Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Apakah Berenang Setelah Makan Berbahaya?

Myles Bannister

Dampak Berenang Setelah Makan

Ternyata, ada saran dari pakar kesehatan untuk menunggu 30 menit setelah makan sebelum mulai berenang. Jadi sebaiknya kita tidak berenang langsung setelah makan. Hal ini disebabkan oleh perubahan aliran darah di dalam tubuh setelah makan.

Tubuh memusatkan aliran darah ke saluran pencernaan untuk membantu proses penyerapan nutrisi makanan. Namun, bagian lain tubuh tidak akan mendapatkan cukup aliran darah, terutama pada otot-otot yang dibutuhkan saat berenang. Hal ini dapat mengurangi kinerja berenang.

Apakah berenang setelah makan bisa menyebabkan kram? Beberapa perenang mengalami kram di tangan, paha, dan betis jika mereka terlalu semangat atau berenang terlalu lama.

Beberapa kasus menunjukkan bahwa makan langsung setelah berenang dapat menyebabkan kram karena aliran darah yang menurun ke otot-otot. Namun, ini jarang terjadi karena kebanyakan kram terkait dengan kelelahan.

Berenang juga dapat menyebabkan perut terasa tidak nyaman, mual, begah, dan ingin muntah. Hal ini dikarenakan tubuh sedang mencerna makanan dan dipaksa untuk melakukan aktivitas renang yang intens.

Jika kita memiliki masalah asam lambung tinggi atau GERD, sebaiknya tidak berenang langsung setelah makan. Berenang setelah makan dapat memperburuk gejala masalah kesehatan ini.

Hal Lain yang Harus Dihindari Setelah Makan

Selain berenang, ada beberapa hal lain yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan.

Berikut beberapa hal tersebut:

Melakukan Merokok Langsung

Melakukan merokok setelah makan memiliki dampak yang lebih buruk dibandingkan dengan merokok pada waktu lainnya. Tubuh sedang dalam fase penyerapan nutrisi setelah makan. Jika kita merokok, tubuh akan menyerap lebih banyak kandungan beracun dari rokok yang dapat membahayakan kesehatan. Rokok mengandung banyak zat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker.

Terbaiknya adalah berhenti merokok sepenuhnya untuk menjaga kesehatan.

Minum Teh atau Kopi

Minum teh atau kopi setelah makan dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi makanan. Tubuh akan mengalami kesulitan menyerap zat besi yang dapat meningkatkan risiko terkena anemia. Sebaiknya tunggu setidaknya satu jam setelah makan sebelum mengonsumsi minuman tersebut.

Tidur

Tidur atau berbaring setelah makan dapat membuat perut terasa penuh dan meningkatkan risiko masalah asam lambung tinggi.

Makan Buah

Makan buah langsung setelah makan dapat membuat perut terasa penuh dan mengganggu proses penyerapan nutrisi makanan. Sebaiknya mengonsumsi buah di antara waktu makan atau beberapa saat sebelum makan.

Berolahraga

Berolahraga langsung setelah makan dapat membuat perut terasa penuh, tidak nyaman, bahkan mual dan muntah. Tunggu beberapa saat hingga perut terasa nyaman sebelum berolahraga.

Sumber:

  1. Patel, Janhavi. 2018. Why Shouldn’t You Swim After Eating? com/health/wellness/2018/why-shouldn-t-you-swim-after-eating-124186.html. (Diakses pada 28 Oktober 2019).

About The Author

Apa Itu Flatulens?

7 Efek Samping KB Suntik 3 Bulan, Menyebabkan Naik Berat Badan?