Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Macam Tanaman Yang Menghasilkan Oksigen (Cantik & Sehat)

Myles Bannister

Tanaman penghasil oksigen di rumah bukan hanya untuk mempercantik rumah Anda, tetapi juga baik untuk kesehatan keluarga. Apa saja jenis tanaman yang bisa Anda miliki? Yuk, simak!

Manfaat Tanaman Penghasil Oksigen

Telah terbukti bahwa memiliki tanaman di rumah dapat meningkatkan kualitas udara dan mencegah penyakit pernapasan. Bahkan, tanaman juga dapat meningkatkan mood dan mengusir stres.

Tanaman Penghasil Oksigen

Apa saja pilihan tanaman penghasil oksigen yang bisa Anda pelihara di rumah? Ini dia!

1. Lidah Mertua

Lidah mertua adalah tanaman rumah yang menghasilkan oksigen sepanjang hari. Tanaman ini efektif dalam membersihkan udara dari polutan seperti benzene, formaldehyde, trichloroethylene, xylene, dan toluene.

2. Palem Bambu

Palem bambu adalah tanaman yang berfungsi sebagai pelembap dan pembersih udara alami. Tanaman ini dapat menghilangkan formaldehyde, benzene, karbon monoksida, xylene, dan chloroform dari udara.

3. Palem Areca

Palem areca adalah tanaman dari pulau Madagaskar yang bisa Anda miliki di halaman rumah. Tanaman ini membersihkan udara dari karbon monoksida, benzene, formaldehyde, xylene, dan trichloroethylene.

4. Dracaena

Tanaman dracaena tidak hanya menghasilkan udara bersih, tetapi juga meningkatkan kelembapan ruangan. Tanaman ini mampu menghilangkan trichloroethylene, toluene, xylene, formaldehyde, dan benzene.

5. Lili Paris

Tanaman lili paris terdiri dari berbagai spesies dan tidak membutuhkan banyak perawatan. Tanaman ini juga dapat menghilangkan polutan udara.

6. Lili ‘Perdamaian’

Lili ‘perdamaian’ adalah tanaman yang cocok untuk diletakkan di dalam rumah. Tanaman ini dapat membersihkan udara dari acetone yang biasanya terdapat dalam cat tembok.

7. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang berfungsi sebagai pembersih udara alami. Memelihara tanaman ini juga memiliki sejumlah manfaat lainnya, seperti menyuburkan rambut.

8. Sirih Gading

Sirih gading merupakan tanaman merambat yang mampu menghasilkan udara bersih dan membersihkan udara dari formaldehyde, xylene, benzene, toluene, dan karbon monoksida.

9. Kuping Gajah

Kuping gajah adalah tanaman yang menghasilkan udara bersih dengan menghilangkan formaldehyde.

10. Sri Rejeki

Sri rejeki adalah tanaman dari Asia yang membersihkan udara dari berbagai polutan seperti benzene, karbon monoksida, formaldehyde, dan trichloroethylene. Namun, tanaman ini tidak cocok jika Anda memiliki hewan anjing.

Referensi

Anonim. Health Benefits of Houseplants. [WebMD](https://www.webmd.com/a-to-z-guides/ss/slideshow-health-benefits-houseplants) (Diakses pada 7 April 2020)

  • Anonim. 2018. 10 of the best air-purifying plants. [homestolove](https://www.homestolove.com.au/the-10-best-air-purifying-plants-4501) (Diakses pada 7 April 2020)

  • Cameron, 2016. Top 5 Plants to Increase Oxygen. [Lung Institute](https://lunginstitute.com/blog/top-5-plants-for-increasing-oxygen/) (Diakses pada 7 April 2020)

  • Nayar, A. 2015. 12 Indoor Plants That Will Clean The Air In Your Home. [HuffPost](https://www.huffingtonpost.in/2015/04/17/indoor-plants-indoor-air-_n_7079290.html) (Diakses pada 7 April 2020)

  • Ruof, E dan Stuart, B. 2016. The Best Air-Purifying Plants for Your Home. [Healthline](https://www.healthline.com/health/air-purifying-plants) (Diakses pada 7 April 2020)

  • TNN. 2017. 5 Plants that Release Oxygen at Night. [timesofindia](https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/home-garden/5-plants-that-release-oxygen-at-night/photostory/59969056.cms) (Diakses pada 7 April 2020)

  • About The Author

    Toner Vs Micellar Water, Mana yang Lebih Baik untuk Kulit Wajah?

    13 Jenis Mineral dalam Makanan dan Fungsinya untuk Kesehatan Tubuh