Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Cara Mengatasi Ketiak Basah dengan Mudah dan Ampuh!

Myles Bannister

Masalah ketiak basah sering kali kita temui selain masalah bau badan. Kedua masalah ini tidak boleh disepelekan karena dapat mengganggu penampilan Anda. Tidak sulit untuk mengatasi ketiak basah. Berikut adalah 7 cara mengatasi ketiak basah yang sangat ampuh!

Cara Mengatasi Ketiak Basah

Ketiak basah umumnya disebabkan oleh produksi keringat yang berlebihan. Umumnya, penggunaan deodorant dilakukan untuk mencegah ketiak basah, tetapi bagi sebagian orang cara ini tidak selalu efektif. Jangan khawatir dan tidak perlu panik, berikut adalah 8 cara mengatasi ketiak basah yang bisa Anda coba!

1. Gunakan Deodoran dengan Kandungan Antiperspirant

Cara mengatasi ketiak basah yang pertama adalah dengan menggunakan deodoran yang mengandung antiperspirant.

Banyak orang yang mengira deodoran dan antiperspirant sama, pada kenyataannya keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Deodoran hanya bekerja untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan bau keringat, tetapi tidak dapat mencegah produksi keringat itu sendiri.

Hal ini membuat deodoran hanya mampu mencegah bau badan, tetapi tidak mencegah ketiak basah. Sedangkan antiperspirant bekerja dengan mencegah produksi keringat berlebihan. Oleh karena itu, penggunaan produk deodoran dengan kandungan antiperspirant akan lebih baik dalam mencegah ketiak basah dan bau.

2. Gunakan Antiperspirant dan Berpakaian Setelah Tubuh Kering

Sebelum memulai aktivitas, biasanya Anda mandi di pagi hari.

Setelah mandi, Anda akan menggunakan antiperspirant dan kemudian berpakaian. Cara menggunakan antiperspirant dan berpakaian yang benar sangat penting untuk mencegah produksi keringat berlebihan di ketiak.

Salah satu cara menghilangkan ketiak basah adalah dengan memastikan tubuh Anda benar-benar kering sebelum menggunakan antiperspirant, kemudian berpakaian. Menggunakan antiperspirant pada ketiak yang lembap atau kotor tidak akan memberikan hasil yang baik.

3. Pilih Pakaian yang Tepat

Selain waktu berpakaian, jenis pakaian yang Anda kenakan juga berpengaruh pada produksi keringat di ketiak.

Pakaian yang terlalu ketat, terutama di bagian ketiak, dapat memicu produksi keringat berlebihan. Cara agar ketiak tidak basah adalah dengan menggunakan pakaian yang lebih longgar dan dengan bahan yang lembut agar kulit dapat bernapas bebas dan tidak memproduksi keringat berlebihan.

Perlu diketahui juga bahwa pakaian yang terlalu ketat di bagian ketiak dapat menyebabkan iritasi yang kemudian memicu ketiak menjadi hitam. Oleh karena itu, sebaiknya pilih pakaian yang nyaman untuk ketiak Anda.

4. Hindari Makanan yang Memicu Produksi Keringat

Ternyata makanan juga dapat menjadi faktor penyebab ketiak basah dan berbau.

Salah satu cara mengatasi ketiak basah adalah dengan menghindari makanan-makanan yang dapat memicu produksi keringat berlebihan. Jenis makanan yang dapat menyebabkan produksi keringat berlebihan termasuk makanan tinggi lemak, makanan tinggi natrium, dan makanan rendah serat.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari agar ketiak tidak basah termasuk makanan olahan, minuman beralkohol, bawang putih dan bawang bombai, es krim, makanan panas, dan makanan pedas.

5. Konsumsi Makanan yang Menurunkan Produksi Keringat

Selain makanan yang memicu produksi keringat, terdapat juga beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan produksi keringat.

