Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Benarkah Biji Pepaya Bisa Dimakan?

Myles Bannister

Buah pepaya dikenal sebagai baik bagi pencernaan. Kandungan serat dan vitamin di dalamnya bisa mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. Namun, biji pepaya yang biasanya banyak di dalam buah pepaya apakah bisa dimakan?

Biji Pepaya Bisa Dimakan

Biji pepaya bisa dimakan meskipun keras dan rasanya kurang enak. Di dalam biji pepaya terdapat nutrisi tinggi seperti polifenol dan flavonoid yang berperan sebagai antioksidan.

Untuk mengonsumsinya, biji pepaya perlu digerus halus dan dimakan bersama dengan daging buah pepaya agar tidak terasa pahit.

Manfaat Makan Biji Pepaya

Biji pepaya memiliki manfaat kesehatan berikut:

Perlindungan Bagi Ginjal

Penelitian menunjukkan bahwa tikus yang mengonsumsi ekstrak biji pepaya mampu mencegah kerusakan ginjal dengan lebih baik. Juga, biji pepaya yang mengandung antioksidan bisa mencegah kerusakan pada ginjal.

Baik bagi Kesehatan Pencernaan

Biji pepaya mengandung serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit, radang usus, luka pada usus, dan wasir.

Menurunkan Risiko Kanker

Biji pepaya mengandung antioksidan yang dapat menurunkan risiko kanker. Kandungan benzyl isothiocyanate juga berperan dalam pencegahan kanker.

Melawan Infeksi

Makan biji pepaya bisa melawan infeksi yang disebabkan oleh jamur atau parasit. Ekstrak biji pepaya dengan tambahan madu juga dapat meningkatkan fungsi usus.

Tidak Makan Biji Pepaya Berlebihan

Meski baik bagi kesehatan, biji pepaya sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan benzyl isothiocyanate dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, proses regenerasi sel, dan kualitas sperma.

Sebaiknya mengonsumsi biji pepaya secukupnya dan berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan dosis yang tepat.

Sumber:

  1. Link, Rachel. 2018. Can You Eat Papaya Seeds?. healthline.com/nutrition/papaya-seeds. (Diakses pada 30 Desember 2019).

About The Author

Kamagra: Manfaat, Dosis, Cara Pakai, dan Efek Samping

Tulang Pipa: Fungsi, Struktur, Contoh, dll