelian per dos dengan harga sekitar Rp15.000.

Indikasi Kalmethasone

Kalmethasone digunakan untuk supresi inflamasi, gangguan alergi, rematik, asma, cushing’s disease, hiperplasia adrenal kongenital, peradangan di usus besar, dan batuk dengan sesak napas. Sebaiknya, pastikan Anda memiliki indikasi sebelum menggunakan kalmethasone.

Kontraindikasi Kalmethasone

Penggunaan kalmethasone harus dihindari oleh pasien dengan infeksi sistemik, vaksin virus hidup, atau hipersensitivitas terhadap deksametason. Periksa dengan dokter jika Anda memiliki kontraindikasi ini.

Peringatan

Pemberian kalmethasone pada anak-anak, remaja, lansia, pasien dengan gangguan kesehatan tertentu, dan wanita hamil atau menyusui harus dilakukan dengan izin dan pengawasan dokter.

Manfaat Kalmethasone

Manfaat kalmethasone meliputi pengobatan alergi, rematik, asma, dan cushing’s disease.

Dosis Kalmethasone

Dosis kalmethasone untuk orang dewasa adalah 0,5-10 mg per hari, terbagi dalam 3-4 dosis. Dosis untuk anak-anak tergantung pada berat badan dan harus sesuai rekomendasi dokter. Dalam bentuk cairan injeksi, dosis kalmethasone bervariasi tergantung pada kondisi medis.

Efek Samping Kalmethasone

Kalmethasone dapat menyebabkan efek samping seperti reaksi alergi, tukak lambung, gangguan menstruasi, peningkatan berat badan, efek psikis, dan gangguan tidur. Jika Anda mengalami efek samping, segera hentikan penggunaan kalmethasone.

Referensi

  1. PIONAS-BPOM: Kalmethasone. http://pionas.pom.go.id/obat/kalmethasone-0

About The Author

Makan Kacang Bikin Kulit Wajah Jerawatan, Mitos atau Fakta?

Mengenali Perubahan Payudara saat Hamil