Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Penderita Kolesterol Tinggi Tak Boleh Makan Nasi Putih?

Myles Bannister

Dampak makan nasi putih bagi penderita kolesterol tinggi

Jika mengonsumsi nasi putih sebanyak 100 gram, akan mendapatkan karbohidrat sekitar 28 gram dan lemak sebanyak 0,3 gram, namun khusus untuk kandungan kolesterol, tidak akan mendapatkannya sama sekali.

Hanya saja, di dalam nasi terdapat karbohidrat dengan jenis refined grain, karbohidrat yang sudah diolah dalam proses yang cukup lama sehingga kandungan seratnya cenderung rendah. Hal ini berarti, nasi putih cenderung sangat mudah dicerna. Karena alasan inilah segera merakasan sensasi kenyang dan tubuh lebih berenergi setelah makan nasi.

Sayangnya, tidak semua karbohidrat dari dalam nasi akan diolah menjadi energi, apalagi jika termasuk dalam orang yang kurang gerak atau memang lebih sering melakukan aktivitas dalam posisi duduk. Hal ini akan membuat karbohidrat yang tidak terpakai justru akan diubah menjadi trigliserida, salah satu jenis lemak yang bisa ditemukan di dalam darah.

Melihat fakta ini, konsumsi nasi putih yang berlebihan bagi penderita kolesterol tinggi bisa membuat kadar trigliserida ikut naik, apalagi jika mereka juga malas bergerak. Dampaknya tentu akan memperburuk masalah kesehatan tersebut.

Selain nasi putih, beberapa jenis makanan yang sebaiknya dibatasi konsumsinya oleh penderita kolesterol tinggi adalah makanan yang terbuat dari bahan terigu seperti biskuit dan roti putih. Meskipun bisa mengenyangkan dan sangat nikmat, dalam realitanya makanan-makanan tersebut bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi penderita kolesterol tinggi.

Penderita kolesterol tinggi harus cermat dalam mengonsumsi makanan berkarbohidrat

Lantas, apakah penderita kolesterol tinggi tidak boleh makan nasi? Sebenarnya, mereka masih boleh mengonsumsinya, namun pastikan bahwa konsumsinya tidak dilakukan dengan berlebihan dan sebaiknya meminta saran ke dokter terlebih dahulu demi mendapatkan saran tentang porsi makan nasi yang tepat. Selain itu, mereka juga disarankan untuk lebih cermat dalam memilih makanan berkarbohidrat lainnya.

Sebagai contoh, alih-alih mengonsumsi makanan berkarbohidrat dengan jenis refined grain, sebaiknya mereka memilih makanan dengan karbohidrat berjenis whole grain. Makanan-makanan ini biasanya tinggi kandungan serat dan vitamin sehingga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, makanan ini juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Beberapa jenis makanan whole grain yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi putih adalah beras merah, cokelat, atau hitam, roti gandum, barley, quinoa, dan oat.

Seberapa banyak karbohidrat whole grain yang bisa dikonsumsi penderita kolesterol tinggi?

Pakar kesehatan menyarankan penderita kolesterol tinggi untuk mengonsumsi makanan dengan berkarbohidrat whole grain sebanyak 100 gram untuk laki-laki, dan 85 gram untuk perempuan. Porsi ini berlaku untuk setiap kali makan. Selain itu, mereka juga bisa menambahkan sayuran atau buah-buahan segar sebagai pelengkap sekaligus menambah nutrisi harian.

Beberapa jenis sayuran yang juga bisa menyediakan kandungan karbohidrat yang sehat layaknya kentang, jagung, serta ubi juga bisa dijadikan pilihan lainnya. Hanya saja, pastikan untuk mengolahnya dengan tepat, bukannya menggorengnya atau membakarnya karena bisa jadi akan membuat makanan ini kurang baik bagi kadar kolesterol tubuh.

Melihat fakta ini, penderita kolesterol tinggi memang sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi nasi putih demi menjaga kondisi kesehatannya dan mencegah datangnya komplikasi.

Melihat fakta ini, penderita kolesterol tinggi memang sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi nasi putih demi menjaga kondisi kesehatannya dan mencegah datangnya komplikasi.

About The Author

Limpa – Fungsi, Penyakit, dan Gejala

Timolol: Fungsi, Dosis, Aturan Pakai, dll