Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Jangan Panik, 7 Pertolongan Pertama saat Tersedak

Myles Bannister

Tersedak makanan atau benda asing adalah kondisi berbahaya yang dapat menyebabkan sesak napas hingga kematian. Penting untuk mengetahui cara mengatasi tersedak untuk diri sendiri maupun orang lain. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Tersedak

Tersedak dapat diatasi dengan melakukan pertolongan pertama yang tepat. Cara mengatasi tersedak adalah sebagai berikut:

1. Tetap Tenang

Ketika tersedak, tetaplah tenang untuk mengontrol diri. Kepanikan justru bisa membuat kondisi semakin parah. Tindakan panik dapat membuat makanan yang tersangkut semakin sulit dikeluarkan atau ditelan.

2. Desak untuk Batuk

Jika jalan napas hanya sebagian tersumbat, cobalah untuk batuk agar penyumbatan dapat teratasi. Paksakan batuk terus menerus untuk membersihkan tenggorokan. Jangan memasukkan jari ke dalam mulut karena bisa mendapat gigitan yang tidak disengaja.

3. Menepuk Punggung

Ketika tersedak, lakukan teknik heimlich maneuver dengan menepuk punggung. Berdiri atau duduk tegak dan minta bantuan seseorang untuk menepuk punggung. Tekanan dari belakang dapat membuat benda yang tersangkut keluar atau dimuntahkan. Jika cara ini tidak berhasil, segera bawa ke rumah sakit.

4. Menekan Perut

Jika tersedak parah dan tidak bisa berbicara atau bernapas, lakukan tekanan perut untuk membantu mengeluarkan benda yang menyumbat. Berdiri di belakang dan topang dada dengan kedua tangan, kemudian tekan perut ke dalam dan ke atas. Ulangi langkah ini sampai benda keluar.

5. Berikan CPR Jika Diperlukan

Jika benda asing berhasil dikeluarkan, tetapi orang tersebut tidak bernapas atau tidak sadarkan diri, berikan CPR atau RJP. Miringkan kepala, angkat dagu, berikan dua napas penyelamatan, lalu tekan dada dengan kecepatan minimal 100 kali per menit. Lakukan siklus ini hingga korban sadar kembali.

6. Mengeluarkan Sumbatan Menggunakan Jari

Jika Anda dapat melihat benda yang menyumbat di tenggorokan, coba jangkau dengan jari. Lakukan langkah ini hati-hati, jangan tekan sumbatan lebih dalam. Jangan coba-coba jika penyumbatan tidak terlihat.

7. Hubungi Nomor Darurat Medis

Jika benda asing masih menyumbat jalan napas dan orang tersebut masih tidak sadarkan diri, segera hubungi nomor darurat medis untuk mendatangkan ambulans. Nomor gawat darurat medis adalah 118 atau 119. Sambil menunggu bantuan, lakukan CPR.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, Teman Sehat!

Referensi

  1. Anonim. 2022. Choking Treatment. https://www.webmd.com/first-aid/choking-treatment. (Diakses pada 24 Oktober 2022)
  2. Anonim. 2022. Choking: First aid. https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid-choking/basics/art-20056637. (Diakses pada 24 Oktober 2022)
  3. Anonim. 2022. What should I do if someone is choking?. https://www.nhs.uk/common-health-questions/accidents-first-aid-and-treatments/what-should-i-do-if-someone-is-choking/. (Diakses pada 24 Oktober 2022)
  4. Anonim. 2021. First Aid for Choking Adults: Causes, Symptoms and How to Treat Choking Adults. https://www.mhg.sg/first-aid-for-choking-adults/. (Diakses pada 24 Oktober 2022)

About The Author

Jenis Tes Darah untuk Ibu Hamil

10 Fakta Menarik tentang Air Mineral yang Harus Anda Ketahui