Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Kelelahan dan Keguguran: Apa yang Harus Kamu Tahu?

Myles Bannister

Bagi sebagian wanita hamil, keguguran adalah mimpi buruk yang seringkali dihindari. Meskipun penyebab pasti keguguran belum diketahui dengan pasti, ada beberapa faktor yang dapat memicu kejadian tersebut. Lalu, apakah kelelahan bisa menjadi penyebab keguguran? Berikut penjelasan lengkapnya.

Fakta tentang Kelelahan dan Keguguran

Meskipun sedang hamil, banyak ibu yang memilih untuk tetap aktif seperti biasanya. Akan tetapi, penting bagi ibu hamil untuk membatasi aktivitas sehari-hari, terutama jika mereka bekerja. Pasalnya, kelelahan saat hamil dapat berdampak negatif pada kesehatan ibu dan janin.

Kelelahan ternyata berpotensi menyebabkan masalah pada kehamilan. Bahkan, keadaan ini diketahui bisa memicu keguguran. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita hamil yang menjalankan shift malam dua kali atau lebih memiliki risiko keguguran 32% lebih tinggi dibandingkan dengan wanita hamil yang tidak bekerja shift malam.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa wanita hamil yang melakukan olahraga berat memiliki risiko keguguran 3,5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan wanita hamil yang tidak melakukan olahraga berat sama sekali.

Temuan ini didapatkan setelah melibatkan lebih dari 22.000 wanita hamil yang bekerja shift malam dalam survei yang dilakukan selama 8 minggu.

Meski demikian, penting untuk dicatat bahwa kelelahan tidak selalu menjadi satu-satunya penyebab keguguran. Ada banyak faktor lain yang perlu diperhatikan.

Penyebab Kelelahan saat Hamil

Kelelahan adalah hal yang umum dialami oleh ibu hamil, terutama pada trimester pertama kehamilan. Hal ini disebabkan oleh perubahan besar yang terjadi pada tubuh ibu.

Beberapa perubahan pada tubuh ibu hamil yang dapat menyebabkan kelelahan antara lain:

  • Peningkatan hormon, seperti hormon progesteron
  • Peningkatan aliran darah untuk mendukung pertumbuhan janin
  • Penurunan kadar gula darah
  • Gangguan tidur
  • Mual

Kelelahan biasanya hilang pada trimester kedua kehamilan. Namun, beberapa keluhan kelelahan mungkin kembali terasa ketika memasuki minggu-minggu terakhir kehamilan.

Pada trimester ketiga, kelelahan dapat disebabkan oleh peningkatan ukuran janin yang memberikan tekanan ekstra pada tubuh ibu, sering buang air kecil di malam hari yang mengganggu tidur, serta kesulitan mencari posisi tidur yang nyaman.

Cara Mencegah Kelelahan pada Ibu Hamil

Kelelahan bukanlah penyebab pasti keguguran, namun tetaplah waspada terhadap kondisi ini. Sebab, kelelahan saat hamil dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan lain seperti gangguan tiroid atau anemia.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kelelahan pada ibu hamil:

1. Istirahat yang Cukup

Kelelahan seringkali disebabkan oleh gangguan tidur. Untuk mengatasi hal ini, usahakan untuk menjaga pola tidur yang baik dan konsisten setiap hari. Jangan lupakan pula menciptakan lingkungan tidur yang nyaman dan hindari aktivitas berat serta konsumsi kafein sebelum tidur.

2. Cukup Cairan Tubuh

Mengonsumsi cukup air putih sangat penting untuk mencegah kelelahan selama kehamilan. Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan janin serta mengatasi kelelahan di trimester awal kehamilan.

3. Rajin Berolahraga

Tidak harus menghindari aktivitas sepenuhnya saat hamil, ibu hamil dianjurkan tetap berolahraga. Olahraga dapat membantu meningkatkan energi sehari-hari. Namun, pastikan untuk memilih jenis olahraga yang aman saat hamil.

4. Asupan Makanan yang Cukup

Asupan makanan yang seimbang dan memadai sangat penting selama kehamilan. Pastikan Anda memilih makanan yang sehat dan mencukupi kebutuhan kalori harian Anda.

5. Makan dalam Porsi Kecil

Mual dan muntah adalah gejala umum di trimester pertama kehamilan. Untuk memenuhi nutrisi selama kehamilan, pastikan Anda tetap makan. Saat ingin mual mengganggu, cobalah untuk makan dalam porsi kecil tetapi sering. Hindari makan terlalu banyak atau terlalu cepat, karena kebiasaan ini dapat menyebabkan kelelahan.

Nah, itulah beberapa fakta seputar kelelahan dan keguguran. Jika Anda memiliki kekhawatiran terkait kesehatan janin, segera konsultasikan dengan dokter kandungan untuk mendapatkan informasi dan saran yang akurat mengenai cara menjaga kesehatan kehamilan Anda.

Referensi

  1. Miscarriage
  2. Pregnancy Nutrition
  3. Sleep Hygiene
  4. What Is Pregnancy Fatigue? Causes And How To Combat It
  5. Can Lack of Sleep Increase the Risk of Miscarriage?

About The Author

Konsumsi Bawang Putih Turunkan Risiko Kanker Paru-paru, Benarkah?

7 Cara Menjaga Penis dari Disfungsi Ereksi