Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Batugin – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Myles Bannister

Baca terus untuk mengetahui tentang obat batugin termasuk informasi tentang bentuk sediaan batugin, indikasi batugin, kontraindikasi batugin, manfaat batugin, dosis batugin, dan efek samping batugin.

Bentuk Sediaan Batugin

Obat batugin yang tersedia di pasaran hanya memiliki satu bentuk sediaan yaitu sirup. Batugin tersedia dalam bentuk sediaan sirup dan dikemas dalam dua jenis kemasan.

Jenis kemasan dari obat batugin meliputi kemasan botol dan kemasan sachet. Obat batugin dalam kemasan botol disebut Batugin Elixir, sedangkan yang dalam kemasan sachet disebut Batugin Sachet.

Batugin Elixir terdiri dari dua jenis, yaitu isi 120 ml dan isi botol 300 ml. Setiap gelas takar batugin elixir berisi 30 ml sirup batugin. Setiap gelas takar batugin mengandung ekstrak daun tempuyung (sonchi folium) dan ekstrak daun kejibeling (strobilanthi folium).

Batugin Sachet dikemas dalam bentuk dus di mana setiap satu dus berisikan enam sachet batugin. Setiap sachet obat batugin berisi 15 ml cairan sirup. Dalam satu sachet terdapat sari daun tempuyung (sonchi folium) dan sari daun kejibeling (strobilanthi folium).

Indikasi Batugin

Batugin elixir dan batugin sachet memiliki indikasi penggunaan yang sama yaitu untuk pengobatan batu urin di dalam ginjal atau saluran kemih.

Pasien yang memiliki batu urin di dalam ginjal atau saluran kemih biasanya akan merasakan gangguan saat buang air kecil. Jika Anda atau orang terdekat Anda mengalami ketidaknyamanan saat buang air kecil, ada kemungkinan Anda memiliki batu ginjal.

Tetapi, sebelum Anda atau orang terdekat Anda mengonsumsi obat batugin, sebaiknya periksakan kondisi ginjal ke dokter untuk diagnosis yang akurat.

Kontraindikasi Batugin

Batugin tidak memiliki kontraindikasi khusus. Namun, ini tidak berarti Anda bisa mengonsumsi batugin tanpa pengawasan yang baik.

Tidak menutup kemungkinan adanya reaksi alergi terhadap daun tempuyung (sonchi folium) atau daun kejibeling (strobilanthi folium). Selain itu, jika Anda tidak memiliki indikasi batu ginjal, sebaiknya tidak menggunakan obat batugin.

Manfaat Batugin

Obat batugin memiliki satu manfaat, yaitu mengatasi batu ginjal atau saluran kemih. Tanaman berkhasiat dalam batugin, yaitu daun tempuyung dan daun kejibeling, mampu meluruhkan batu ginjal.

Manfaat obat batugin akan lebih efektif jika dikonsumsi dengan jumlah air putih yang cukup. Asupan air putih yang banyak akan mendorong batu ginjal keluar karena produksi air seni yang lebih banyak dan aliran air seni yang deras.

Dosis Obat Batugin

Mengonsumsi obat batugin sesuai dengan dosis yang dianjurkan akan memberikan manfaat yang optimal. Dosis batugin adalah 1 gelas takar sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari. Dosis tersebut berlaku saat batu ginjal masih belum keluar.

Namun, jika batu ginjal telah keluar, dosisnya akan lebih sedikit untuk perawatan bukan pengobatan. Dosis batugin untuk perawatan adalah 1 gelas takar sebanyak 1 kali sehari.

Efek Samping Batugin

Tidak ada efek samping yang disebutkan karena obat batugin terbuat dari bahan alami. Meskipun begitu, tetap perhatikan dosis yang dianjurkan dan segera hubungi dokter jika mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi obat batugin.

Perhatikan juga jika mengalami pusing atau mual setelah mengonsumsi obat batugin karena bisa menjadi tanda overdosis. Jika mengalami hal tersebut, segera cari bantuan medis.

Peringatan Penggunaan Batugin

Konsumsi obat batugin disertai dengan minum air putih yang cukup, minimal 2 liter sehari. Penggunaan batugin yang tepat harus mengikuti indikasi dan tidak digunakan bersamaan dengan obat lain. Perhatikan juga penggunaan batugin pada ibu hamil dan menyusui serta jangan gunakan obat batugin dalam jangka waktu yang lama.

Sumber:

  1. Batugin: http://www.batugin.com/

About The Author

Manfaat Teripang bagi Kesehatan

Obat Nicardipine: Sediaan, Dosis dan Indikasi