Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Beragam Fungsi Alis Mata dan Cara Merawatnya

Myles Bannister

Alis merupakan bagian wajah yang menonjol di atas mata dan ditumbuhi rambut halus. Sebagian orang memperhatikan alis, terutama wanita, yang menganggapnya penting terkait penampilan. Bentuk alis yang sempurna dapat meningkatkan penampilan seseorang.

Tapi apa fungsi sebenarnya dari alis? Seberapa penting keberadaan alis bagi tubuh kita? Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Fungsi Alis Mata

Fungsi alis pada dasarnya mirip dengan bulu mata, yaitu melindungi mata. Cairan seperti keringat, air hujan, dan air sisa pembersihan wajah yang jatuh ke kepala atau dahi kita dapat masuk ke mata. Maka dari itu, alis diperlukan untuk mencegah cairan tersebut masuk ke dalam mata.

Selain melindungi mata dari air, alis juga melindungi mata dari debu dan kotoran lainnya. Mata sangat sensitif dan mudah perih dan teriritasi ketika bersentuhan dengan benda asing. Oleh karena itu, alis dan bulu mata dibutuhkan untuk melindungi mata.

Selain melindungi mata, alis juga berperan dalam membentuk ekspresi wajah seperti sedih, senang, marah, takut, dan sebagainya. Ekspresi merupakan bahasa tubuh penting. Meskipun ekspresi terbentuk oleh seluruh unsur wajah, alis memainkan peran penting dalam menampilkan ekspresi dengan baik.

Fungsi terakhir dari alis mata adalah memperindah wajah kita. Tanpa alis, wajah akan terlihat tanpa ekspresi dan terlihat seram. Banyak orang melakukan perawatan alis untuk memperindahnya, namun perlu diingat bahwa perawatan alis untuk kecantikan tidak boleh mengganggu fungsi alis yang sebenarnya.

Cara Merawat Alis

Setelah mengetahui betapa pentingnya fungsi alis mata bagi tubuh, sekarang saatnya mengetahui cara merawat alis dengan baik. Merawat alis sama seperti merawat rambut lainnya. Alis juga dapat mengalami kerontokan hingga kebotakan. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat alis!

1. Haruskah mencukur alis?

Mencukur alis tidak sepenuhnya dilarang, namun ada hal-hal yang harus diperhatikan. Jangan pernah mencukur alis hingga habis karena akan mengganggu fungsi alis. Mencukur alis terlalu pendek juga akan mengurangi fungsi alis. Sebelum mencukur alis, melakukan threading, atau sulam alis, pertimbangkan dengan baik.

2. Menebalkan alis

Alis tipis dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Alis bisa ditebalkan secara alami dengan menggunakan minyak kemiri, minyak kelapa, minyak zaitun, lidah buaya, atau susu murni sebagai masker alis. Alis yang tebal akan semakin meningkatkan fungsi alis mata dan penampilan.

3. Mencegah dan mengatasi kerontokan alis

Alis rontok biasanya disebabkan oleh penggunaan produk kosmetik yang salah, kebiasaan menggosok wajah terlalu keras, atau masalah kesehatan lainnya. Jika penyebabnya adalah kebiasaan, ubah kebiasaan Anda seperti menggunakan produk kosmetik yang aman dan sesuai dengan Anda serta menghindari menggosok wajah terlalu keras.

Jika alis tidak dapat ditumbuhkan secara alami dan masalahnya semakin parah, kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh kelainan dalam tubuh. Segera konsultasikan ke dokter jika hal ini terjadi agar diketahui penyebabnya.

Jadi, sekarang Anda tahu betapa pentingnya alis bagi tubuh kita? Yuk, rawat alis agar tidak hanya indah tapi juga sehat.

Jadi, sekarang Anda tahu betapa pentingnya alis bagi tubuh kita? Yuk, rawat alis agar tidak hanya indah tapi juga sehat.

About The Author

Hiperglikemia: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi, Pencegahan, dll

Kulit Wajah Mengelupas: Penyebab dan Cara Mengatasinya