Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Cara Merawat Mata yang Baik dan Mudah

Myles Bannister

Pentingnya Kesehatan Mata

Perawatan mata sangat penting. Cara menjaga kesehatan mata harus dipahami dan dipraktikan oleh setiap orang yang memiliki permasalahan mata maupun yang hanya sekadar merawat kesehatan mata.

Mata selalu digunakan dalam banyak aktivitas. Oleh karena itu, perawatan khusus diperlukan. Ada banyak cara merawat mata dengan baik, tetapi yang terpenting adalah memberikan istirahat pada mata kita dari rutinitas sehari-hari. Istirahat di sini tidak berarti saat kita sedang tidur.

Bayangkan setiap saat bekerja berjam-jam di depan komputer, menonton televisi, membaca buku, dan melakukan banyak aktivitas lainnya. Kita tidak menyadari seberapa beratnya beban kerja mata kita.

Mata adalah bagian terpenting dari panca indra. Meskipun Anda memiliki banyak waktu untuk tidak menonton televisi, membaca buku, atau duduk di depan komputer, mata tetap membutuhkan istirahat.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan mata agar tetap sehat dan tidak memperburuk kondisi penglihatan yang sudah buruk.

1. Hindari terlalu dekat dengan objek

Jangan terlalu dekat ketika menonton televisi, bermain game, atau membaca buku. Nonton televisi dengan layar lebar memang lebih menyenangkan, tetapi lebih tidak sehat terutama bagi mata anak-anak. Anak-anak yang sering menonton televisi terlalu dekat berisiko mengalami minus ketika dewasa. Jarak aman untuk menonton televisi adalah sekitar 2 meter untuk televisi dengan ukuran 14 inci. Untuk layar yang lebih lebar, jaraknya harus lebih jauh.

Saat bermain game, bermain Playstation, atau aktivitas lainnya, hindari terlalu dekat. Demikian juga ketika membaca, jangan letakkan buku terlalu dekat. Hal ini dapat membuat mata tegang dan lelah. Pastikan pencahayaan yang cukup saat membaca, dan sebaiknya jangan membaca saat tiduran.

2. Kurangi penggunaan gadget

Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu menggunakan komputer, televisi, atau bermain game. Jika pekerjaan Anda melibatkan penggunaan komputer sepanjang hari, usahakan untuk beristirahat setiap 30 menit atau satu jam, beranjak dari layar komputer, dan melakukan relaksasi atau berjalan-jalan selama 5 atau 10 menit. Selalu berkedip sering dan sesekali melihat ke luar ruangan agar mata tidak kering.

Gunakan monitor LCD (liquid crystal display) pada komputer Anda, karena penggunaan layar LCD cenderung lebih nyaman dan tidak membuat mata cepat lelah dibandingkan dengan monitor CRT (cathode ray tube). Pastikan pengaturan refresh rate pada monitor Anda tinggi.

Menonton televisi terlalu lama dapat membuat mata tegang dan lelah, serta radiasi dari layar televisi dapat berdampak negatif pada mata. Anak-anak yang terbiasa menonton televisi dan bermain game secara berlebihan berisiko mengalami minus pada mata mereka.

3. Jangan menggosok mata dengan kasar

Hindari menggosok mata dengan kasar dan berlebihan. Ketika mata terasa gatal atau terkena benda asing, kita cenderung menggosok atau mengucek mata. Lakukan dengan hati-hati, jangan terlalu kasar atau berlebihan.

4. Gunakan kacamata dan pelindung debu

Ketika beraktivitas di luar ruangan, seperti berada di jalan raya atau di area pabrik, gunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang memiliki kaca. Hindari debu masuk ke mata karena dapat menyebabkan infeksi dan masalah penglihatan.

Menggunakan kacamata tidak hanya untuk gaya, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan mata dengan melindungi dari sinar ultraviolet (UV). Sinar UV adalah penyebab utama pengerasan lensa, katarak, dan penurunan penglihatan karena kerusakan pada pusat retina.

Kacamata dengan lensa gelap dapat menyaring sinar UV hingga 100 persen saat berada di luar ruangan. Jika tidak ada kacamata, gunakan topi untuk mengurangi paparan sinar UV.

5. Konsumsi Vitamin A yang cukup

Makan makanan yang mengandung banyak Vitamin A. Untuk menjaga kesehatan mata, konsumsi makanan bernutrisi tinggi dan kaya Vitamin A. Wortel, alpukat, tomat, dan pepaya merupakan sayuran dan buah yang baik untuk kesehatan mata. Wortel mengandung beta karoten, suatu karotenoid yang membantu menjaga kesehatan mata. Labu kuning juga mengandung senyawa yang sama.

6. Konsumsi sayuran hijau

Konsumsi sayuran hijau tua seperti bayam, brokoli, atau sayuran lain yang mengandung lutein dan zeaxanthin. Kedua karotenoid ini diketahui dapat mengurangi risiko katarak dan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina. Usahakan mengonsumsi dua porsi sayuran tersebut setiap hari, misalnya satu porsi bayam saat makan siang dan satu porsi brokoli saat makan malam.

7. Cukupi asupan antioksidan

Konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan seperti berry, jeruk, plum, dan ceri. Makanan-makanan ini dapat membantu melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas (seperti sinar UV dan polusi) serta mengurangi risiko pengerasan lensa yang bisa menyebabkan katarak. Konsumsi minimal 2 porsi makanan yang mengandung antioksidan setiap hari.

8. Konsumsi asam lemak omega-3

Konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Bukti menunjukkan bahwa omega-3 dari ikan seperti salmon, halibut, dan tuna dapat melindungi saluran air mata, melindungi lensa mata, mengurangi mata kering, dan mencegah katarak. Konsumsilah ikan 2-3 porsi setiap minggu dan batasi konsumsi daging merah, karena bisa meningkatkan risiko gangguan mata pada usia tua.

9. Pertimbangkan mengonsumsi suplemen multivitamin

Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen multivitamin yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin antioksidan C dan E, vitamin B6 dan B12, beta karoten, serta mineral tembaga dan seng dapat memperlambat penurunan penglihatan serta risiko katarak akibat kerusakan pada pusat retina.

10. Kontrol gula darah dan kadar kolesterol

Upayakan untuk menjaga kadar glukosa darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol tetap dalam batas normal. Ini adalah langkah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan mata yang dapat Anda praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba!

Jika Anda telah mencoba beberapa cara menjaga kesehatan mata di atas namun keadaan mata Anda masih tetap sama atau bahkan memburuk, segera periksakan kondisi mata Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika Anda telah mencoba beberapa cara menjaga kesehatan mata di atas namun keadaan mata Anda masih tetap sama atau bahkan memburuk, segera periksakan kondisi mata Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

About The Author

Afasia: Penyakit Otak yang Mengakibatkan Kesulitan Berbicara

Koarktasio Aorta: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan