Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Benarkah Anggur Merah Bermanfaat bagi Kesehatan?

Myles Bannister

Jika kita berbicara tentang minuman beralkohol, hal pertama yang terpikir adalah minuman yang tidak baik bagi kesehatan. Hanya saja, ada yang menyebut anggur merah bisa memberikan manfaat kesehatan. Apakah ini benar?

Manfaat Minum Anggur Merah

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Gastroenterology pada 2019, rutin mengonsumsi anggur merah maksimal satu gelas per hari bisa melindungi jantung dan pembuluh darah dari paparan radikal bebas yang dapat merusak sel.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa mengonsumsi anggur merah secara rutin menjaga keseimbangan bakteri di dalam perut dan berdampak pada kesehatan pencernaan yang lebih baik dan sistem kekebalan yang lebih kuat.

Orang yang rutin mengonsumsi anggur merah cenderung memiliki risiko lebih rendah untuk obesitas dan kadar kolesterol jahat (LDL) yang lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya. Dampak ini bisa didapatkan dalam dua minggu konsumsi.

Beberapa Manfaat Minum Anggur Merah

Pakar kesehatan mencatat beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi anggur merah secara rutin.

Berikut adalah manfaat kesehatan tersebut.

Membuat Jantung Lebih Sehat

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Canadian Journal of Clinical Nutrition, kandungan etanol dan polifenol di dalam anggur merah melindungi organ kardiovaskular. Kandungan tanin juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Kristine Arthur dari Orange Coast Memorial Medical Center menyebut anggur merah juga memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penumpukan plak di pembuluh darah.

Memperkuat Tulang

Rutin mengonsumsi anggur merah dalam jumlah moderat dapat mengurangi risiko osteoporosis pada wanita.

Meningkatkan Fungsi Otak

Penelitian yang melibatkan partisipan usia di atas 65 tahun menunjukkan bahwa mengonsumsi anggur merah setidaknya satu gelas per hari dapat mencegah penurunan fungsi otak dan meningkatkan volume otak.

Ini menunjukkan bahwa risiko penyakit degeneratif seperti alzheimer dan demensia pada usia tua dapat dikurangi.

Batasan Aman Mengonsumsi Minuman Anggur

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Tracy Parker dari British Hearth Foundation, sebaiknya batasi konsumsi anggur maksimal 76 mg dalam seminggu. Konsumsi berlebihan dapat memiliki dampak buruk pada kesehatan.

“Dalam waktu singkat, konsumsi alkohol dapat menyebabkan kecelakaan atau hilangnya kendali,” kata dr. John Larsen dari Drinkware.

Penelitian lain menunjukkan bahwa alkohol dapat menyebabkan peningkatan berat badan, penurunan kualitas tidur, dan memperburuk kesehatan mental. Namun, anggur merah masih aman dikonsumsi karena mengandung anti peradangan.

Sumber:

  1. Weatherspoon, Deborah. 2017. Is red wine good for you? medicalnewstoday.com/articles/265635.php (Diakses pada 22 Desember 2019).

About The Author

Benarkah Tidak Makan Nasi Bisa Bikin Lebih Sehat?

Penyebab Jerawat di Ketiak dan Cara Penanganannya