Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Jenis Tes Darah untuk Ibu Hamil

Myles Bannister

Pemeriksaan kehamilan rutin membantu memantau kondisi kehamilan. Salah satunya adalah tes darah. Apa yang bisa diperoleh dari tes darah saat kehamilan?

Jenis Tes Darah saat Hamil dan Manfaatnya

Tes darah dapat menemukan kondisi yang meningkatkan risiko komplikasi kehamilan. Berikut adalah beberapa jenis tes darah untuk ibu hamil:

Tes Darah Lengkap

Tes darah lengkap untuk memeriksa kemungkinan anemia dan gangguan lainnya.

Tes Golongan Darah, Antibodi, dan Rhesus

Tes rhesus untuk mengetahui risiko yang berhubungan dengan golongan darah.

Tes Gula Darah

Pemeriksaan kadar gula darah untuk memperkecil risiko diabetes gestasional.

Tes Infeksi

Tes darah untuk mengetahui infeksi yang berisiko.

Tes Hepatitis B

Tes hepatitis B untuk mendeteksi infeksi pada ibu hamil.

Tes Sifilis

Tes sifilis untuk mengetahui risiko penyakit menular seksual.

Tes HIV

Tes HIV untuk mengetahui risiko infeksi HIV pada ibu hamil.

Selain tes-tes tersebut, ibu hamil juga perlu memeriksa tekanan darah dan berat badan secara berkala.

Tes Darah Alfa Fetoprotein (AFP)

Tes darah AFP untuk mendeteksi risiko kondisi genetik tertentu.

Alasan Ibu Hamil Perlu Melakukan Tes Darah

Pemeriksaan tes darah dilakukan untuk memastikan kesehatan ibu hamil dan bayi. Tes ini termasuk dalam perawatan antenatal dan berguna untuk mengidentifikasi risiko infeksi dan penyakit.

Untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi, penting untuk makan sehat, beraktivitas fisik, mengonsumsi vitamin prenatal, dan rutin memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan.

Referensi

  1. Stanford Medicine Children Health. Common Tests During Pregnancy. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=common-tests-during-pregnancy-85-P01241. (Diakses pada 23 Mei 2023)
  2. ACOG. Routine Test During Pregnancy. https://www.acog.org/womens-health/faqs/routine-tests-during-pregnancy. (Diakses pada 23 Mei 2023)
  3. Anonim. 2022. Prenatal Tests: Third Trimester. https://kidshealth.org/en/parents/tests-third-trimester.html. (Diakses pada 23 Mei 2023)
  4. The American College of Obstetricians and Gynecologists ACOG. 2021. Hepatitis B and Hepatitis C in Pregnancy. https://www.acog.org/womens-health/faqs/hepatitis-b-and-hepatitis-c-in-pregnancy. (Diakses pada 23 Mei 2023)
  5. CDC. Syphilis During Pregnancy. https://www.cdc.gov/nchhstp/pregnancy/effects/syphilis.html. (Diakses pada 23 Mei 2023)
  6. Anonim. Glucose Challenge Test. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/glucose-challenge-test/about/pac-20394277. (Diakses pada 23 Mei 2023)
  7. National Health Service. Rhesus Disease. https://www.nhs.uk/conditions/rhesus-disease/prevention/. (Diakses pada 23 Mei 2023)
  8. Anonim. 2023. What Is TORCH Syndrome? https://www.webmd.com/children/what-is-torch-syndrome. (Diakses pada 23 Mei 2023)
  9. John Hopkins Medicine. Common Tests During Pregnancy. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/common-tests-during-pregnancy. (Diakses pada 23 Mei 2023)

About The Author

Manfaat Omega-3 untuk Ibu Hamil serta Sumber Makanannya

Jangan Panik, 7 Pertolongan Pertama saat Tersedak