Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

5 Tips Mudik Aman dan Nyaman untuk Ibu hamil

Myles Bannister

Perjalanan mudik saat hamil memiliki risiko yang dapat membahayakan janin. Namun, ibu hamil tetap dapat melakukan mudik dengan memperhatikan beberapa hal agar tetap aman dan sehat. Berikut adalah tips mudik saat hamil:

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil Sebelum Mudik

Sebelum mudik, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

1. Konsultasi dengan Dokter

Konsultasikan tujuan perjalanan dan kendaraan yang akan digunakan pada dokter kandungan setidaknya satu bulan sebelumnya. Dokter akan memberikan saran dan mungkin memberikan obat-obatan yang perlu disiapkan sebelum mudik.

2. Siapkan Perlengkapan Kesehatan

Bawa obat-obatan yang mungkin dibutuhkan selama mudik seperti vitamin hamil, obat diare, minyak kayu putih, dan obat pereda mual.

3. Hindari Perjalanan pada Minggu ke-37

Ibu hamil dengan komplikasi kehamilan dan faktor risiko persalinan prematur sebaiknya tidak melakukan perjalanan pada minggu ke-37. Faktor risiko meliputi penyakit jantung, anemia berat, dan penyakit pernapasan.

Tips Mudik yang Aman saat Hamil

Inilah beberapa hal yang perlu dilakukan ibu hamil saat mudik agar tetap aman dan sehat:

1. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Gunakan pakaian yang nyaman agar perjalanan lebih nyaman dan maksimal.

2. Pakai Sabuk Pengaman

Memasang sabuk pengaman saat menggunakan mobil untuk menjaga keamanan. Pastikan posisi tali menyilang di depan dada dan sabuk tidak menekan perut.

3. Ambil Waktu Istirahat

Ambil waktu istirahat selama perjalanan berjam-jam untuk menghindari kaki bengkak dan rasa tidak nyaman. Berjalan di lorong setiap 30 menit saat menggunakan kapal, kereta, atau pesawat.

4. Hindari Penggunaan Obat Tertentu

Minumlah obat berhati-hati karena beberapa jenis dapat merusak bayi. Hindari obat bebas kecuali disarankan oleh dokter kandungan.

5. Waspada Terhadap Jajanan yang Dikonsumsi

Jika ragu dengan makanan atau minuman di tempat peristirahatan, bawalah makanan dan minuman sendiri untuk mencegah keracunan dan infeksi.

Waktu paling aman untuk melakukan perjalanan adalah selama trimester kedua, asalkan tidak ada komplikasi. Tetap konsultasikan dengan dokter jika kehamilan memiliki risiko tinggi.

Referensi

  1. Anonim. 2022. Pregnant Travelers. https://wwwnc.cdc.gov/travel/page/pregnant-travelers. (Diakses pada 23 Maret 2023).
  2. Anonim. 2022. Travelling in pregnancy. https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/travelling/. (Diakses pada 23 Maret 2023).
  3. Anonim. Pregnancy and travel. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/pregnancy-and-travel. (Diakses pada 23 Maret 2023).

About The Author

Buah Naga Bisa Atasi Sembelit?

Obat Flu yang Aman untuk Ibu Hamil, Medis dan Alami