Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Beragam Manfaat Minum Jahe Sebelum Tidur

Myles Bannister

Manfaat minum jahe sebelum tidur dikenal sebagai minuman herbal yang bermanfaat. Rutin minum teh jahe sebelum tidur memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Berikut informasi selengkapnya!

Kandungan Nutrisi Jahe

Jahe adalah salah satu bumbu dapur yang memiliki nutrisi berikut:

  • Vitamin A, B, C, dan E.
  • Kalsium.
  • Zat besi.
  • Magnesium.
  • Fosfor.
  • Kalium.
  • Natrium.
  • Zinc.

Jahe juga memiliki 80 kalori dalam 100 gram jahe segar, serta 2 gram protein, 1 gram lemak, dan 2 gram serat. Jahe juga memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, antiseptik, antijamur, dan antivirus.

Manfaat Minum Jahe sebelum Tidur

Rutin mengonsumsi jahe dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Banyak orang minum teh jahe hangat sebelum tidur untuk memberikan sensasi hangat dan nyaman bagi tubuh. Selain itu, minum teh jahe sebelum tidur juga memberikan manfaat kesehatan berikut:

1. Menurunkan Berat Badan

Minum air rebusan jahe sebelum tidur membantu menurunkan berat badan. Jahe meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga lemak dan kalori terbakar dengan lebih efektif. Namun, perlu juga mengubah gaya hidup lebih sehat seperti menerapkan pola makan yang sehat, berolahraga, dan tidur yang cukup.

2. Membantu Tidur Nyenyak

Jahe dapat menyehatkan pencernaan dan mengurangi rasa mual, sehingga membantu tidur lebih nyenyak. Meski demikian, manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan tinggi dalam jahe meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan melawan paparan buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit.

4. Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Minum jahe secara rutin dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Kandungan antioksidan dalam jahe meningkatkan kesehatan pankreas yang bertanggung jawab atas produksi insulin.

5. Menyehatkan Pencernaan

Minum air rebusan jahe sebelum tidur membantu menyehatkan pencernaan. Jahe mengandung antioksidan dan zat antimikroba yang mencegah infeksi dan gangguan pencernaan.

6. Meredakan Rasa Sakit

Khasiat minum jahe sebelum tidur dapat mengurangi beberapa jenis rasa sakit. Penelitian menunjukkan bahwa minum jahe lebih baik daripada hanya mengonsumsi obat penghilang rasa sakit.

7. Menurunkan Kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe dapat menurunkan kadar kolesterol. Jahe mencegah kolesterol tinggi dalam aliran darah, meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut pada manusia.

8. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Minum jahe sebelum tidur dapat membuat kulit cerah dan meningkatkan tekstur rambut. Jahe membersihkan darah, memiliki sifat antibakteri, dan membantu mengobati penyakit kulit.

9. Meningkatkan Fungsi Otak

Antioksidan dan senyawa kuat dalam jahe menghentikan peradangan pada otak. Hal ini mencegah penurunan kognitif dan memicu penyakit Alzheimer.

10. Menurunkan Risiko Kanker

Jahe dapat menurunkan risiko kanker karena kandungan antioksidan dan senyawa aktifnya. Minum air rebusan jahe pada malam hari membantu proses detoksifikasi tubuh dan melawan racun.

Nah, itulah khasiat minum jahe sebelum tidur yang bisa Anda dapatkan.

Referensi

  1. De Pietro, MaryAnn. 2018. Is drinking ginger water good for health?. (Diakses pada 18 November 2020)
  2. Krebs-Holm, Laura. 2020. Ginger: Health Benefits, Nutrition, and Recipes. (Diakses pada 18 November 2020)
  3. Norris, Taylor. 2020. What Are the Benefits and Side Effects of Ginger Water?. (Diakses pada 18 November 2020)

About The Author

Grathazon: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Penggemar Rendang? Yuk Ketahui Kalori serta Cara Sehat Makan Masakan Terlezat Ini!