Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

6 Cara Meningkatkan Minat Baca

Myles Bannister

Terdapat pepatah yang mengatakan bahwa membaca adalah jendela dunia. Dengan membaca, cakrawala pengetahuan seseorang menjadi semakin kaya. Namun, minat baca di Indonesia terbilang rendah. Bagaimana cara meningkatkan minat baca? Berikut penjelasannya:

Cara Menumbuhkan Minat Baca

Hidup di zaman informasi yang berkembang pesat memaksa setiap orang mengakses informasi melalui perangkat elektronik. Kebiasaan ini memengaruhi perilaku masyarakat, terutama dalam membaca buku.

Padahal membaca rutin merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas diri dan kemampuan mengamati informasi yang beredar.

Berikut adalah beberapa cara menumbuhkan minat baca:

1. Atur Waktu untuk Membaca

Salah satu cara meningkatkan minat baca adalah menentukan waktu setiap hari untuk membaca selama 5 sampai 10 menit. Misalnya, membaca saat sarapan atau makan siang.

Dengan melakukannya secara rutin, kebiasaan membaca setiap hari akan terbentuk dengan sendirinya. Dampaknya, intensitas waktu membaca Anda mungkin akan meningkat.

2. Selalu Bawa Buku

Setelah minat baca meningkat, penting untuk selalu membawa buku kemanapun Anda pergi. Jika ada waktu menunggu, manfaatkan untuk membaca.

3. Kurangi Akses Televisi dan Internet

Jika ingin meningkatkan minat membaca, kurangi paparan layar elektronik seperti TV atau ponsel dengan membaca buku. Tetaplah menikmati bacaan tanpa membuatnya terburu-buru.

4. Menulis Ulasan Buku

Jika Anda adalah seorang pengajar dan ingin meningkatkan minat baca siswa, mintalah mereka untuk menulis ulasan mengenai buku yang mereka baca. Hal ini mendorong siswa untuk bertanggung jawab terhadap apa yang mereka kerjakan.

5. Menciptakan Tampilan Perpustakaan yang Menarik

Salah satu alasan siswa enggan membaca di perpustakaan adalah karena tampilan dan koleksi bukunya yang tidak menarik. Menciptakan tampilan perpustakaan yang menarik dengan buku-buku yang menarik juga akan meningkatkan minat baca siswa.

6. Membangun Perpustakaan Digital

Di era digital seperti sekarang, salah satu cara meningkatkan minat baca siswa adalah dengan membangun perpustakaan digital. Dengan perpustakaan digital, dapat menghemat tempat dan menyimpan berbagai jenis buku dalam format elektronik.

Referensi

  1. Babauta, Leo. 14 Ways to Cultivate a Lifetime Reading Habit. https://www.lifehack.org/articles/featured/14-ways-to-cultivate-a-lifetime-reading-habit.html. (Diakses pada 13 Desember 2021).
  2. MIllah, Nida Ul. Meningkatkan Minat Baca. http://www.bpkp.go.id/pustakabpkp/index.php?p=tingkat%20minat%20baca. (Diakses pada 13 Desember 2021).

About The Author

Manfaat Okra Merah dan Hijau bagi Kesehatan Tubuh

Diplopia: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan