Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Cara Mengatasi Kantung Mata yang Bengkak dan Hitam

Myles Bannister

Jika Anda mengalami masalah kantung mata yang mengganggu, coba beberapa cara berikut ini. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat mengatasi kantung mata dengan cepat.

Cara mengatasi kantung mata yang bengkak dan hitam

Mengatasi kantung mata yang mengganggu memang tidak mudah, tetapi juga tidak sesulit yang dibayangkan. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kemunculan kantung mata.

Menggunakan kantung teh

Jika Anda memiliki kantung teh bekas, jangan buang begitu saja. Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan dan meremajakan kulit wajah. Kandungan kafein dalam teh dapat meningkatkan peredaran darah di area tersebut.

Jika Anda memiliki kantung mata yang besar, Anda bisa menempelkan kantung teh di bawah mata selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan ini secara teratur untuk menghilangkan kantung mata.

Kompres air dingin

Kompres area bawah mata dengan air dingin. Anda dapat merendam kain bersih dalam air es dan menempelkannya di mata. Anda juga bisa menggunakan sendok yang sudah didinginkan atau mentimun yang telah dikeluarkan dari lemari pendingin.

Minum air yang cukup

Pastikan Anda minum cukup air. Kebutuhan air harian kita sekitar 6-8 gelas atau sekitar 2 liter. Dengan minum cukup air, tubuh Anda akan terhidrasi dengan baik dan menghindari dehidrasi. Hal ini dapat mencegah munculnya kantung mata.

Menggunakan obat anti alergi

Kantung mata yang menyebabkan ketidaknyamanan mungkin disebabkan oleh alergi. Anda dapat menggunakan obat anti alergi atau menghindari alergen yang memicu reaksi alergi tersebut.

Menggunakan krim retinol

Krim retinol mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk kulit. Anda dapat mengaplikasikannya di bawah mata untuk meningkatkan produksi kolagen. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakan krim retinol.

Menggunakan tabir surya

Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dapat menyebabkan penuaan dini. Gunakan krim tabir surya dengan SPF di atas 30 untuk melindungi kulit di bawah mata.

Membersihkan make up sebelum tidur

Bersihkan make up sebelum tidur. Jangan biarkan make up tertinggal di wajah karena hal ini dapat membuat kulit menjadi kering dan menimbulkan kantung mata.

Perbaiki kualitas tidur

Pastikan Anda tidur dengan cukup setiap malam. Hindari gangguan tidur dan tidurlah selama 7-9 jam setiap malam. Lakukan olahraga atau yoga untuk membantu Anda tidur lebih baik.

Makan makanan yang mengandung vitamin C

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk menjaga kesehatan kulit. Beberapa makanan yang kaya vitamin C adalah jeruk, cabai merah, brokoli, stroberi, dan buah-buahan manis lainnya.

Penuhi kebutuhan zat besi

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kantung mata. Konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti bayam, kacang-kacangan, makanan laut, dan daging merah.

Inilah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kantung mata. Adakah faktor lain yang menyebabkan kantung mata selain tidur yang buruk setiap malam?

Inilah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kantung mata. Adakah faktor lain yang menyebabkan kantung mata selain tidur yang buruk setiap malam?

About The Author

Manfaat Tidur Miring ke Kanan

Cara Mengatasi Bayi Gumoh Setelah Menyusu