Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Apakah Teh Basi Dapat Mengatasi Uban? Cek Faktanya

Myles Bannister

Manfaat Teh Basi untuk Rambut

Warna rambut adalah hasil pewarnaan pada folikel rambut menggunakan zat warna melanin. Terdapat dua jenis zat warna pada rambut, yaitu pheomelanin dan eumelanin. Jumlah melanin di dalam tubuh dapat berubah seiring waktu, dan ini menyebabkan perubahan warna rambut.

Teh basi sering digunakan untuk mengatasi uban. Penelitian menunjukkan bahwa teh basi mengandung antioksidan yang dapat menutrisi rambut dari akarnya, membuatnya lebih berkilau dan tidak mudah patah.

Cara menghilangkan uban dengan teh basi sangat mudah. Anda cukup membuat teh, diamkan semalaman, dan gunakan untuk membilas rambut pada bagian yang penuh uban. Lakukan pijatan agar sel-sel kulit terbuka dan nutrisi dalam teh tersebut bisa diserap oleh rambut. Bilas dengan air bersih. Melakukan ini minimal 2 kali seminggu dapat mengatasi masalah uban. Namun, perhatikan juga nutrisi lain yang dibutuhkan oleh rambut, seperti minum air putih dan makan makanan sehat.

Teh Basi untuk Menghilangkan Uban

Uban terjadi akibat kurangnya nutrisi rambut sehingga pigmen warnanya hilang. Teh basi dari teh hijau dipercaya dapat mengatasi masalah ini, terutama pada uban yang belum menyebar. Teh hijau mengandung senyawa yang mengontrol produksi minyak dan seimbangkan pH di kulit kepala. Kandungan vitamin C, E, dan polifenol dalam teh basi juga dapat membantu memperoleh rambut sehat dan mengurangi pertumbuhan uban.

Belum ada produk herbal, suplemen, atau vitamin yang secara ilmiah terbukti dapat menghilangkan uban. Jika uban disebabkan oleh kondisi medis, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Manfaat Teh untuk Kecantikan

Selain cara menghilangkan uban, teh juga memiliki manfaat lain untuk kecantikan, antara lain:

1. Mengatasi rambut rontok

Kurangnya nutrisi dapat menyebabkan kerontokan rambut. Teh hijau mengandung vitamin B, C, dan E yang bermanfaat dalam mengatasi masalah ini.

2. Menjadi tabir surya alami

Senyawa epigallocatechin gallate dalam teh hijau dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

3. Mendinginkan kulit

Teh hijau memiliki sifat antiradang yang dapat mendinginkan kulit dan mencegah kanker kulit akibat sinar matahari. Namun, efek teh hijau pada kulit masih perlu diteliti lebih lanjut.

4. Mencegah penuaan dini pada kulit

Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam teh dapat melawan tanda-tanda penuaan kulit.

5. Mengatasi kantung mata

Kompres dingin dengan kantong teh dapat membantu mengurangi pembengkakan pada area mata.

6. Mengobati jerawat

Ekstrak teh dapat mengobati dan mencegah jerawat dengan mengurangi produksi sebum pada kelenjar minyak.

Informasi mengenai cara menghilangkan uban dengan ampas teh dan teh basi belum didasari oleh penelitian yang benar dan belum diakui oleh komunitas medis. Jika pertumbuhan uban tidak normal, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Usualnya, orang Asia mengalami pertumbuhan uban pada usia 30-an. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan uban, Anda dapat menggunakan cat rambut, tetapi perhatikan pemilihan produk dan hindari pewarnaan rambut terlalu sering karena rambut uban cenderung lebih kering.

Terakhir, teh memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, namun perlu adanya penelitian lanjutan untuk menguji keefektifan manfaat tersebut.

Jika Anda merasa pertumbuhan uban tidak normal, segera konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

About The Author

11 Menu Sahur Anak Kost yang Sehat & Praktis

Aceclofenac: Fungsi, Dosis, dan Aturan Pakai