Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah

Myles Bannister

Jenis Bekas Jerawat

Sebelum beralih ke cara menghilangkan bopeng di wajah, kenali jenis bekas jerawat yang dapat muncul. Berbeda jenis jerawat dapat menimbulkan bekas jerawat yang berbeda. Selain itu, bekas jerawat juga dipengaruhi oleh karakter kulit seseorang.

Dilansir dari Health Line, bekas jerawat terdiri dari beberapa jenis, yaitu hypertrophic, dark spot, dan atrophic.

1. Hypertrophic scar

Hypertrophic adalah bekas luka yang berada di atas permukaan kulit dan diakibatkan oleh terlalu banyak kolagen selama penyembuhan luka. Hypertrophic scar biasanya muncul pada pemilik kulit yang memiliki bakat keloid.

2. Dark Spot

Dark spot bukan merupakan scar, hanya terjadi perubahan warna pigem kulit pada lokasi bekas jerawat. Titik gelap ini bisa memiliki warna merah, ungu, maupun coklat gelap. Bekas jerawat jenis ini dapat hilang dalam waktu beberapa bulan.

3. Atrophic scar

Jenis yang terakhir adalah atrophic atau yang dikenal juga dengan bopeng. Atrophic scar adalah kebalikan dari hypertophic scar, karena terbentuk akibat kekurangan kolagen selama penyembuhan. Tipe atrophic scar dibedakan menjadi 3 berdasarkan bentuknya:

Ice pick

Ice pick adalah scar berbentuk V yang sempit, tapi cukup dalam. Bentuk bekas jerawat ini bisa terlihat sebagai lubang kecil berbentuk bulat atau oval di atas permukaan kulit. Bekas luka ini sulit untuk diobati cukup dalam di bawah permukaan kulit.

Rolling

Bentuk atrophic scar yang kedua disebut rolling. Tipe rolling lebih memiliki bentuk yang melebar, namun tidak terlalu dalam. Bekas luka ini biasanya memiliki tepi bulan dan penampilannya tidak teratur dan bergulir.

Boxcar

Boxcar adalah bekas luka lebar dengan bentuk U dan memiliki tepi ang tajam. Bentuk ini bisa memiliki permukaan yang dangkal maupun dalam. Umumnya boxcar terbentuk karena luka bekas cacar, tapi juga bisa akibat jerawat.

Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah

Perawatan bopeng jerawat berbeda-beda tergantung jenis bekas jerawat. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bopeng di wajah:

1. Mikrodermabrasi

Cara pertama adalah dengan prosedur mikrodermabrasi. Metode ini menggunakan butiran kristal mikro untuk mengangkat lapisan terluar kulit, merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru, dan mendorong produksi kolagen.

Prosedur ini tidak membutuhkan anestesi dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam. Selain menghilangkan bopeng wajah, cara ini juga bisa menghilangkan stretch marks, meratakan warna dan tekstur kulit, hingga menyamarkan tanda penuaan.

2. Dermabrasi

Metode dermabrasi menggunakan sikat kawat atau roda untuk mengelupaskan lapisan kulit lebih dalam. Perawatan ini efektif untuk menghilangkan bopeng jenis boxcar dan rolling, sedangkan untuk jenis ice pick kemungkinan hanya akan terlihat lebih samar.

Prosedur ini membutuhkan anestesi dan waktunya bisa melebihi satu jam.

3. Chemical peeling

Chemical peeling menggunakan bahan kimia berupa asam yang kuat untuk menghilangkan lapisan terluar kulit dan membentuk lapisan kulit yang baru. Prosedur ini bisa dilakukan untuk mengatasi semua jenis bekas jerawat.

4. Derma roller

Derma roller adalah alat berbentuk roller dengan jarum-jarum kecil pada permukaannya. Cara kerjanya adalah dengan membuat luka pada wajah untuk merangsang produksi kolagen dan membentuk lapisan kulit baru di bopeng.

Derma roller dijual bebas dan disarankan untuk tidak menggunakan sendiri di rumah untuk menghindari efek samping seperti iritasi atau infeksi.

5. Derma pen

Derma pen juga menggunakan metode microneedling seperti derma roller. Perbedaannya adalah derma pen memiliki bentuk seperti pensil dan ditusukkan ke wajah yang bopeng.

Tidak disarankan untuk menggunakannya sendiri tanpa bantuan ahli.

6. Filler

Filler adalah cara menghilangkan bopeng dengan menyuntikkan zat tertentu untuk mengisi bagian bopeng wajah. Zat yang dipakai bisa terbuat dari campuran kolagen, lemak tubuh kita sendiri, dan campuran zat lainnya.

7. Laser fractional

Salah satu prosedur laser yang bisa dilakukan adalah laser fractional CO2. Terapi laser ini dilakukan dengan memberikan krim anestesi, diikuti dengan penyinaran laser ke wajah. Setelah selesai, luka di wajah terlihat lebih samar seiring dengan sembuhnya luka baru tersebut.

8. Pixel laser

Prosedur pixel laser membuat lubang-lubang kecil di permukaan kulit untuk mengelupas lapisan terluar kulit.

Prosedur ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman selama prosesnya berlangsung dan muncul ruam merah yang dapat bertahan hingga 48 jam.

9. Laser erbium

Laser erbium tidak berbeda jauh dengan laser fractional, bahkan dianggap lebih baik karena rasa sakit yang ditimbulkan tidak sebesar laser fractional.

10. Retinoids

Penggunaan retinoid topikal dalam bentuk serum atau krim dapat membantu menghilangkan bekas bopeng. Namun sebaiknya digunakan dengan petunjuk dokter.

Cara kerja retinoid adalah dengan mengelupaskan lapisan kulit terluar, sehingga kulit beregenerasi dan membentuk lapisan baru yang lebih halus.

Perlu diketahui bahwa tidak ada prosedur yang bisa menghilangkan bopeng di wajah hanya dengan sekali dilakukan saja. Konsultasikan dengan dokter sebelum memilih prosedur yang tepat untuk menghindari efek samping atau alergi yang mungkin muncul.

Hindari kebiasaan seperti memencet jerawat dan menggunakan obat jerawat tanpa petunjuk dokter agar tidak menyebabkan timbulnya bekas jerawat.

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Patricia Aulia.

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Patricia Aulia.

About The Author

Mengenal Flexitarian, Diet Semi-Vegetarian Tapi Boleh Makan Daging

5 Jenis Pemanis Buatan, Aman atau Bahaya bagi Tubuh?