Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

6 Dampak Makan Pepaya Terlalu Banyak bagi Tubuh

Myles Bannister

Efek Makan Pepaya Terlalu Banyak

Di dalam buah pepaya terdapat serat yang memenuhi 10 persen kebutuhan serat harian. Namun pepaya juga memiliki senyawa lain yang tidak baik bagi kesehatan. Jika mengonsumsi pepaya yang belum matang, kita akan mengonsumsi senyawa lateks yang bisa berdampak buruk pada siklus menstruasi wanita dan menurunkan sperma pada pria.

Berikut adalah dampak buruk makan pepaya berlebihan.

Memicu gula darah rendah

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsi pepaya yang telah difermentasi bisa memicu penurunan kadar gula darah dengan drastis. Penurunan kali ini berpotensi menghambat aktivitas karena kurangnya energi.

Tak hanya tubuh yang lemas dan kelaparan, kadar gula darah yang rendah juga sulit untuk berpikir dan berkonsentrasi. Bahkan, bisa menyebabkan pingsan.

Menyebabkan gangguan pernapasan

Kandungan papain di dalam pepaya termasuk alergen. Bagi penderita asma, papain bisa memicu sesak napas yang berbahaya.

Meningkatkan risiko terkena batu ginjal

Pepaya mengandung vitamin C. Namun jika dikonsumsi berlebihan, vitamin ini bisa membentuk batu ginjal.

Gangguan lambung

Terlalu banyak mengonsumsi pepaya bisa menyebabkan gangguan lambung dan masalah pencernaan lainnya.

Masalah kesehatan pada kulit

Terlalu banyak makan pepaya bisa menyebabkan warna kulit menjadi lebih kuning pada telapak tangan. Hal ini disebut karotenemia.

Karotenemia disebabkan oleh tingginya kandungan betakaroten di dalam pepaya. Pada dasarnya, betakaroten baik untuk mata, tapi konsumsi berlebihan bisa menyebabkan perubahan warna kulit.

Gangguan kesuburan

Mengonsumsi pepaya berlebihan dapat mempengaruhi kesuburan. Kandungan lateks di dalamnya dapat memengaruhi kehamilan. Akan tetapi, pepaya yang sudah matang bisa bermanfaat jika dikonsumsi dengan jumlah yang wajar, terutama bagi ibu hamil.

Pepaya memberikan manfaat bagi jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menurunkan risiko penyakit degeneratif seperti alzheimer. Tetapi akan lebih baik jika mengonsumsi pepaya dengan bijak untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Pepaya memberikan manfaat bagi jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menurunkan risiko penyakit degeneratif seperti alzheimer. Tetapi akan lebih baik jika mengonsumsi pepaya dengan bijak untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

About The Author

8 Tips Aman Liburan saat Pandemi COVID-19

Calcifar: Manfaat, Dosis, Efek Samping