Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

6 Cara Menghilangkan Kurap, Cepat dan Mudah Dilakukan

Myles Bannister

Kurap adalah infeksi jamur pada kulit yang bisa mengganggu rasa percaya diri seseorang, terutama jika terjadi di area tubuh yang mudah terlihat. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat cara menghilangkan kurap yang mudah untuk dilakukan. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Cara Menghilangkan Kurap

Meskipun kurap bisa muncul di bagian tubuh manapun, infeksi jamur pada kulit bisa dihilangkan dengan mudah. Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan:

1. Gunakan salep antijamur

Cara efektif menghilangkan kurap adalah dengan menggunakan salep antijamur seperti miconazole, clotrimazole, dan lainnya. Bersihkan area yang terdapat kurap, lalu aplikasikan salep secara tipis-tipis pada kurap dan kulit di sekitarnya. Biarkan salep menyerap dan gunakan 2-3 kali sehari. Kurap akan berkurang atau hilang dalam 3-7 hari tergantung keparahannya. Terus gunakan salep hingga 1 bulan untuk mencegah timbulnya kembali. Cuci tangan setelah mengoleskan salep.

2. Jangan ditutup dengan plester atau kain kasa

Tutupan plester atau kain kasa pada kurap dapat memperparah kondisinya. Lebih baik gunakan pakaian longgar yang menutupi kurap agar udara bisa masuk dengan leluasa.

3. Rutin bersihkan tempat tidur

Cuci sprei dan sarung bantal setiap hari untuk mencegah penyebaran kurap. Gunakan air panas dan deterjen, atau tambahkan kaporit atau boraks ke air cucian.

4. Jaga tubuh tetap kering

Ganti pakaian dalam yang lembap dengan yang bersih dan kering. Keringkan tubuh yang lembap sebelum memakai pakaian baru, termasuk kaus kaki.

5. Gunakan sabun dan sampo antijamur

Gunakan sabun dan sampo antijamur untuk mengurangi penyebaran dan pelebaran kurap. Produk ini mengandung bahan antijamur seperti ketoconazole, selenium sulfida, atau zinc pyrithione.

6. Konsumsi obat antijamur dengan resep

Jika pengobatan luar dengan salep, sabun, dan sampo tidak cukup, dokter bisa memberikan obat antijamur yang dapat dikonsumsi. Jika kurap tidak hilang dalam waktu dua minggu, segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit.

Penting untuk mengikuti pengobatan dengan resep sesuai dosis yang ditentukan, dan bicarakan dengan dokter jika kurap masih ada setelah obat habis.

Cara Mencegah Kurap

Untuk mencegah penyebaran kurap, jaga kebersihan diri dengan tidak meminjamkan barang pribadi seperti handuk, pakaian dalam, dan sisir. Jika meminjamkan, cuci dengan air panas dan deterjen sebelum digunakan kembali. Cucilah tangan dan kaki setelah bepergian, terutama setelah berolahraga. Periksa hewan peliharaan Anda apakah mengalami kurap, karena jamur kurap dari hewan bisa menular ke manusia.

Referensi

  1. Anonim. 2019. How to Cure Ringworm. https://health.clevelandclinic.org/how-to-cure-ringworm/. (Diakses pada 05 April 2022).
  2. Anonim. 2020. Ringworm Treatment. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/what-is-the-treatment-for-ringworm. (Diakses pada 05 April 2022).
  3. Higuera, Valencia. 2019. 6 ringworm treatments. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-ringworm. (Diakses pada 05 April 2022).

About The Author

Tak Disangka, Ini 10 Manfaat Punya Banyak Teman bagi Kesehatan