Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Jenis Ikan Laut dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Myles Bannister

Banyak jenis ikan laut memiliki manfaat kesehatan yang bagus karena kandungan nutrisi penting di dalamnya. Mari kita pelajari kandungan nutrisi dan daftar manfaat ikan laut untuk kesehatan di bawah ini!

Jenis Ikan Laut dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Ikan laut adalah makanan yang sangat sehat karena mengandung nutrisi penting seperti protein, vitamin D, vitamin B12, asam lemak omega-3, zat besi, fosfor, niasin, dan nutrisi lainnya. Ikan juga mengandung yodium, sebuah mineral penting.

Berikut adalah daftar jenis ikan laut dan manfaatnya bagi kesehatan:

1. Makarel

Makarel adalah ikan air laut yang mengandung banyak asam lemak omega-3 dan vitamin serta mineral penting lainnya. Ikan berminyak ini adalah pilihan makanan laut yang sangat sehat.

Manfaat dari ikan ini termasuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, fungsi kognitif yang lebih baik, penurunan trigliserida tinggi, sifat antiinflamasi, pencegahan anemia, dan peningkatan sistem kekebalan tubuh.

2. Tuna

Ikan ini adalah sumber vitamin B12 yang sangat baik, vitamin yang penting untuk pembentukan DNA. Vitamin ini juga membantu pembentukan sel darah merah baru dan mencegah anemia.

Manfaat kesehatan dari ikan tuna termasuk penurunan risiko penyakit jantung, pencegahan masalah penglihatan, dan pengurangan risiko kanker.

3. Ikan Tongkol

Ikan tongkol adalah salah satu ikan laut favorit sebagai bahan makanan dan juga baik untuk ibu hamil. Ikan ini tidak hanya lezat dan terjangkau, tetapi juga kaya akan nutrisi yang bagus untuk kesehatan, termasuk protein, asam omega-3, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, zat besi, mineral, lemak, dan abu.

Manfaat makan ikan laut ini termasuk menjaga kesehatan jantung, menyehatkan mata dan otak, menyehatkan kelenjar tiroid, menurunkan berat badan, dan mengurangi peradangan.

Salah satu manfaat ikan laut bagi ibu hamil juga terdapat dalam ikan tongkol. Tongkol mengandung nutrisi yang membantu memproduksi sel darah merah yang baik bagi ibu dan janin selama kehamilan, termasuk protein, seng, kalsium, zat besi, dan vitamin B.

4. Ikan Belanak

Ikan ini tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh dalam memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari. Ikan belanak, baik merah maupun abu-abu, dapat meningkatkan nafsu makan.

Manfaat lain dari ikan belanak termasuk peningkatan energi, kesehatan kulit dan rambut, serta pemulihan luka yang lebih cepat.

5. Kakap Merah

Ikan laut ini mengandung asam lemak omega-3 dalam kadar sedang, serta banyak mengandung vitamin D, E, selenium, dan magnesium. Sebanyak 170 gram ikan kakap merah mengandung sekitar 170 kalori dan 35 gram protein. Kakap merah juga bagus untuk kesehatan karena mengandung potasium.

Manfaat dari ikan laut ini termasuk membantu kontrol berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah anemia megaloblastik, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kepadatan mineral tulang serta mencegah osteoporosis.

6. Kakap Putih

Kakap putih atau barramundi memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi, lemak sehat, protein, vitamin D, vitamin A, natrium, dan kalium. Ikan ini juga rendah bahan kimia berbahaya seperti merkuri dan polychlorinated biphenyls (PCB).

Manfaat dari ikan laut ini termasuk antikanker, penurunan berat badan, peningkatan kesehatan otak, pengendalian gula darah, memperkuat tulang, meningkatkan kesehatan mata, serta mempertahankan pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat. Selain itu, kakap putih juga enak saat dibakar.

7. Barakuda

Ikan barakuda mengandung beberapa nutrisi penting bagi tubuh seperti yodium, selenium, seng, kalium, dan vitamin B2, A, dan D. Makan ikan laut secara teratur memberikan banyak manfaat bagi tubuh, termasuk ikan barakuda.

Manfaat dari ikan laut ini termasuk menjaga kesehatan hati, mengurangi gejala rheumatoid arthritis (“radang sendi”), meningkatkan kemampuan otak, mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan mata, serta meningkatkan kesehatan kulit.

8. Ikan Cakalang

Ikan cakalang atau skipjack adalah ikan laut yang berminyak. Cakalang adalah salah satu sumber terbaik asam lemak esensial, protein, mineral, dan vitamin larut dalam lemak seperti vitamin A, E, dan D.

Menurut Cornell University and the New York Sea Grant Extension Program, asam lemak dalam ikan ini berperan penting dalam menurunkan tekanan darah dan detak jantung serta membantu meningkatkan fungsi kardiovaskular.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi risiko aritmia (detak jantung yang tidak normal) yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

9. Ikan Teri

Teri termasuk ikan dalam keluarga anchovy. Ikan ini sangat populer dan mengandung banyak vitamin dan mineral yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Nutrisi yang paling umum dalam ikan ini adalah asam lemak omega-3 yang meningkatkan kesehatan otak dan jantung.

Manfaat dari ikan laut ini termasuk menjaga kesehatan jantung, melindungi tiroid, membantu kesehatan mata, mencegah Alzheimer, serta menyajikan nutrisi tambahan bagi ibu hamil dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi janin dalam kandungan.

10. Ikan Kod

Kod mengandung vitamin, mineral, dan lemak sehat yang memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Ikan ini kaya akan vitamin B12 yang penting untuk menjaga kondisi saraf dan sel darah dalam tubuh. Vitamin ini juga membantu mencegah anemia dengan menjaga sel darah merah tetap sehat.

Manfaat kesehatan lain dari ikan kod termasuk penurunan kolesterol, pengontrolan tekanan darah tinggi (hipertensi), mengurangi risiko penyakit jantung, serta meningkatkan fungsi otak.

Itulah pembahasan tentang jenis ikan laut dan manfaatnya. Selamat menikmati makanan laut yang sehat dan lezat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Referensi

  1. Anonim. 2020. Health Benefits of Cod. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-cod#1 (Diakses pada 22 Juli 2021)
  2. Anonim. 2020. Health Benefits of Anchovies. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-anchovies#1 (Diakses pada 22 Juli 2021)
  3. Anonim. Tanpa Tahun. Skipjack tuna Nutrition facts. https://www.nutrition-and-you.com/skipjack-tuna.html (Diakses pada 22 Juli 2021)
  4. Anonim. 2020. Barracuda Fish Health Benefits And Nutrition Facts. https://sunsamayal.com/?p=506 (Diakses pada 22 Juli 2021)
  5. Anonim. Tanpa Tahun. Mullet Fish facts and nutrition. https://www.healthbenefitstimes.com/mullet-fish/ (Diakses pada 22 Juli 2021)
  6. Anonim. 2020. Health Benefits of Tuna. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-tuna#1 (Diakses pada 22 Juli 2021)
  7. Staughton, John. 2020. Red Snapper: Nutrition & Benefits. https://www.organicfacts.net/red-snapper.html (Diakses pada 22 Juli 2021)
  8. Staughton, John. 2021. 7 Incredible Benefits Of Barramundi. https://www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/barramundi.html (Diakses pada 22 Juli 2021)

About The Author

Sifilis: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan

Tamsulosin: Fungsi, Dosis, Efek Samping, dll