Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Benadryl – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Myles Bannister

Benadryl adalah obat yang dapat dibeli secara bebas, tetapi penggunaannya harus sesuai dengan aturan dan dosis yang dianjurkan oleh dokter. Lanjutkan membaca untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat Benadryl.

Rangkuman Informasi Obat Benadryl

Nama Benadryl
Golongan Obat Antihistamin, ekspektoran, mukolitik
Bentuk Sediaan Sirup
Kandungan Diphenhydramine hydrochloride – Ammonium Chloride dan Bromhexine Hydrochloride – Guaifenesin
Harga Rp20.000-28.000/ botol (50 mL)
Manfaat Mengobati batuk
Indikasi Penggunaan Batuk berdahak, batuk tidak berdahak (kering), flu dan batuk
Kontraindikasi Hipersensitivitas, ibu menyusui, anak-anak, dan lainnya
Cara pakai Diminum setelah makan
Dosis Tergantung usia (lihat di bawah)
Efek samping Reaksi alergi, rasa kantuk

Bentuk Sediaan Benadryl

Obat Benadryl tersedia dalam bentuk sirup yang disebut Benadryl Sirup. Terdapat dua jenis Benadryl Sirup, yaitu Benadryl Original dan Benadryl Batuk Berdahak. Keduanya dikemas dalam botol berukuran 50 mL.

Penyimpanan obat Benadryl harus dilakukan dengan hati-hati. Benadryl sirup sebaiknya disimpan di tempat yang tidak dapat dijangkau oleh anak-anak. Selain itu, obat Benadryl juga harus disimpan dalam tempat yang kering dan terlindung dari sinar matahari.

Langkah ini dilakukan untuk mencegah perubahan struktur kimia dalam kandungan Benadryl sirup. Perubahan tersebut dapat mempengaruhi cara kerja dan manfaat obat.

Kandungan Benadryl

Kandungan Benadryl Original dan Benadryl Batuk Berdahak berbeda. Benadryl Original mengandung Diphenhydramine hydrochloride dan Ammonium Chloride. Setiap 5 mL sirup mengandung 12.5 mg Diphenhydramine hydrochloride dan 125 mg Ammonium Chloride.

Benadryl Original mengandung bahan aktif antihistamin yang dapat mengurangi sekresi nasal dan bersin, tetapi kurang efektif untuk mengatasi hidung tersumbat.

Benadryl Batuk Berdahak mengandung Guaifenesin dan Bromhexine Hydrochloride. Setiap 5 mL sirup mengandung 4 mg Bromhexine Hydrochloride dan 100 mg Guaifenesin.

Kandungan dalam Benadryl Batuk Berdahak berfungsi sebagai mukolitik (Bromhexine Hydrochloride) untuk membantu mengencerkan dahak, dan ekspektoran (Guaifenesin) untuk membantu mengeluarkan dahak.

Manfaat Benadryl

Benadryl Original dan Benadryl Batuk Berdahak memiliki manfaat yang berbeda. Benadryl Original berguna untuk mengurangi sekresi nasal dan bersin. Pasien yang mengalami flu dan batuk dapat merasakan manfaat ini.

Benadryl Original juga dapat mengatasi gejala lain seperti gatal pada hidung dan tenggorokan, dan mata berair akibat alergi.

Manfaat Benadryl Batuk Berdahak adalah mengencerkan dahak agar mudah dikeluarkan, sehingga membantu melegakan saluran pernapasan. Benadryl Batuk Berdahak tidak cocok untuk mengobati batuk kering. Kasus batuk kering memerlukan obat antitusif yang dapat menekan batuk.

Indikasi Benadryl

Perhatikan dengan baik indikasi penggunaan Benadryl. Batuk dapat memiliki dua jenis, yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Jika Anda mengalami batuk dengan dahak, Anda harus menggunakan Benadryl Batuk Berdahak.

Benadryl Original tidak cocok untuk pasien dengan batuk berdahak. Jenis obat ini direkomendasikan untuk pasien dengan flu dan batuk tanpa dahak. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan indikasi medis yang tepat.

