Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Latihan Keseimbangan untuk Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Myles Bannister

Latihan keseimbangan memberikan manfaat yang besar bagi aktivitas keseharian. Simak manfaat dan cara melatih keseimbangan tubuh!

Manfaat dan Cara Kerja Latihan Keseimbangan Tubuh

Latihan keseimbangan melibatkan otot inti, punggung bawah, dan kaki. Latihan kekuatan tubuh bagian bawah juga membantu meningkatkan keseimbangan.

Latihan ini akan menjadi lebih mudah jika dilakukan secara konsisten. Tingkatkan jumlah pengulangan secara bertahap. Jika perlu, minta bantuan orang lain terutama saat Anda baru memulai latihan.

Latihan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mulailah dari sisi tubuh yang lebih lemah dan lakukan kedua sisi secara seimbang. Setelah terbiasa, coba lakukan dengan mata tertutup.

Cara Melatih Keseimbangan Tubuh

Latihan keseimbangan bisa dilakukan di rumah untuk meningkatkan kesehatan dan mobilitas tubuh. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pose Pohon: Berdiri dengan kaki menyatu, angkat kaki kiri dan seimbangkan dengan kaki kanan. Ulangi dengan kaki kanan.

2. Squat di Atas Bola Bosu: Duduk kembali dengan beban pada tumit. Kembali ke posisi berdiri.

3. Berjalan ke Samping: Melangkah ke samping secara lambat dan terkontrol. Ulangi gerakan ini.

4. Berjalan dengan Ujung Jari Kaki Menyentuh Tumit: Letakkan tumit kanan di depan jari kaki kiri. Ulangi dengan tumit kiri.

5. Push-up Dinding: Letakkan kedua tangan pada dinding dan dorongkan tubuh.

6. Step-up: Melangkah naik dan turun menggunakan anak tangga atau kursi.

7. Mengangkat Satu Kaki ke Belakang: Angkat satu kaki ke belakang dan turunkan perlahan.

8. Berjalan Menyusuri Garis Lurus: Berjalan menyusuri garis atau tali dengan ujung jari menyentuh tumit.

9. Pose Berdiri Satu Kaki seperti Flamingo: Berdiri dengan satu kaki dan pastikan postur tubuh baik.

10. Berjinjit: Berjinjit dengan mengangkat tumit setinggi mungkin.

Referensi

  1. Anonim. Tanpa Tahun. 14 Exercises for Seniors to Improve Strength and Balance. [Link](https://www.lifeline.philips.com/resources/blog/2018/07/14-exercises-for-seniors-to-improve-strength-and-balance.html) (Diakses pada 27 Mei 2021)
  2. Cronkleton, Emily. 13 Exercises for Balance. [Link](https://www.healthline.com/health/exercises-for-balance#exercises-for-parkinsons-disease) (Diakses pada 27 Mei 2021)
  3. Freytag, Chris. 2020. 5 Exercises for Better Balance. [Link](https://www.verywellfit.com/exercises-for-better-balance-3498203) (Diakses pada 27 Mei 2021)

About The Author

Bahaya Makan Tengah Malam bagi Kesehatan

Perut Begah Saat Hamil: Penyebab dan Cara Mengatasinya