Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Apakah Mi Instan Bisa Menyebabkan Radang Usus Buntu?

Myles Bannister

Kaitan Mie Instan dengan Radang Usus Buntu

Sebuah video yang diunggah di Facebook pada Senin, 11 November 2019, menampilkan tangan seseorang yang diduga sebagai dokter yang mengeluarkan sesuatu yang disebut sebagai mie dari benda yang merupakan usus pasien. Pengunggah video ini mengklaim bahwa hal ini disebabkan oleh kebiasaan makan mie instan yang terlalu sering.

Pakar kesehatan menyebut anggapan bahwa kebiasaan makan mie instan yang terlalu sering bisa menyebabkan radang usus buntu tidaklah benar. Meskipun begitu, pakar kesehatan memang tidak menyarankan konsumsi mie instan secara berlebihan karena kurangnya gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengonsumsi mie instan secara berlebihan juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan tekanan darah tinggi akibat tingginya kadar natrium di dalamnya.

Video tersebut sebenarnya telah dibantah oleh Society of American Gastrointestinal and Endoscopic Surgeons. Isi yang keluar bukanlah mie instan, tetapi cacing parasit jenis ascaris. Cacing ini dapat berkembang biak di dalam usus.

Menurut Organisasi Kesehatan PBB (WHO), infeksi cacing seringkali terjadi akibat konsumsi makanan atau minuman yang belum matang dan bisa saja mengandung telur cacing tersebut.

Berbagai Penyebab Radang Usus Buntu

Pakar kesehatan menyebut beberapa faktor yang dapat menyebabkan radang usus buntu.

Berikut adalah beberapa penyebab tersebut.

Kotoran yang Terus Menumpuk

Penyebab paling umum dari radang usus buntu adalah sembelit yang menyebabkan penumpukan kotoran di perut. Kotoran ini dapat menyebabkan infeksi bakteri yang pada akhirnya menyebabkan radang usus buntu. Oleh karena itu, penting untuk segera mengatasi masalah sembelit dan kesulitan buang air besar untuk mencegah terjadinya kondisi ini.

Infeksi pada Saluran Pencernaan

Infeksi di saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, atau parasit seperti cacing juga dapat menyebabkan radang usus buntu. Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman untuk mencegah masuknya berbagai patogen tersebut ke dalam tubuh.

Di beberapa kasus, radang usus buntu juga dapat dipicu oleh iritasi atau bisul di saluran pencernaan.

Cedera atau Trauma

Cedera atau trauma pada bagian pencernaan seperti usus buntu dapat menyebabkan peradangan pada organ ini. Misalnya, kecelakaan atau luka tusuk dapat menjadi penyebabnya.

Penyelundupan Benda Asing

Jika tidak sengaja menelan benda asing yang berpotensi menyebabkan cedera atau infeksi di saluran pencernaan, hal ini juga dapat menyebabkan radang usus buntu.

Polusi Udara

Penelitian yang dipublikasikan dalam Environmental Health Perspective pada tahun 2013 menunjukkan bahwa paparan polusi udara dapat meningkatkan risiko terkena radang usus buntu.

Kurang Asupan Serat

Penelitian di Yunani melibatkan sekitar 2.000 anak-anak menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan rendah serat memiliki risiko lebih tinggi untuk radang usus buntu dibandingkan dengan anak-anak yang mengonsumsi serat secukupnya. Perbedaan risiko ini bahkan mencapai 30 persen!

Sumber:

  1. Anwar, Firdaus. 2019. Beredar Video Usus Buntu Karena Kebanyakan Makan Mi Instan, Ini Faktanya. /health.detik.com/berita-detikhealth/d-4787559/beredar-video-usus-buntu-karena-kebanyakan-makan-mi-instan-ini-faktanya. (Diakses pada 17 November 2019).

About The Author

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Paling Aman (Medis dan Alami)

16 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh, Yuk Gowes