Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Jangan Makan Mie Instan Saat Asam Lambung Naik

Myles Bannister

Sebaiknya Menghindari Mie Instan Saat Sedang Terkena Maag

Pakar kesehatan menyebut mie instan diolah dengan cara yang unik, yakni digoreng hingga kadar air di dalamnya benar-benar menghilang. Karena alasan inilah mie instan mentah terlihat seperti kerupuk kering yang sangat renyah. Masalahnya adalah proses pengolahan ini bisa membuat mie instan memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi.

Saluran pencernaan mengalami kesulitan dalam mengolah makanan dengan kadar lemak yang tinggi. Proses pengolahannya bisa berlangsung lama, meningkatkan produksi asam lambung saat maag menyerang. Makan mie instan bisa memperparah gejala penyakit ini.

Mie instan juga termasuk makanan dengan kadar sodium tinggi, terutama pada bumbunya yang menentukan rasa. Kadar sodium bisa mencapai 50-60 persen dari kebutuhan harian. Konsumsi berlebihan mie instan dapat mempengaruhi tekanan darah dan keseimbangan cairan tubuh.

Tips Sehat Mengonsumsi Makanan Saat Maag Menyerang

Banyak orang mengalami dilema saat maag atau asam lambung tinggi menyerang. Perut terasa tidak nyaman, tetapi makan sembarangan dapat membuat gejala maag menjadi parah.

Berikut beberapa tips makan sehat saat maag menyerang.

Konsumsilah Makanan dengan Tekstur yang Lunak

Pakar kesehatan menyarankan konsumsi makanan lunak saat maag menyerang, seperti bubur, telur rebus, kentang rebus yang ditumbuk, dan lain-lain. Makanan ini tidak membutuhkan waktu lama atau usaha ekstra untuk diolah sehingga memberikan kesempatan saluran pencernaan memulihkan diri dari kondisi maag.

Menghindari Makanan Berlemak

Sebaiknya menghindari makanan tinggi lemak saat maag menyerang. Selain mie instan, hindari produk susu, makanan cepat saji, keripik, atau gorengan untuk sementara waktu. Konsumsi berlebihan makanan berlemak dapat memperparah masalah asam lambung dan ketidaknyamanan perut.

Menghindari Makanan Pedas

Banyak orang di Indonesia suka makan makanan pedas karena rasanya yang nikmat dan mantap. Namun, mengonsumsi makanan pedas saat maag menyerang dapat meningkatkan risiko iritasi saluran pencernaan dan memperparah kondisi kesehatan.

Mengurangi konsumsi cabai, merica, paprika, dan bawang saat maag menyerang.

Menghindari Minuman Berkafein

Tidak disarankan mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, minuman bersoda, atau minuman energi saat maag menyerang. Hal ini dapat meningkatkan produksi gas di dalam perut dan memperparah gejala maag. Risiko kram perut dan diare juga akan meningkat.

Makan Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik yang dapat memperbaiki kondisi saluran pencernaan, terutama usus, dan meredakan gejala maag.

Sumber:

  1. Sulaeman Suherni, 2017. Ini Alasan Tak Boleh Makan Mi Instan Saat Mag.detik.com/berita-detikhealth/d-3724950/ini-alasan-tak-boleh-makan-mi-instan-saat-mag. (Diakses pada 20 Oktober 2019).

About The Author

Urea Breath Test (UBT): Tujuan, Prosedur, hingga Efek Samping

11 Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Mudah