Konsumsi makanan ini dapat menjadi salah satu cara menghilangkan ketiak basah. Beberapa pilihan makanan yang tidak memberatkan sistem pencernaan dan dapat menenangkan sistem saraf adalah pilihan yang tepat.

Jenis makanan dan minuman yang dapat Anda konsumsi untuk menurunkan produksi keringat termasuk pisang, makanan tinggi kalsium, kacang almond, air mineral, teh hijau, ubi jalar, serta buah dan sayur dengan kadar air tinggi.

6. Cukur Bulu Ketiak Secara Teratur

Kelebatan bulu ketiak juga dapat menyebabkan produksi keringat berlebihan.

Selain itu, kelebatan bulu ketiak juga dapat menghambat kerja antiperspirant yang Anda gunakan. Cara mengatasi ketiak basah adalah dengan mencukur bulu ketiak secara teratur.

Perhatikan juga cara mencukur bulu ketiak yang benar agar ketiak terhindar dari iritasi. Iritasi akibat mencukur ketiak juga dapat menyebabkan ketiak menjadi hitam. Baik ketiak basah, berbau, maupun ketiak hitam adalah masalah yang tentunya ingin Anda hindari.

7. Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik

Cara agar ketiak tidak basah lainnya adalah dengan memastikan tubuh terhidrasi dengan baik.

Terhidrasi dengan baik akan membantu tubuh menjaga suhu tubuh dan mencegah kelebihan produksi keringat. Jika suhu tubuh terlalu tinggi, maka kelenjar keringat akan memproduksi lebih banyak keringat.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, air putih dan makanan dengan kadar air yang tinggi membantu mengurangi produksi keringat. Oleh karena itu, memastikan diri Anda terhidrasi dengan baik adalah salah satu cara untuk menghindari ketiak basah.

8. Jangan Panik

Masalah ketiak basah mungkin membuat Anda stres dan panik, namun sebaiknya hindari kondisi ini.

Saat Anda merasa stres, panik, atau cemas, tubuh akan memproduksi keringat lebih banyak lagi. Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya tenangkan diri Anda. Coba pelajari teknik relaksasi dan manajemen stres untuk membantu Anda mengatasi situasi tersebut.

9. Kurangi Konsumsi Kafein

Sebelumnya telah disebutkan bahwa ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan produksi keringat.

Ternyata beberapa minuman juga dapat menyebabkan efek serupa. Salah satunya adalah minuman yang mengandung kafein. Kafein dapat merangsang sistem saraf dan meningkatkan produksi keringat.

Kafein juga memiliki efek peningkatan tekanan darah, detak jantung, dan aktivitas kelenjar keringat. Minuman berkafein seperti kopi yang diminum dalam keadaan panas juga dapat meningkatkan suhu tubuh.

10. Berhenti Merokok

Seperti kafein, nikotin dalam rokok juga dapat meningkatkan suhu tubuh, detak jantung, dan aktivitas kelenjar keringat.

Rokok juga diketahui dapat menyebabkan masalah lain seperti bau mulut, gigi berwarna, dan risiko penyakit kanker. Mengurangi atau bahkan berhenti merokok tidak hanya membantu mengatasi ketiak basah, tetapi juga dapat mengurangi risiko terkena berbagai penyakit.

Itulah 10 cara mengatasi ketiak basah yang bisa Anda coba. Beberapa cara di atas juga ampuh untuk mengatasi masalah bau ketiak dan ketiak yang menjadi hitam. Jaga ketiak Anda dengan baik dan kembalikan rasa percaya diri Anda!

Sumber:

  1. Gotter, Ana. 2018. 9 Ways to Prevent Sweaty Armpits. https://www.healthline.com/health/how-to-stop-sweating-armpits#tips. (Diakses 14 Maret 2020).
  2. Steffenson, Scott. 2020. How to Stop Sweating : 10 Tips & Treatments. https://www.sweatblock.com/how-to-stop-sweating-tips/. (Diakses 14 Maret 2020).

About The Author

10 Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan

Argyria: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan