Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Fungsi Asam Klorida (HCl) bagi Pencernaan

Myles Bannister

Asam klorida (HCl) berperan dalam proses pencernaan makanan. Mari kita cari tahu apa saja fungsi asam klorida (HCl), cara kerjanya, dan penyakit terkaitnya.

Apa Itu Asam Klorida (HCl)?

Asam klorida (HCl) adalah asam yang diproduksi di lambung untuk memecah makanan sehingga proses pencernaan berjalan lancar. Jika HCl tidak dapat mencerna protein dengan baik, penyerapan protein oleh tubuh akan terganggu dan menyebabkan masalah pencernaan.

Asam klorida (HCl), juga dikenal sebagai asam lambung, merupakan komponen utama dalam asam lambung untuk proses pencernaan makanan. Asam klorida (hydrochloric acid) adalah satu-satunya jenis asam yang diproduksi oleh tubuh. Jenis asam lainnya dihasilkan sebagai produk sampingan atau limbah metabolisme.

Cara Kerja Asam Klorida (HCl) dalam Sistem Pencernaan

HCl dalam lambung memiliki peran penting dalam metabolisme. Pada kadar normal, lambung memproduksi sekitar 2-4 liter HCl setiap hari untuk membantu penyerapan nutrisi seperti protein, membunuh bakteri dan virus di usus, serta melindungi sistem pencernaan dari infeksi.

HCl bekerja dengan memasok H+ untuk mengaktifkan pepsinogen, enzim yang memecah protein. Kelenjar tubuh dan antrum lambung memproduksi pepsinogen. Kemudian, pepsin mengubah protein menjadi ukuran yang lebih kecil seperti asam amino atau peptida agar lebih mudah diserap di usus kecil.

Penyerapan peptida dan asam amino juga meningkatkan sekresi HCl. Oleh karena itu, peran HCl pada lambung memungkinkan pencernaan yang baik dari berbagai jenis makanan.

Jika sekresi HCl rendah, protein akan masuk ke usus halus dalam ukuran yang lebih besar, mengganggu efektivitas proses pencernaan. Produksi HCl secara alami menurun seiring bertambahnya usia, menyebabkan pencernaan menjadi lebih lambat dan terganggu.

Fungsi Asam Klorida (HCl) bagi Pencernaan

Asam klorida adalah komponen penting dalam sistem metabolisme, terutama untuk penyerapan protein agar bisa melewati epitel usus dan dicerna dengan baik oleh tubuh. Berikut beberapa fungsi asam klorida (HCl) dalam lambung:

1. Asam Esensial dalam Lambung

Asam klorida (HCl) menjaga keseimbangan pH lambung sekitar pH 1,5 hingga 3 agar pencernaan berjalan lancar. HCl juga merupakan cairan asam utama di dalam lambung. Tanpa asam klorida, pencernaan makanan tidak akan efektif.

2. Membantu Penyerapan Makanan

Asam klorida membantu tubuh dalam beberapa fungsi dalam sistem pencernaan, antara lain:

  • Mencerna nutrisi menjadi fragmen yang lebih kecil.
  • Mencerna semua nutrisi, termasuk protein.
  • Menyerap semua nutrisi dari makanan untuk diubah menjadi energi.
  • Menyerap nutrisi untuk memenuhi fungsi organ di seluruh tubuh.
  • Mengubah pepsinogen (enzim tidak aktif) menjadi pepsin (enzim aktif) untuk memecah protein di perut.
  • Menutup lambung dengan lendir agar pepsin tidak mencerna seluruh lambung.

3. Membunuh Bakteri dan Virus di Perut

Asam klorida mencegah bakteri, virus, atau mikroorganisme asing lainnya masuk ke dalam lambung dan sistem pencernaan. Fungsi asam klorida ini secara langsung dapat mencegah infeksi pada sistem pencernaan.

4. Mencegah Penyakit

Asam klorida dalam lambung dapat mencegah anemia, osteoporosis, gangguan saraf, infeksi jamur, dan rambut rontok pada wanita. Namun, jika asam klorida terlalu banyak dan tinggi, dapat menyebabkan gejala penyakit pencernaan seperti maag dan gastroesophageal reflux disease (GERD).

Fungsi Asam Klorida (HCl) dalam Industri

Selain diproduksi secara alami dalam tubuh untuk kebutuhan metabolisme, asam klorida juga diproduksi secara kimia untuk keperluan industri. Asam klorida digunakan dalam pembuatan baja, plastik polivinil klorida (PVC), dan keperluan rumah tangga lainnya.

Berikut adalah fungsi asam klorida dalam bidang industri:

1. Produksi Kalsium Klorida

Asam klorida dan batu kapur dicampur untuk membuat kalsium klorida. Kalsium klorida adalah jenis garam yang digunakan pada makanan yang dipanggang sebagai antimikroba.

2. Produksi dan Pengolahan Pangan

Asam klorida juga digunakan dalam campuran berbagai produk makanan seperti sirup jagung, saus tomat, biskuit, kerupuk, dan minuman ringan. Fungsi asam klorida lainnya adalah dalam pengemasan sayuran, buah, jus, atau makanan kaleng untuk memperlambat pembusukan dan meningkatkan cita rasa.

3. Produksi Baja

Asam klorida digunakan dalam industri untuk menghilangkan karat dari besi, melapisi baja, dan melapisi konstruksi bangunan agar lebih tahan lama. Asam klorida juga digunakan untuk membersihkan logam dan aluminium.

4. Produk Pembersih Rumah Tangga

Asam klorida digunakan dalam berbagai produk pembersih rumah tangga seperti pembersih toilet, lantai, kamar mandi, dan porselen. Asam klorida memiliki sifat yang dapat membersihkan noda membandel.

5. Sanitasi Kolam

Asam klorida digunakan sebagai salah satu bahan kimia untuk membersihkan kolam renang. Asam klorida membantu menjaga pH air sehingga air kolam tetap jernih.

6. Penggunaan Lainnya

Asam klorida juga digunakan dalam pengelolaan kulit menjadi bahan, pengasaman sumur minyak, dan produksi gelatin. Asam klorida digunakan dalam pembuatan kembang api, lampu bohlam, dan baterai.

Penyakit Terkait Asam Klorida (HCl)

Keberadaan asam klorida dalam lambung sangat penting, tetapi harus dalam kadar normal sekitar 2-3 liter per hari. Kadar asam klorida yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit dan masalah pencernaan seperti:

Hipoklorhidria

Hipoklorhidria adalah kekurangan asam klorida dalam lambung yang mengakibatkan kekurangan enzim pencernaan. Tubuh akan kesulitan mencerna nutrisi dengan baik.

Pada kondisi yang lebih serius, hipoklorhidria dapat menyebabkan kerusakan pada sistem gastrointestinal dan masalah pencernaan kronis. Bakteri dan virus juga lebih mudah masuk ke dalam lambung dan menyebabkan infeksi.

Maag

Terlalu banyak asam dalam lambung dapat menyebabkan sakit maag. Maag atau tukak lambung adalah luka pada lapisan sistem pencernaan yang mengganggu lambung dan usus kecil.

Penyebab maag adalah kekurangan lapisan lendir pelindung lambung sehingga asam lambung naik ke jaringan yang melapisi perut atau sistem pencernaan.

Referensi

  1. Chemicalsafetyfacts. 2020. Hydrochloric Acid. https://www.chemicalsafetyfacts.org/hydrochloric-acid/. (Diakses pada 29 Desember 2020).
  2. Dix, Megan, RN, BSN. 2019. What Is Hypochlorhydria?. https://www.healthline.com/health/hypochlorhydria. (Diakses pada 29 Desember 2020).
  3. People. 2013. Hydrochloric Acid: The Body’s Primary Digestant. https://peoplesrx.com/hydrochloric-acid-the-bodys-primary-digestant/. (Diakses pada 29 Desember 2020).
  4. Thiel, Anne, ND. 2016. THE ROLE OF HYDROCHLORIC ACID IN AIDING DIGESTION. https://www.integrativepro.com/Resources/Integrative-Blog/2016/The-Role-of-Hydrochloric-Acid-in-Aiding-Digestion. (Diakses pada 29 Desember 2020).
  5. Studioguy. 2020. What is the function of Hydrochloric Acid (HCl) in the stomach?. https://studiousguy.com/function-hydrochloric-acid-hcl-stomach/. (Diakses pada 29 Desember 2020).

About The Author

Kolang-Kaling Bisa Atasi Asam Urat?

Mengenal Konsepsi pada Kehamilan Beserta Istilah-istilahnya