Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Penderita Maag Tidak Boleh Makan Jeruk?

Myles Bannister

Penyebab datangnya maag

Pakar kesehatan menyebut maag sebagai masalah kesehatan yang bisa muncul akibat makanan yang kita konsumsi. Makanan ini akan memberikan efek buruk pada kerongkongan dan lambung sehingga memicu kenaikan asam lambung. Hal ini membuat kita mengalami sensasi terbakar pada ulu hati atau dada.

Beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan maag adalah makanan berlemak, makanan pedas, cokelat, dan makanan asam. Sedangkan minuman yang bisa memicunya adalah minuman beralkohol dan minuman berkafein seperti kopi.

Apakah jeruk bisa menyebabkan gejala maag?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, makanan bersifat asam bisa menyebabkan gejala maag. Jeruk termasuk dalam buah dengan sifat asam, sehingga mengonsumsinya bisa membuat kita lebih rentan terkena gejala maag. Namun, jeruk masih boleh dikonsumsi jika kondisi maag tidak begitu parah dengan membatasi porsi atau frekuensi konsumsi. Selain itu, makan dengan porsi kecil namun frekuensi lebih banyak, serta menghindari tiduran setelah makan, dapat membantu mencegah datangnya maag.

Tomat juga sebaiknya tidak sembarangan dikonsumsi oleh penderita maag karena sifatnya yang merangsang produksi asam lambung.

Jenis buah yang boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung

Selain buah sitrus seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis, kita masih boleh mengonsumsi buah lain yang aman untuk kondisi maag atau asam lambung yang diderita.

Berikut adalah beberapa jenis buah tersebut.

Pisang

Pisang memiliki kadar keasaman yang rendah dan mengandung kalium, serat, vitamin C, fitonutrien, serta antioksidan. Mengonsumsi pisang dapat meredakan gejala asam lambung tinggi dan menenangkan saluran pencernaan.

Apel

Apel kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B12, kalsium, magnesium, dan zat besi. Mengonsumsi apel dapat menurunkan asam lambung dan menenangkan saluran pencernaan.

Semangka

Semangka kaya akan vitamin A, vitamin C, antioksidan, asam amino, dan air. Mengonsumsi semangka dapat membantu menenangkan saluran pencernaan dan meredakan masalah asam lambung.

Buah lainnya

Buah pepaya, melon, pir, dan persik juga aman untuk dikonsumsi penderita asam lambung.

Buah pepaya, melon, pir, dan persik juga aman untuk dikonsumsi penderita asam lambung.

About The Author

Cara Mengobati Penyakit Komplikasi Secara Alami

Manfaat Masturbasi untuk Menurunkan Stres pada Pria