Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Behel Gigi Permanen dan Lepas Pasang: Kelebihan Masing-Masing

Myles Bannister

DokterSehat.com – Behel gigi atau kawat gigi adalah salah satu cara populer untuk merapikan gigi. Gigi yang rapi meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Ada beberapa jenis behel gigi dengan perbedaan material, bentuk, cara pemasangan, dan biaya. Kenali macam-macam behel gigi beserta kelebihannya berikut!

Macam-Macam Behel

Berdasarkan penggunaannya, behel gigi dibedakan menjadi behel gigi permanen dan behel gigi lepas pasang. Behel gigi permanen dipasang sekali dan dilepas setelah gigi rapi. Behel gigi lepas pasang dapat dilepas seperti saat makan atau minum.

Macam-Macam Behel Permanen

1. Behel Gigi Metal

Jenis kawat gigi pertama adalah behel gigi metal atau tradisional. Behel ini sering digunakan. Terbuat dari bahan antikarat berkualitas tinggi dengan braket metal di setiap gigi.

Braket metal menarik gigi ke posisi yang benar. Kelebihan behel gigi metal adalah harganya murah dan bentuknya lucu. Braket dapat dihias dengan karet berwarna sesuai keinginan.

2. Behel Gigi Lingual

Bahan kawat gigi lingual sama dengan behel gigi metal. Bedanya, behel gigi lingual pasang di bagian belakang gigi. Braket lingual sesuai dengan struktur belakang gigi yang tidak beraturan.

Kelebihan behel gigi lingual adalah tidak terlihat saat dipakai. Cocok untuk yang kurang percaya diri memakai kawat gigi.

3. Behel Gigi Estetis

Behel gigi estetis atau ceramic braces memiliki bentuk dan cara kerja yang sama dengan behel gigi metal. Perbedaannya adalah warna kawat dan braket menyerupai warna gigi.

Kelebihan behel gigi estetis adalah tampilannya yang lebih trendi.

4. Behel Gigi Damon

Behel gigi damon atau self-ligating braces tersedia dalam bahan metal dan ceramic. Behel ini memiliki klip pengunci posisi di gigi.

Kelebihan behel gigi damon adalah kerjanya yang lebih baik daripada behel gigi tradisional. Tidak perlu control ke dokter gigi sebanyak behel tradisional.

Macam-Macam Behel Lepas Pasang

1. Invasalign

Invisalign adalah behel lepas pasang berbentuk seperti cetakan gigi transparan. Cetakan ini menggeser gigi ke posisi yang diinginkan. Cetakan diganti setiap dua minggu sekali.

Kelebihan behel lepas pasang ini adalah bisa dilepas saat makan, minum, dan menyikat gigi. Tampilannya tidak terlalu terlihat.

2. Retainer

Retainer menjaga gigi tetap pada posisi setelah behel gigi permanen dilepas. Tanpa retainer, gigi bisa kembali ke posisi semula. Retainer juga digunakan untuk perawatan gigi ringan dan mencegah gingsul pada anak.

Pada anak, retainer harus dipakai sepanjang hari kecuali saat makan. Setelah melepaskan behel, retainer hanya dipakai pada malam hari.

Kelebihan retainer adalah ringan dan nyaman.

Dari berbagai macam behel gigi di atas, manakah yang Anda pilih? Konsultasikan permasalahan gigi Anda pada dokter gigi profesional.

Hindari behel gigi murah dan palsu di pasaran.

About The Author

Komplikasi Campak pada Anak dan Dewasa

Intermittent Explosive Disorder: Gejala, Penyebab, dan Penanganan