Kontraindikasi Benadryl

Perhatikan kontraindikasi sebelum menggunakan Benadryl sirup. Benadryl Original tidak boleh digunakan oleh pasien dengan kondisi hipersensitivitas, ibu menyusui, bayi prematur, bayi baru lahir, dan anak di bawah usia 2 tahun.

Benadryl Original juga dikontraindikasikan pada kondisi hipertrofi prostat, retensi urin, porfiria, pasien dengan risiko glaukoma sudut sempit, obstruksi pyloroduodenal, serta penyakit hati dan epilepsi.

Pasien dengan gangguan fungsi ginjal biasanya diberikan dosis yang lebih rendah. Penggunaan Benadryl pada ibu hamil dan anak-anak perlu izin dari dokter.

Anak di bawah usia 4 tahun, ibu hamil, dan ibu menyusui tidak boleh menggunakan Benadryl Batuk Berdahak. Kandungannya tidak cocok untuk anak di bawah 4 tahun dan dapat memengaruhi laktasi serta kehamilan.

Penderita hipersensitivitas juga tidak boleh menggunakan Benadryl Batuk Berdahak karena dapat menyebabkan reaksi alergi. Pastikan Anda tidak memiliki kontraindikasi ini sebelum menggunakan Benadryl sirup.

Dosis Benadryl

Penggunaan Benadryl sirup harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dosis Benadryl tidak sama pada kedua jenis sirup dan tergantung pada usia.

Berikut adalah dosis Benadryl Original yang tepat (dosis diminum setiap 4 jam):

  • Di atas 12 tahun: 10 ml (2 sendok takar)
  • Anak 6-12 tahun: 5 ml (1 sendok takar)

Berikut adalah dosis Benadryl Batuk Berdahak yang tepat:

  • Anak di bawah 2 tahun: sesuai dengan rekomendasi dokter
  • Anak 2-6 tahun: 3 x 2,5 ml per hari
  • Anak 6-12 tahun: 3 x 5 ml per hari
  • Dewasa: 3 x 10 ml per hari

Jika dosis yang diresepkan dokter berbeda dengan dosis yang tertera di atas, ikuti anjuran dokter. Dokter akan lebih memahami kondisi Anda.

Efek Samping Benadryl

Obat Benadryl sirup memiliki efek samping tertentu yang perlu diketahui. Benadryl Original dapat menyebabkan rasa kantuk, oleh karena itu jangan mengonsumsi Benadryl Original saat mengemudi atau bekerja dengan mesin berat.

Tidak seperti Benadryl Original, Benadryl Batuk Berdahak tidak menyebabkan rasa kantuk. Kedua jenis obat Benadryl dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang yang hipersensitif terhadap kandungan yang ada di dalamnya.

Reaksi alergi ini dapat ditandai dengan sakit kepala, sakit perut, mual, muntah, diare, kesulitan bernapas, gatal, ruam kulit, dan pembengkakan di sekitar wajah. Hentikan penggunaan Benadryl sirup dan segera berkonsultasi dengan dokter jika mengalami efek samping ini.

Harga Benadryl

Benadryl Original dan Benadryl Batuk Berdahak memiliki harga yang mirip. Harga kedua jenis obat Benadryl ini terjangkau bagi banyak orang. Satu botol Benadryl Original atau Batuk Berdahak berkisar antara Rp20.000-28.000.

Sumber:

  1. Benadryl: Benadryl Original. https://www.benadryl.co.id/produk-kami/benadryl-original#pertanyaan-umum [diakses pada 13 Mei 2019]
  2. Benadryl: Benadryl Batuk Berdahak. https://www.benadryl.co.id/produk-kami/benadryl-batuk-berdahak#pertanyaan-umum [diakses pada 13 Mei 2019]

About The Author

Amphotericin B: Fungsi, Dosis, Efek Samping, Aturan Pakai, dan Lain-lain

Pencipta Spongebob, Stephen Hillenburg Tutup Usia