Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Cara Menghilangkan Bulu di Wajah (Temporer hingga Permanen)

Myles Bannister

Menghilangkan bulu di wajah masih menjadi masalah yang umum terjadi pada pria dan wanita. Berbagai metode dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini, mulai dari yang sederhana hingga teknik khusus agar bulu tidak tumbuh kembali.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda coba:

1. Mencukur

Mencukur adalah cara yang paling mudah namun berlangsung hanya sementara. Meskipun efektif dalam menghilangkan bulu, bulu akan tumbuh kembali secara cepat. Pisau cukur yang dirancang khusus dapat digunakan untuk mencukur wajah, baik dalam keadaan kering maupun basah.

2. Mencabut Bulu

Cara ini membutuhkan waktu lebih lama dan lebih sakit. Anda dapat menggunakan pinset untuk mencabut bulu dari akarnya. Metode ini umumnya digunakan untuk menghilangkan bulu halus di sekitar alis. Setelah mencabut bulu, bilas area tersebut dengan air dingin atau larutan astringent untuk mencegah iritasi kulit.

3. Waxing

Waxing adalah metode yang menghilangkan bulu dari akar dengan menggunakan lilin cair. Namun, perlu berhati-hati saat menggunakan metode ini terutama pada area kulit yang sensitif. Jangan menggunakan waxing jika memiliki tahi lalat, kutil, kulit terbakar sinar matahari, atau kondisi varises. Selain itu, pastikan untuk mengikuti prosedur berikut:

  • Hindari menggunakan produk retinol 2-5 hari sebelum waxing wajah.
  • Cuci dan keringkan wajah sebelum melakukan waxing.
  • Uji suhu lilin pada pergelangan tangan.
  • Oleskan lilin ke area yang ingin dicabut bulunya.
  • Tekan kain strip pada area tersebut dan biarkan beberapa detik.
  • Tarik kain strip dengan cepat berlawanan arah dengan pertumbuhan bulu.
  • Gunakan kompres dingin pada area tersebut untuk meredakan rasa sakit setelah waxing.

Jika terjadi pembengkakan atau kemerahan yang berlangsung beberapa hari, hentikan penggunaan metode ini.

4. Menggunakan Epilator

Epilator adalah alat yang dapat digunakan untuk menghilangkan bulu dari akarnya dengan menggunakan pinset berputar. Gunakan epilator ukuran kecil untuk menghilangkan bulu di wajah atau area kecil lainnya. Sebelum menggunakan alat ini, perhatikan petunjuk penggunaan yang disediakan.

5. Menggunakan Krim Depilatori

Krim depilatori mengandung bahan kimia untuk menghilangkan bulu di wajah. Sebelum menggunakannya, lakukan uji coba pada area kulit lain untuk menghindari iritasi. Hindari penggunaan krim di sekitar mata atau alis dan jangan gunakan krim jika memiliki kulit yang sangat sensitif, terbakar sinar matahari, meradang, atau pecah-pecah. Jika terjadi iritasi saat menggunakan krim, hentikan penggunaannya.

6. Threading

Threading adalah teknik yang menggunakan benang untuk merapikan alis dan menghilangkan bulu di wajah. Teknik ini tidak hanya dapat merapiakan alis, tetapi juga menghilangkan bulu. Meskipun prosedur ini cukup sakit, metode ini lebih tahan lama dan tidak menyebabkan rambut tumbuh ke dalam. Threading sebaiknya dilakukan oleh tenaga profesional.

7. Resep Obat Topikal

Eflornithine atau Vaniqa adalah krim yang digunakan untuk mengurangi pertumbuhan bulu di wajah pada wanita. Gunakan krim ini secara teratur selama periode tertentu. Perlu diingat bahwa krim ini tidak menghilangkan bulu secara permanen. Jika Anda berhenti menggunakannya, bulu akan tumbuh kembali. Jika Anda mengalami reaksi alergi seperti kulit kemerahan, ruam, gatal, atau sensasi kesemutan, hentikan penggunaan krim ini.

8. Coil Hair Removers

Coil hair removers adalah alat berbentuk lilitan logam yang digunakan untuk menghilangkan bulu di wajah. Gunakan alat ini dengan memelintir logam pada area yang ingin Anda bersihkan dari bulu.

9. Laser Hair Removal

Laser hair removal adalah metode yang menggunakan teknologi cahaya untuk menonaktifkan folikel rambut. Metode ini cepat dan tidak menyakitkan. Namun, perlu beberapa kali perawatan untuk hasil yang maksimal.

10. Electrolysis

Electrolysis adalah metode yang menghilangkan bulu secara permanen. Metode ini memasukkan jarum kecil ke dalam folikel rambut dan mengambil rambut tersebut menggunakan jarum. Metode ini merupakan metode yang paling mahal.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bulu di wajah.

Referensi

  1. Higuera, Valencia. 2018. How to Remove Facial Hair. https://www.healthline.com/health/how-to-remove-facial-hair#shaving. (Diakses pada 27 Mei 2020).
  2. Torres, Naomi. 2020. 10 Ways to Remove Facial Hair For Smooth Skin. https://www.byrdie.com/how-to-remove-facial-hair-on-women-1717122. (Diakses pada 27 Mei 2020).
  3. Sissons, Beth. 2019. Best ways to remove facial hair at home. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325023. (Diakses pada 27 Mei 2020).

About The Author

Benarkah Es Krim Sebabkan Batuk?

Kesalahan yang Menyebabkan Diet Intermitten Fasting Gagal