Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Penderita Maag Dilarang Makan Nanas?

Myles Bannister

Dampak makan nanas bagi penderita maag

Buah dengan rasa asam dan manis ini bisa dikonsumsi langsung, dijadikan jus, hingga dijadikan campuran rujak. Di dalamnya juga mengandung nutrisi seperti vitamin C, serat, dan protein yang memenuhi kebutuhan tubuh. Akan tetapi, nanas bersifat asam dan dapat meningkatkan asam lambung. Selain itu, di dalam nanas terdapat enzim bromelain yang mempengaruhi dinding lambung.

Pada penderita maag kronis, mengonsumsi nanas dapat berdampak buruk terhadap kesehatan. Jika maag tidak terlalu parah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah boleh mengonsumsi nanas atau tidak. Jika diperbolehkan, sebaiknya tidak berlebihan mengonsumsi nanas dan memakannya saat perut sudah terisi.

Pantangan penderita maag

Penderita maag sebaiknya menghindari atau mengurangi makanan yang dapat menyebabkan gejala penyakit.

Berikut adalah beberapa pantangan bagi penderita maag:

Susu

Susu sebaiknya tidak sembarangan dikonsumsi oleh penderita maag karena tinggi kandungan lemaknya. Kadar lemak tinggi dapat membuat pencernaan lambat dan meningkatkan produksi asam lambung. Penderita maag kronis sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memilih susu yang tepat.

Kopi dan minuman berkafein lainnya

Kopi dan minuman berkafein lainnya sebaiknya tidak sembarangan dikonsumsi oleh penderita maag. Kafein dapat meningkatkan produksi asam lambung dan menyebabkan iritasi pada dinding lambung yang memicu maag.

Makanan berlemak dan pedas

Makanan pedas dan berlemak dapat meningkatkan produksi asam lambung dan menyebabkan gejala maag. Sebaiknya menghindari jenis makanan ini.

Makanan sulit dicerna

Daging olahan, kue, dan makanan tinggi lemak sulit dicerna dan dapat meningkatkan produksi asam lambung. Penderita maag sebaiknya membatasi konsumsi makanan ini.

Makanan tinggi kandungan gas

Makanan dengan kandungan gas tinggi seperti sawi, kol, buah nangka, minuman bersoda, dan beberapa jenis buah kering sebaiknya tidak dikonsumsi penderita maag karena dapat meningkatkan produksi asam lambung dan gejala penyakit.

Daging merah

Penderita maag dapat mengonsumsi daging merah, namun perlu membatasi porsi dan memperhatikan cara pengolahannya. Daging merah membutuhkan waktu lama untuk dicerna dan penambahan tepung, penggorengan, atau penggunaan santan dapat meningkatkan kadar lemak yang sulit dicerna oleh tubuh.

Alkohol

Alkohol dapat mengiritasi lambung dan memperparah kondisi maag. Penderita maag sebaiknya menghindarinya.

Alkohol dapat mengiritasi lambung dan memperparah kondisi maag. Penderita maag sebaiknya menghindarinya.

About The Author

Williams Syndrome: Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi

Penyakit Creutzfeldt-Jakob (Sapi Gila)