Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Penderita Diabetes Boleh Minum Susu: Apakah Diperbolehkan?

Myles Bannister

Susu adalah minuman yang kaya akan nutrisi penting bagi tubuh. Namun, bagi penderita diabetes, konsumsi susu harus dibatasi karena mengandung karbohidrat, gula, dan lemak. Namun, apakah penderita diabetes boleh minum susu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Bolehkah Penderita Diabetes Minum Susu?

Secara umum, penderita diabetes tipe 1 maupun tipe 2 diperbolehkan untuk mengonsumsi susu. Namun, jika Anda memiliki alergi terhadap susu atau adanya alasan medis yang diberikan oleh dokter, sebaiknya menghindari konsumsi susu.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi susu tinggi lemak dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Susu memiliki indeks glikemik (IG) rendah, berkisar antara 30-40. Ini berarti susu aman untuk penderita diabetes.

Meskipun demikian, setiap penderita diabetes memiliki kebutuhan dan respons yang unik terhadap makanan dan minuman. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kondisi diabetes Anda dan keamanan makanan dan minuman tertentu.

Jenis Susu yang Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Tidak semua jenis susu cocok untuk penderita diabetes. Berikut adalah beberapa tips memilih susu yang aman bagi penderita diabetes:

1. Susu Rendah Gula

Pilih susu yang rendah gula, seperti susu almond, susu unta, atau susu kedelai. Konsumsi susu dengan kandungan gula tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah dan resistensi insulin.

2. Susu Rendah Lemak

Pilih susu sapi yang makan rumput di padang rumput untuk mendapatkan susu rendah lemak. Susu kambing juga rendah lemak.

3. Susu dengan Kandungan Asam Lemak

Pilih susu sapi organik, karena mengandung asam lemak yang baik. Susu ini diberikan kepada sapi yang menjalani pemberian pakan alami dan bebas dari pupuk kimia, pestisida, hormon pertumbuhan, dan antibiotik.

4. Susu Tinggi Protein

Konsumsi susu yang tinggi protein dapat membantu mengontrol kadar gula darah setelah makan. Pilih susu nabati yang tinggi protein, seperti susu almond, kedelai, oat, quinoa, dan macadamia.

5. Susu Fermentasi

Susu fermentasi, seperti yogurt, dianggap baik bagi penderita diabetes tipe 2 karena mengandung bakteri probiotik yang dapat meningkatkan profil lipid darah dan status antioksidan.

Porsi Susu untuk Penderita Diabetes

Sebuah penelitian menyarankan penderita diabetes mengonsumsi 2-3 sajian produk susu setiap hari. Pilihan produk susu dapat berupa susu cair, yoghurt tanpa gula, atau mousse. Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya untuk memastikan keamanannya.

Pilih susu tanpa tambahan gula dan bisa memilih susu khusus untuk diabetes. Selain itu, beberapa orang mungkin membatasi asupan karbohidrat pada beberapa waktu tertentu dalam sehari karena lebih resisten terhadap insulin.

Referensi

  1. Nall, Rachel. 2018. What is the best milk for people with diabetes?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/311107. (Diakses pada 23 Desember 2022)
  2. Phipps, Mary E. Milk and Diabetes: All Your Questions Answered. https://www.milkandhoneynutrition.com/milk-and-diabetes-all-your-questions-answered/. (Diakses pada 23 Desember 2022)
  3. Whelan, Corey. 2022. What Are the Best Milk Options for People with Diabetes?. https://www.healthline.com/health/diabetes/best-milk-for-diabetics. (Diakses pada 23 Desember 2022)

About The Author

Kandungan Gizi Tahu dan Tempe yang Kaya

Ulkus Peptikum – Pengobatan Medis