Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Etika Menjenguk Orang Sakit yang Baik dan Benar

Myles Bannister

Etika menjenguk orang sakit harus dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pada pasien yang kita jenguk. Bagaimana etikanya? Berikut penjelasan daftar etikanya!

Etika Menjenguk Orang Sakit

Menjenguk orang sakit di rumah sakit bisa berbahaya bagi keselamatan pasien, meskipun tujuan kita adalah menghibur atau membantunya. Masalahnya bisa secara fisik, mental, atau emosional.

Namun, Anda dapat memberikan pengaruh positif pada pemulihan pasien jika mengikuti protokol menjenguk yang sederhana. Mengetahui apa yang harus dan tidak boleh dilakukan dapat meningkatkan kepercayaan diri ketika ingin menjenguk di rumah sakit.

Berikut etika menjenguk orang sakit:

1. Mintalah izin pasien sebelum menjenguk

Mintalah izin kepada pasien yang sedang dirawat di rumah sakit. Jika tidak bisa dikunjungi, tanyakan apakah bisa dijadwalkan hari lain atau setelah pasien pulang.

Banyak pasien senang menerima kunjungan, tetapi ada yang tidak mau karena alasan tertentu. Oleh karena itu, mintalah izin terlebih dahulu.

2. Mencuci tangan sebelum masuk kamar pasien

Bersihkan tangan sebelum menyentuh pasien atau memberikan sesuatu kepadanya. Setelah menyentuh barang di ruangan, cuci tangan lagi.

Infeksi bisa datang dari berbagai sumber dan patogen dapat bertahan di permukaan selama berhari-hari. Terapkan etika menjenguk orang sakit dan hindari risiko membuat pasien semakin sakit.

3. Matikan atau aktifkan mode getar ponsel

Tanyakan aturan membawa ponsel ke kamar pasien. Ponsel dapat mengganggu perangkat perawatan pasien, dan pasien butuh ketenangan.

4. Menjenguk dengan waktu yang singkat

Yang penting adalah meluangkan waktu untuk menjenguk pasien, bukan lamanya kunjungan. Jangan terlalu lama agar pasien tidak lelah atau terganggu.

5. Jangan menjenguk jika memiliki gejala menular

Jika memiliki gejala menular seperti batuk, pilek, ruam, atau diare, sebaiknya jangan berkunjung. Hubungi pasien melalui telepon atau kirim kartu atau bingkisan sebagai gantinya.

6. Jangan membawa makanan sembarangan

Sebaiknya jangan membawa makanan kecuali Anda tahu pasien bisa memakannya. Pasien memiliki diet khusus selama perawatan di rumah sakit.

7. Tunjukkan empati

Tanyakan perkembangan dan proses pengobatan pada pasien. Tunjukkan bahwa Anda peduli dengannya.

8. Jangan merokok

Jika Anda perokok, hindari merokok sebelum atau selama kunjungan. Bau asap rokok mengganggu dan bisa membuat pasien lebih sakit.

9. Jangan menjenguk jika menyebabkan stres atau cemas

Jangan kunjungi pasien jika kehadiran Anda akan menimbulkan stres atau kecemasan. Tunggu sampai pasien cukup sehat untuk pulang sebelum mencoba memperbaiki hubungan.

10. Berikan semangat

Pasien sering putus asa saat menderita penyakit serius. Beri inspirasi agar pasien tetap berharap dan tidak menyerah.

Itulah etika menjenguk orang sakit yang penting diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

Referensi

  1. Anonim. Tanpa Tahun. 8 Etiquettes while Visiting the Sick and Its Verses. https://azislam.com/etiquettes-while-visiting-the-sick-and-its-verses (Diakses pada 3 Desember 2021).
  2. Grotts, Lisa M. 2017. Is There Such a Thing as Hospital Etiquette for Visitors? https://www.huffpost.com/entry/is-there-such-a-thing-as_b_558650 (Diakses pada 3 Desember 2021).
  3. Torrey, Trisha. 2020. Dos and Don’ts for Visiting Patients in the Hospital. https://www.verywellhealth.com/the-dos-and-donts-of-a-hospital-visit-2614912 (Diakses pada 3 Desember 2021).

About The Author

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Aniridia: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan